Memundurkan Mobil, Perhatikan 5 Hal Ini!

09/08/2019 | Fatchur Sag

Sederhananya untuk memundurkan mobil pengemudi cukup memindah tuas transmisi ke gigi R dan lepas kopling pelan-pelan, mobil akan melaju mundur. Namun itu tidak cukup, memundurkan mobil bukan sekadar masalah mobil bisa melaju mundur. Ada hal yang tidak kalah penting yaitu soal keamanan dan kenyamanan.

Berikut ini 4 hal yang harus diperhatikan saat memundurkan mobil baik untuk pemula maupun pengemudi mahir.

1. Perhatikan area belakang

Foto pengemudi sedang melihat area belakang saat akan mundur

Jangan lupa untuk memastikan area belakang aman saat akan memundurkan mobil

Sebelum mulai memundurkan mobil pengemudi wajib melihat area belakang atau jalur yang akan dilewati. Pastikan area mundur mencukupi dan aman, tidak ada hal-hal yang mengganggu baik berupa benda-benda, binatang maupun manusia. Lakukan pengecekan lewat spion kanan, kiri dan tengah. Bila tidak terlalu yakin, lebih baik menoleh atau bahkan turun untuk memastikan kondisi aman. Atau jika kendaraan dilengkapi kamera parkir, manfaatkan benar-benar untuk melihat area belakang melalui monitor.

>>> Mematikan AC Tidak Efektif, Begini Cara Hemat BBM Saat Mengemudi

2. Nyalakan lampu mundur atau backup light

Berikutnya nyalakan lampu mundur atau backup light sebagai tanda agar pejalan kaki atau kendaraan lain yang kebetulan akan melintas di belakangnya bisa waspada dan berhenti. Hal ini seperti diatur dalam Pasal 29 Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

3. Pahami arah kemudi saat mundur berbelok

Seperti halnya ketika mobil melaju kedepan, saat memundurkan mobil pengemudi juga harus memahami kemana arah bagian belakang. Jika ingin belok ke kiri setir harus diputar ke kiri, dan sebaliknya saat berbelok mundur ke kanan setir juga harus diputar ke kanan. Jangan lupa untuk menyalakan sein agar pengguna jalan lain mengetahui kemana arah mobil akan berbelok.

4. Mundur pelan-pelan

Foto menunjukkan pengemudi sedang memundurkan mobil di tempat parkir

Perhatikan objek di sekitar agar kendaraan tetap aman

Memundurkan mobil perlu kehati-hatian ekstra sebab visibilitas pengemudi tidak sama seperti saat melaju ke depan. Lakukan secara perlahan dan jaga kecepatan agar posisi mobil tetap di jalur atau di lokasi yang diinginkan. Perlu diketahui saat tuas transmisi di pindah ke posisi R dan kopling dilepas, mobil bakal melaju ke belakang meski tanpa digas. Dalam kondisi ini harus ada keseimbangan antara kopling, rem dan gas agar kecepatan mobil tetap terjaga.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Perhatikan bagian depan mobil

Meski bergerak mundur, bagian depan mobil juga harus diperhatikan terutama bagian ujung kiri dan kanan. Jangan sampai karena terlalu fokus ke belakang, bagian depan mobil malah mengenai benda lain yang ada di depan.

Saat ini teknologi otomotif makin canggih, mobil-mobil keluaran terbaru banyak yang dilengkapi dengan kamera mundur yang visualnya bisa dilihat di layar monitor depan pengemudi. Juga ada sensor parkir baik di depan maupun belakang yang memberi peringatan melalui suara saat ada objek berada di dekat mobil. Fitur ini sangat membantu saat memundurkan mobil agar tetap aman. Jadi, sebaiknya pengemudi tidak mengabaikan fitur-fitur tersebut.

>>> Ada Fitur Ini, BMW Seri 3 Terbaru Bisa Mundur Sendiri di Gang Sempit

Foto menunjukkan visual mundur pada Audi TT

Mundur semakin mudah dan aman dengan memanfaatkan teknologi

>>> Dapatkan tips and trick menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik