Marak Pencurian, Berikut Cara Menyimpan Barang Yang Aman di Dalam Mobil

11/05/2020 | Fatchur Sag

Entah kebiasaan atau karena faktor galau kena dampak virus Corona, kejahatan pencurian makin marak akhir-akhir ini. Trennya pun bergeser dari rumahan ke tempat-tempat umum seperti minimarket. Yah, anjuran pemerintah untuk lebih banyak di rumah membuat penjahat mencari sasaran lain yang kurang terjaga.

Foto kaca mobil dr, Tirta dipecah penjahat

Penjahat terkadang nekat melakukan aksi di keramaian

Selain itu, penjahat juga tak lagi memandang rencana dan suasana. Asalkan ada kesempatan pasti dieksekusi. Seperti pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil yang terjadi akhir-akhir ini. Pencuri tidak lagi peduli meski itu terjadi di tempat terbuka. Yang penting bisa mendapatkan hasil.

Tentu Anda tak ingin kejadian tidak enak itu menimpa Anda. Karena itu simpan baik-baik barang bawaan Anda, jangan sampai jadi incaran penjahat. Berikut cara menyimpan barang yang aman di dalam mobil!

  • Pertama; Jangan sembarangan meletakkan barang berharga di dalam kabin. Misalnya di atas dashboard, di jok atau di atas konsol tanpa tertutup. Tempat yang cukup aman untuk penyimpanan misalnya, di kolong kursi, di bagasi, di tutup dengan barang agar terlihat samar, atau lebih baik tidak ditinggal di dalam mobil.

>>> Tips Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Saat Perjalanan Jauh

Foto menata barang di bagasi mobil

Lebih aman diletakkan di bagasi

  • Kedua; Parkir di tempat aman misalnya dekat pos scurity, dekat keramaian, atau dekat kameran CCTV.. Pencuri biasanya mengincar kendaraan yang diparkir di tempat sepi seperti di ujung tempat parkir yang jauh dari pantauan. “Jangan taruh barang berharga di dalam kabin. Kalau terpaksa, gunakan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, bagasi. Manfaatkan tirai penutup jendela maupun bagasi apabila tersedia,” tutur Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) seperti dikutip dari Kompas, (6/5/2020).
  • Ketiga; Jangan lupa selalu kunci pintu mobil saat ditinggal dan aktifkan alarm. Paling tidak ini akan memperlambat penjahat melakukan aksinya. Selain itu, akan lebih baik gunakan sensor tambahan seperti alarm ganda, dan yang lain.

>>> Duplikasi Kunci Immobilizer, Bisa?

Foto menunjukkan parkir mobil sendirian

Usahakan untuk tidak parkir sendirian di tempat sepi

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik