Musim Hujan, Perhatian Khusus Harus Diberikan Pada Bagian-bagian Ini

26/11/2018| Fatchur Sag

Cuaca hujan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara kendaraan di jalan raya. Kondisi jalan yang basah hingga kondisi ekstrim seperti angin kencang ataupun cahaya alami yang redup memiliki resiko tersendiri. Karena alasan itulah pemilik mobil sebaiknya memberi perhatian khusus pada bagian – bagian krusial yang memiliki fungsi penting saat menembus hujan.

Berikut ini beberapa bagian penting dari sebuah mobil yang butuh perhatian khusus demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

1. Kaca

Foto pandangan pengemudi kurang jelas di saat hujan

Visibilitas pengemudi terganggu saat hujan

Kaca merupakan bagian yang memberi perlindungan bagi penumpang di dalam kabin mobil; tetapi tidak menghalangi secara visual bagi pandangan penumpang dan pengemudi. Hujan membuat pandangan dari dalam mobil menjadi terhalang oleh terpaan dan aliran air di permukaan kaca. Tingkat kebersihan dan kejernihan kaca yang bagus merupakan hal mutlak saat berkendara di saat hujan. Kaca mobil juga wajib dibersihkan dan dikeringkan setelah digunakan menembus hujan untuk menghindari kotoran yang bisa menyebabkan jamur.

>>> Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof, Ini Bedanya!

2. Wiper

Gambar wiper mobil bekerja saat hujan

Wiper harus dalam kondisi terbaik agar bisa berkerja optimal

Wiper merupakan bagian vital bagi pandangan pengemudi saat menembus hujan. Wiper yang baik bisa menyingkirkan air yang mengalir di permukaan kaca agar tidak menghalangi pandangan. Wiper perlu diperiksa untuk memastikan lengan wiper bergerak sempurna dan bagian karet dalam kondisi baik. Karet wiper yang mulai pecah atau mengeras tidak akan bisa membersihkan kaca dari aliran air hujan secara sempurna. Selain itu justru bisa membuat kaca mobil rusak karena meninggalkan goresan.

3. Lampu

Foto lampu mobil BMW i8 bening dan tajam

Pastikan lampu dalam kondisi selalu bersih

Hujan dan kondisi mendung akan mengurangi jarak pandang pengemudi. Penggunaan lampu merupakan hal penting untuk meningkatkan visibilitas pengemudi. Di sisi lain; lampu yang menyala saat hujan atau cuaca buruk juga membuat pengguna jalan lain melihat dan menyadari keberadaan kendaraan yang menyalakan lampu. Pastikan seluruh lampu berada dalam kondisi baik atau menyala. Pastikan pula reflektor dan bagian mika penutup lampu dalam kondisi bersih agar memaksimalkan pancaran cahaya lampu.

>>> Cara Merawat Mika Lampu Mobil Agar Tidak Mudah Kusam Dan Menguning

4. Ban dan Velg

Foto ban mobil menembus hujan

Ganti ban gundul dengan yang baru agar keselamatan lebih terjaga

Kedua bagian tersebut merupakan bagian mobil yang berinteraksi langsung dan berada dekat dengan permukaan jalan. Memastikan ban dalam kondisi baik merupakan hal penting demi keamanan saat berkendara menembus hujan melewati jalanan yang basah. Ada baiknya untuk segera mengganti ban jika kedalaman pola batikan ban sudah dangkal karena berdampak pada penurunan daya cengkeram atau grip saat melewati jalanan yang basah.

Sedangkan velg butuh perhatian setiap kali digunakan melewati jalanan basah ataupun banjir. Bagian velg butuh dibersihkan secara seksama untuk menghindari karat dan juga memastikan tidak ada kotoran yang melekat. Semprot velg dengan air bersih setiap kali pulang dari berkendara melewati hujan.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

5. Spakbor

Foto spakbor mobil kotor kena cipratan air jalanan

Spakbor jadi bagian paling mudah kotor

Bagian ini mungkin merupakan bagian mobil yang paling banyak terpapar oleh kotoran karena cipratan air dari putaran roda saat melewati jalanan yang basah. Spakbor umumnya kotor karena tanah, pasir atau lumpur yang melekat setelah mobil digunakan menembus hujan. Semprot bagian spakbor dengan air bersih setiap kali mobil masuk ke garasi setelah digunakan melewati jalanan basah atau menembus hujan. Bagian ini dapat dibersihkan bersama – sama dengan aktivitas membersihkan velg. Bagian bawah mobil atau sasis juga dapat dibersihkan pada saat yang bersamaan.

>>> Tips Mengatasi Masalah Rem Tidak Pakem Setelah Melewati Genangan Air

6. Rem

Foto ban mobil dengan rem cakram

Cek rem dan pastikan dalam kondisi terbaik

Rem merupakan bagian krusial saat berkendara karena berfungsi mengurangi kecepatan dan menghentikan laju mobil. Saat kebanyakan rem mobil telah menggunakan tipe cakram; perawatan di musim hujan menjadi hal yang sangat penting. Cakram yang basah bisa membuat rem gagal bekerja karena kehilangan daya cengkram akibat cakram menjadi licin setelah terkena air. Pastikan kampas rem dalam kondisi baik dan cakram masih cukup tebal; jika kedua bagian tersebut sudah tipis maka segera ganti demi keamanan berkendara di saat hujan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International