Yuk, Siapkan Perlengkapan P3K Di Dalam Mobil

06/03/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Penting untuk mempersiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan P3K di dalam mobil. Hal ini karena P3K merupakan item yang penting untuk mengantisipasi hal tak terduga selama berkendara, khususnya yang berkaitan dengan keselamatan pengendara..

Berkendara memang menjadi salah satu aktifitas yang terbilang setiap hari dilakukan oleh semua orang, baik itu untuk keperluan mobilitas saja maupun memang secara kebetulan pekerjaanlah yang mengharuskan anda untuk berkendara secara terus – menerus. Dalam perjalanan lalu lintas, kecelakaan bisa saja terjadi. Sehingga hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus menyiapkan perlengkapan P3K di dalam mobil.

Foto truk terguling di jalan raya

Tidak seorang pun berharap terlibat kecelakaan di jalan raya

Keberadaan Perlengkapan P3K di dalam mobil tidak boleh dianggap remeh? Karena ternyata negara sendiri menetapkan Undang – undang yang mengatur perihal pentingnya selalu menyiapkan perlengkapan P3K di dalam mobil Anda.

Memang tak ada yang menginginkan terjadinya hal buruk pada kesehatan, terlebih itu adalah kecelakaan. Namun jika kembali diingat bahwa bisa dikatakan bahwa kecelakaan memang selalu mengintai siapa saja. Sehingga tak ada salahnya jika sebagai salah satu antisipasi adalah dengan selalu menyediakan perlengkapan P3K di dalam mobil sebagai salah satu upaya untuk memberikan pertolongan pertama seandainya tiba – tiba keadaan kesehatan memburuk maupun terjadi hal buruk seperti kecelakaan.

>>> Ini Dia Keuntungan Asuransi Mobil Bagi Pengendara

Item yang Wajib Disiapkan Dalam Kotak P3K Dalam Mobil Anda

P3K memang terdengar sepele dan sederhana. Meski demikian perlengkapan sederhana ini sangat penting dalam pemberian pertolongan pertama pada kondisi kesehatan maupun kondisi darurat lain. Kita tidak akan pernah tahu kondisi kesehatan yang bisa saja menurun secara tiba – tiba. Atau kecelakaan yang bisa membuat pengendara mengalami luka – luka yang beragam.

Dengan adanya perlengkapan P3K di dalam mobil diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama. Jika kondisi ternyata memburuk, setidaknya pertolongan pertama ini bisa membantu sebelum mendapatkan penanganan medis yang lebih intensif. Sehingga bisa dikatakan bahwa P3K merupakan solusi terbaik dalam hal kesehatan maupun kecelakaan lalu lintas.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto perlengkapan P3K dalam mobil

Meski sederhana dan terlihat sepele, perlengkapan P3K menjadi penting saat dibutuhkan

Bagi anda yang masih kebingungan kira – kira item apa saja yang harus Anda masukkan ke dalam perlengkapan P3K, maka simak penjelasan berikut.

  • Antiseptik. Berfungsi untuk membersihkan luka agar tidak terjadi infeksi. Anda bisa sediakan antiseptik cair seperti betadine maupun antiseptik tisu. Sediakan pula cairan antiseptik yang nantinya digunakan sebelum dan sesudah membersihkan luka.
  • Kapas. Berfungsi untuk membersihkan luka dari cairan antiseptik.
  • Kasa. Berfungsi untuk menutup luka agar tidak terkena debu dan menjadi infeksi. Sediakan kasa steril dan juga kasa gulung.
  • Plester. Berfungsi untuk merekatkan kain kasa. Sebagai persediaan, sediakan dalam berbagai ukuran.
  • Gunting. Berfungsi memotong berbagai keperluan.
  • Pinset. Berfugnsi untuk mengambil sesuatu yang menempel pada luka.
  • Pereda Nyeri. Bisa berupa kapsul untuk diminum maupun yang berupa salep untuk dioleskan kebagian luka.
  • Sarung Tangan. Digunakan saat menangani luka agar lebih steril.
  • Selimut. Berguna juga penting untuk menutupi tubuh korban. Biasanya terdapat selimut ringkas yang memang dijual khusus untuk P3K.

Mengingat pentingnya P3K untuk banyak hal, rasanya tidak mengherankan jika perlengkapan ini wajib ada di setiap mobil anda. Jadi tunggu apa lagi, Yuk siapkan perlengkapan P3K di mobil sekarang juga.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Wanita sedang mengemudi mobil

Pastikan Anda selalu berhati-hati saat mengemudi

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

    18/05/2019

    Mudik lebaran menjadi salah satu momen yang dinanti oleh kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan. Pada momen tersebut biasanya akan dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman agar bisa berkumpul bersama keluarga. Bagi sobat yang mudik dengan mobil pribadi, tentunya akan lebih menyenangkan dan lebih nyaman.

  • Mudik Lebaran: Pastikan STNK Dan SIM Masih Berlaku
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Pastikan STNK Dan SIM Masih Berlaku

    14/05/2019

    Bagi Anda yang punya STNK atau SIM hampir habis masa berlaku sebaiknya tahu. Salah satu yang bakal bikin repot saat musim lebaran tiba yaitu tutupnya berbagai layanan publik seperti layanan STNK dan SIM karena petugasnya turut berlebaran.

  • Ingin Melakukan Perjalanan Mudik Dengan Mobil, Pilih Siang Atau Malam Hari?

    Ingin Melakukan Perjalanan Mudik Dengan Mobil, Pilih Siang Atau Malam Hari?

    14/05/2019

    Lebaran sudah hampir dekat, keluarga yang tinggal di perkotaan berbondong-bondong mempersiapkan segala sesuatunya untuk perjalanan mudik. Memang hal ini sudah bukan rahasia lagi, mudik menjadi rutinitas tahunan yang menjadi salah satu momen yang ditunggu dan sangat membahagiakan. Tapi saat menempuh perjalanan, lebih baik siang atau malam hari?