Ada Fitur Ini, BMW Seri 3 Terbaru Bisa Mundur Sendiri di Gang Sempit

12/07/2019 | Fatchur Sag

Generasi terbaru BMW Seri 3 yang jadi model ikonik sudah diperkenalkan BMW Group Indonesia pada Selasa, (10/7/2019) di Tangerang, Jawa Barat. Meskipun bodi sedikit membesar namun generasi ketujuh (G20) BMW Seri 3 ini memiliki bobot yang ringan bahkan sudah dibekali dengan berbagai fitur yang lebih modern dari generasi sebelumnya.

Foto BMW Seri 3 terbaru tampak menarik dari arah depan

BMW Seri 3 terbaru hadir di Indonesia

Ukuran bodi Seri 3 yang sedikit membesar bisa dilihat dari jarak sumbu roda depan bertambah sebesar 43 mm serta sumbu roda belakang sebesar 21 mm. Sedangkan untuk sasis pada generasi terbaru ini dibuat sedikit lebih kaku serta titik pusat gravitasinya merendah 10 mm. BMW Group Indonesia mengklaim bobot mobil ini lebih ringan 50 kg dibanding versi sebelumnya.

"Ada perubahan signifikan di pasar kendaraan premium yang lekat dengan sedan, tapi sekarang terlihat bahwa penggemar sport activity vehicle (SAV) cukup tinggi. Jadi gap sedan dan SAV sudah cukup besar. BMW berharap bisa menghadirkan fondasi untuk menjawab tantangan tersebut," tutur Jodie O'tania, Director of Communications BMw Group Indonesia di sela pengenalan di Tangerang.

Meskipun disebut sebagai generasi terbaru namun dapur pacu yang digunakan pada BMW Seri 3 masih tetap memakai mesin lama (B48) 4-silinder 2.000 cc turbo ganda. Hanya saja mesin dirancang lebih ringan dan juga irit bahan bakar serta mampu mengeluarkan tenaga yang lebih besar dari sebelumnya.

>>> Mobil Legendaris Versi Baru All New BMW Seri 3 Segera Meluncur Di Indonesia

Foto BMW Seri 3 terbaru tampak dari arah belakang, menarik dan keren

BMW Seri 3 punya dimensi lebih besar dibanding versi sebelumnya

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 258 Hp dan torsi maksimum 400 Nm, lebih besar 6 Hp dan 50 Nm dari kemampuan sebelumnya. Dibantu transmisi otomatis 8-percepatan, BMW Seri 3 terbaru bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 5,8 detik.

BMW Seri 3 terbaru ini merupakan model ketiga BMW Group Indonesia yang dibekali lampu besar laserlight setelah BMW i8 dan X5. Daya pancarnya bisa menerangi jalanan hingga 530 meter dengan aksen berwarna biru.

Suasana kokpit juga dirancang lebih elegan dengan garis-garis tegas. Sedangkan sistem bantu pengemudi iDrive yang kini sudah menggunakan sistem operasi 7.0 ditemani Intelligent Personal Assistant "Hello BMW". Untuk sarana hiburan untuk pengendara Seri 3 juga sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay. Koneksi ponsel via jaringan tanpa kabel (wireless) yang pertama kalinya pada mobil BMW yang dijual di Indonesia.

Masih banyak kecanggihan fitur teknologi lain yang ditawarkan BMW Seri 3, namun ada satu yang jarang bahkan sulit ditemukan di mobil-mobil sekelasnya, yaitu Park Assist dengan Reversing Assistant. Fitur ini diklaim mampu menyimpan rekaman mengemudi sejauh 50 meter dan bisa diulang dalam posisi mundur.

>>> Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019

Fitur Reversing Assistant pada BMW Seri 3 (G20)

Fitur Reversing Assistant, mundur otomatis sesuai jejak sebelumnya

Menurut BMW fitur tersebut sangatlah bermanfaat dan berguna sekali bagi pengemudi pada saat menemukan jalan buntu dan tidak bisa putar balik.

Kabarnya BMW Seri 3 hadir dengan varian 330i M Sport. Soal harga belum diinformasikan, rencananya bakal diumumkan bebarengan dengan saat peluncuran di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 18 Juli 2019 mendatang.

Jadi, silahkan datang ke ICE BSD City Tangerang, Banten pada tanggal tersebut dan kunjungi booth BMW untuk melihat langsung tampilan mobil keren ini serta harga jualnya.

>>> Tahun Politik, BMW Indonesia Pesimis Bisa Mencapai Target Penjualan

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik