Menarik, Gajah Boleh Menyeberang di Jalan Tol Trans Sumatera

17/09/2019 | Fatchur Sag

Menyusul tersambungnya jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni (Lampung) menuju Palembang sejauh 365 kilometer, ruas yang lain yang bakal terhubung hingga Banda Aceh terus dikebut. Diantaranya ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km dan Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 km yang digarap oleh PT Hutama Karya (Persero). Dari plan yang ada keduanya bakal melewati hutan yang jadi habitat gajah Sumatera. Menariknya para gajah nantinya bakal diperbolehkan menyeberangi jalan tol untuk sampai ke sisi yang lain. Caranya dengan dibuatkan underpass.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto rencana underpass untuk gajah di jalan tol Trans Sumatera

Plan underpass Tol Trans Sumatera untuk pelintasan gajah

"Kami sangat memperhatikan keberlangsungan ekosistem di sekitar proyek tol yang sedang kami bangun salah satunya adalah habitat dari gajah. Saat ini kami sudah membangun perlintasan gajah yang ada di ruas tol Pekanbaru-Dumai. Sedangkan untuk di ruas tol Sigli-Banda Aceh masih dalam proses desain," tutur Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Muhammad Fauzan dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari detikFinance, (14/9/2019).

Apa yang direncanakan Hutama Karya merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan dan keberlangsungan ekosistem gajah. Seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Pada Pasal 27 ayat 3 disebutkan : "Rencana teknik jalan tol harus mampu memperhatikan keadaan serta faktor pengaruh lingkungan dan harus menggambarkan hasil optimal sesuai dengan kebutuhan pengguna jalan tol dan penghematan sumber daya."

>>> Jangan Asal Ngebut Lewat Jalan Tol, Perhatikan Batas Kecepatan

Foto salah satu Progress underpass jalan Tol Trans Sumatera

Pengembangan jalan tol harus memperhatikan aspek lingkungan

Lebih rinci dijelaskan underpass perlintasan gajah ini bakal berlokasi di banyak titik yang bisa dilintasi ratusan gajah tiap hari. Untuk ruas tol Pekanbaru-Dumai ada 6 underpass yaitu di 1 underpass di Sungai Tekuana yang lokasinya di seksi 2 tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak, 5 underpass di Seksi 4, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. Sedangkan untuk ruas Sigli-Banda Aceh direncanakan ada 1 underpass perlintasan gajah yang akan dibangun di seksi 1 antara Lembah Selawah dan Padang Tiji.

Di tempat terpisah, rencana Hutama Karya membangun underpass untuk gajah di jalan Tol Trans Sumatera ini mendapat dukungan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengingat manfaat besar yang akan didapat. Di satu sisi para gajah tetap bebas berkeliaran di habitatnya, di sisi lain pengguna jalan tidak khawatir gajah bakal melintas melalui badan jalan yang membuat perjalanan terganggu. Untuk menambah kenyamanan, konsep underpass bakal dibangun seperti habitat aslinya dengan beberapa tanaman di sepanjang terowongan.

Sangat menarik!

>>> Ini 3 Pelanggaran Lalu Lintas Paling Banyak Dilakukan Pengguna Jalan Tol

Foto suasana di gerbang Tol Kotabaru Lampung

Tol Trans Sumatera bakal menghubungkan pelabuhan Bakauheni Lampung hingga Banda Aceh

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik