Tips Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Saat Perjalanan Jauh

22/07/2018| Abdul

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam mengatur barang di bagasi Mobil.

1. Memprioritaskan barang yang paling dibutuhkan

Bagasi Mobil disediakan untuk pengendara dalam keadaan terbatas. Kadangkala jika bawaan banyak tidak akan masuk semua ke bagasi kendaraan. Jadi usahakan barang yang dibawa adalah yang paling dibutuhkan.

Gambar ini menunjukkan beberapa lipatan baju dengan warna dan motif berbeda ditata dalam tas

Barang bawaan yang dimasukkan tas atau koper akan lebih mudah dimasukkan bagasi Mobil

Saat jarak yang ditempuh jauh dan berniat menginap di tempat keluarga ataupun hotel sebaiknya memperkirakan barang yang dibutuhkan. Jangan sampai membawa barang bawaan yang tidak perlu serta bisa menyusahkan selama perjalanan. Apabila terdapat barang yang berharga, sebaiknya menempatkannya yang dekat dengan pengendara.

>>> Baca juga, Cara mudah membersihkan bagasi Mobil sedan

2. Mengemas dan mengatur barang

Pada saat ingin bepergian dalam jarak cukup jauh dan berniat menginap, sebaiknya menggunakan tas ataupun koper yang simpel. Dengan begitu akan lebih mudah dalam membawanya serta tidak terlalu banyak makan tempat. Bisa juga dengan tas yang mempunyai roda agar mudah dalam menggeser ataupun mengangkatnya.

Gambar ini menunjukkan beberapa tas koper yang ditata rapi dalam bagasi Mobil

Mengemas barang dengan baik dan menatanya di dalam kabin dengan rapi dapat membawa lebih banyak barang di bagasi mobil

Dalam menatanya di bagasi Mobil, sebaiknya meletakkan barang bawaan yang terberat di paling bawah dan pojok. Yang pasti isinya adalah yang dibutuhkan saat sampai di tempat tujuan. Jangan sampai sudah diletakkan di pojok tapi ada barang yang dibutuhkan di jalan. Pastinya akan merepotkan saat melakukan pengambilan. Setelah tertata barang yang digunakan di tempat tujuan, tahapan selanjutnya meletakkan di paling atas dan mudah dijangkau untuk barang yang digunakan di perjalanan. Dengan begitu mudah untuk mengambilnya dan tidak perlu repot menyingkirkan barang bawaan lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

3. Lebih cermat dalam menempatkan barang yang kecil

Dalam mengatur barang di bagasi Mobil memang harus pintar dalam peletakannya. Seperti pada barang yang ukurannya kecil, seperti kosmetik dan barang lainnya. Pemilik dapat memasukkannya pada sela pakaian ataupun saku pakaian yang dimasukkan dalam koper atau tas. Dengan begitu tidak terlalu makan tempat hanya untuk barang yang ukurannya kecil.

Gambar ini menunjukkan seorang pria dan anak-anak sedang memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi Mobil warna merah

Barang bawaan biasanya beragam, ada yang besar dan kecil

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru dan terlengkap yang diulas oleh Cintamobil.com

4. Mengatur tas dan koper sesuai urutan

Dalam mengemas barang bawaan dalam tas atau koper, saat ingin memasukkannya ke dalam bagasi sebaiknya diurutkan dari yang paling besar. Dalam melakukan penempatan, yang terbesar di paling bawah denganĀ  urutan menyamping. Dengan begitu saat Mobil melakukan pengereman mendadak barang tetap aman dan tidak berantakan. Perlu diingat, barang yang paling dibutuhkan dalam perjalanan diletakkan di bagian paling atas.

Gambar ini menunjukkan beberaoa koper dan tas di tata dalam bagasi Mobil dengan rapi

Dengan meletakkan tas atau koper yang besar di bawah akan memberikan ruang untuk yang lebih kecil

>>> Mungkin tertarik, Persiapan Barang Di Dalam Mobil Saat Perjalanan Jauh

5. Perhatikan kaca belakang

Kebanyakan orang kerap melakukan penataan barang dengan menutupi kaca belakang. Tentunya hal tersebut perlu dihindari, karena dapat menghalangi pandangan pengemudi untuk melihat belakang. Tentunya hal tersebut sangat membahayakan, mengingat jalanan yang kadang macet dan juga perlu untuk melihat kondisi jalan baik depan ataupun belakang. Jadi saat menumpuk barang sebaiknya sejajar dengan jok kendaraan, dengan begitu kaca tidak akan terhalangi oleh barang bawaan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tas koper warna hitam dan putih ditata berjejer dalam bagasi Mobil

Untuk keamanan, membawa barang bawaan jangan sampai menutupi kaca belakang

Selain beberapa hal di atas, dalam mengatur barang di dalam bagasi Mobil bisa memanfaatkan tempat kecil seperti cup holder, glove box di dashboard dan lainnya. Pemilik bisa menempatkan tas kecil di dalam tempat tersebut yang berisi peralatan mandi ataupun barang lain ukuran kecil. Selain itu, pemilik juga bisa menambahkan roof rail apabila masih terdapat barang yang belum masuk namun bagasi telah penuh.

Tapi ingat, jangan sampai saat membawa barang melebihi kapasitas berat yang dianjurkan. Apabila setelah diperkirakan bahwa berat Mobil sudah melebihi kapasitas yang dianjurkan, maka bisa mengurangi barang bawaan yang tidak terlalu penting. Pemilik bisa melihat maksimal berat kendaraan membawa barang di buku panduan pemilik yang biasanya diberikan saat membeli Mobil.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di cintamobil.com

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International