Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC Mobil

13/09/2019 | Abdul

Salah satu hal yang dirasakan saat evaporator kotor adalah munculnya bau yang tidak sedap saat menyalakan AC. Kotoran tersebut dapat berubah menjadi korosi saat lama tidak dilakukan perawatan. Korosi pada evaporator AC mobil tentunya perlu perhatian, lebih baik mencegahnya agar kinerjanya tetap maksimal.

Gambar uini menunjukkan evaporator AC yang terdapat pada mesin mobil

Fungsi evaporator untuk menguapkan gas freon dengan tekanan dan temperatur rendah

>>> Baca Juga, Mematikan AC Tidak Efektif, Begini Cara Hemat BBM Saat Mengemudi

Evaporator merupakan sebuah komponen yang mempunyai fungsi untuk menguapkan gas freon dengan temperatur dan tekanan yang rendah. Jika terdapat kotoran seperti debu halus, remah makanan, serbut halus karpet bisa menjadi penyebab terjadinya korosi. Jadi kotoran tersebut menempel terlalu lama sehingga akan terjadi residu yang hampir serupa dengan lender yang bisa menimbulkan korosi yang membuat kinerja evaporator jadi terganggu. Untuk bahan material evaporator adalah aluminium yang merupakan penghantar suhu paling baik. Namun resikonya adalah mudah keropos, oleh sebab itu perawatan dan memperhatikan usianya cukup penting.

Korosi pada evaporator AC mobil tidak mempunyai bentuk seperti korosi di besi yang cenderung menguning. Namun untuk korosi ini lebih cenderung seperti kapur yang mempunyai warna putih dan tampak adanya lubang kecil ketika dilakukan pembersihan.

Lantas apa yang menjadi penyebab evaporator mengalami korosi?

Penyebabnya ada beragam dan perlu diperhatikan. Berikut beberapa penyebab yang umum terjadi meskipun hal tersebut dapat terjadi dalam waktu yang tidak sebentar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

1. Kebersihan Kabin Tidak Dijaga

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang vacuum cleaner untuk menyedot kabin

Kabin mobil yang bersih juga salah satu hal yang mendukung kinerja AC maksimal

>>> Rahasia Mengatur AC Mobil Sejuk Saat Cuaca Panas

Udara yang berada di dalam kabin mobil mempunyai pengaruh pada evaporator. Jika saat penyedotannya tercampur dengan remah makanan, debu yang terdapat pada mobil dapat mengakibatkan timbul sumbatan sehingga evaporator terganggu dalam melakukan kerjanya. Debu dan kotoran yang ikut masuk tersebutlah yang bisa mengakibatkan korosi.

2. Lalai Membersihkan AC Mobil

Pada saat melakukan servis pada AC mobil maka akan ada pembersihan pada setiap komponen AC. Jika menundanya maka kotoran yang terdapat pada evaporator menjadi menumpuk dan mengendap dalam kurun waktu yang lama sehingga bisa membuat masalah terjadi. Perlu diketahui, saat kondisi AC rusak parah bahkan sampai tidak bisa digunakan maka biaya yang perlu dikeluarkan cukup mahal.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang menarik filter AC mobil

AC yang selalu dirawat akan membuat suhu kabin tetap segar

Untuk menghindari korosi pada evaporator AC mobil, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Menjaga kebersihan kabin mobil

2. Saat AC mobil menyala tidak membuka jendela kerana kotoran seperti debu dari luar kendaraan dapat tersedot masuk ke dalam AC mobil

3. Jangan merokok selama di dalam kabin mobil, apabila melakukannya sebaiknya matikan AC dan membuka jendela

4. Tidak lupa melakukan servis AC mobil minimal setahun sekali

5. Untuk memperlambat terjadinya korosi bisa menggunakan tambahan Cabin Filter

6. Bersihkan karpet mobil terutama di bagian kiri yang dekat dengan AC mobil

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mencegah korosi pada evaporator AC mobil. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan pengendara dapat lebih nyaman selama perjalanan dan kondisi mobil jadi lebih awet.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?