Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

19/03/2019| Fatchur Sag

Tidak ada larangan mobil dimodifikasi jadi odong–odong atau sumber penghasilan. Mengapa demikian? Pasalnya, mobil adalah sepenuhnya hak Anda, Anda bisa melakukan perubahan selama tidak melanggar aturan, bahkan membuatnya sebagai odong–odong untuk meraup tambahan rupiah, selama odong –odong yang dijalankan nantinya tidak digunakan di jalan raya.

Foto mobil dimodifikasi menjadi Odong-odong

Demi sesuap nasi, mobil dimodifikasi jadi Odong-odong

Kebanyakan mobil dimodifikasi jadi odong–odong adalah mobil keluaran tua. Salah satunya adalah mobil kijang keluaran 90 an. Namun satu hal yang perlu diperhatikan bahwa mesin dari mobil tersebut masih berfungsi dengan baik. Selain itu, odong–odong masih memperhatikan keselamatan penumpang.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Aturan lalu lintas tentang Odong–odong

Harus dicatat mobil dimodifikasi jadi odong–odong hanya boleh dipergunakan untuk jalanan yang lengang saja. Mobil odong–odong tidak boleh digunakan di jalan raya. Hal ini menurut pada peraturan lalu lintas. Jadi intinya, odong–odong tidak boleh digunakan untuk angkutan umum.

Pasalnya, kendaraan odong–odong untuk angkutan umum, jelas – jelas melanggar lalu lintas. Terlebih lagi, odong-odong umumnya mengabaikan unsur keselamatan dalam berkendara dan sangat rawan mengalami kecelakaan. Sedangkan untuk bisa dioperasikan sebagai angkutan umum harus memenuhi persyaratan teknik dan layak jalan.

Persayaratan teknik, meliputi susunan kendaraan, perlengkapan, ukuran, rancangan teknis, pemuatan dan penggunaan kendaraan. Sedangkan untuk persyaratan lainnya adalah kebisingan suara, emisi gas buang dan efisien sistem pengereman.

>>> Hindari Risiko Fatal Pengereman Mendadak, Ini Fitur Keselamatan Yang Wajib Ada

Petugas menilang odong-odong yang beroperasi di jalan raya

Beroperasi di jalan raya, Odong-odong bisa ditilang petugas

Tips modifikasi mobil menjadi Odong–odong

Dalam memodifikasi mobil menjadi odong-odong ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bukan hanya tentang mesin mobil yang masih bekerja. Kebanyakan mobil yang dimodifikasi menjadi odong–odong akan dibentuk menjadi seperti kereta. Namun tidak meninggalkan bagian depan mobil.

Mobil akan dihilangkan bagian belakangnya. Kemudian ditambahkan beberapa gerbong yang kemudian dikaitkan menggunakan kaitan seperti kereta. Dalam membuat odong–odong ada beberapa hal yang wajib ada perhatikan, seperti berikut ini.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

1. Desain dari odong–odong

Jika jaman dahulu, odong–odong hanya dikayuh dan memiliki beberapa tempat penumpang saja, yakni 4 hingga 6 saja. Berbeda dengan mobil odong–odong yang bisa memuat lebih banyak penumpang. Untuk bisa membuatnya menarik, desain odong–odong semenarik mungkin. Anda bisa menambahkan warna – warna cantik agar odong–odong semakin menarik perhatian.

Tidak ada salahnya memberikan sedikit tema seperti jenis odong–odong. Contohnya mobil dimodifikasi jadi odong–odong bertema kereta Thomas kesukaan anak – anak.

>>> Yuk, Siapkan Perlengkapan P3K Di Dalam Mobil

Foto odong-odong dengan desain unik

Dengan desain unik pemilik odong-odong berharap banyak anak tertarik

2. Perhatikan daya muatnya

Setiap mesin mobil hanya bisa menarik berat dengan muatan tertentu saja. Maka dari itu, apabila igin mengubahnya menjadi odong–odong, perhatikan beban total yang bisa ditarik. Jangan sampai melebihi beban muat karena bisa membahayakan keselamatan anak – anak. Perhitungan akan beban muat didapatkan dari total beban yang ditarik saat ada penumpang. Hal ini menjadi acuan, seberapa banyak penumpang yang bisa ditampung oleh odong–odong Anda.

Itulah beberapa tips mengubah mobil menjadi odong–odong. Tidak ada salahnya mengorbankan mobil tua sebagai sumber penghasilan. Terlebih lagi, odong–odong menjadi bisnis yang cukup menjanjikan saat ini.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International