Maksud Hati Biar Tambah Elok, 5 Aksesoris Mobil Ini Malah Berbahaya

25/08/2019| Fatchur Sag

Ada beragam cara bisa dilakukan pengemudi untuk membuat mobil tampil lebih menarik dan enak dipandang. Salah satunya dengan menambahkan perangkat aksesoris pada bagian-bagian tertentu, baik di bagian eksterior maupun interior. Nah, yang perlu diketahui tidak semua aksesoris mobil baik dipasang atau digunakan. Beberapa diantaranya malah bisa menimbulkan bahaya karena alasan-alasan tertentu.

Seperti 5 aksesoris mobil berikut punya potensi besar menimbulkan kecelakaan:

1. Penutup lingkar kemudi

Foto menunjukkan lingkar kemudi mobil dibungkus cover

Jangan sampai cover penutup lingkar kemudi longgar

Penutup lingkar kemudi adalah produk after market yang dipasang untuk meningkatkan daya cengkeram pengemudi meski tangan dalam kondisi berkeringat. Secara tujuan memang bagus, agar mengemudi semakin nyaman. Tapi jika pemasangan terlalu longgar pengemudi bisa kehilangan kontrol dan berpotensi timbul kecelakaan.

>>> Waspada, Masalah Pada Power Steering Bisa Saja Datang Pada Mobil Sobat

2. Headlamp/Foglamp berwarna

Foto menunjukkan mobil dengan foglamp berwarna kuning

Foglamp warna bisa menurunkan tingkat pencahayaan

Sekilas tampak menarik Headlamp atau Foglamp berwarna. Namun itu sangat tidak dianjurkan. Headlamp untuk memberikan penerangan maksimal, dengan diganti warna lain selain warna asli pabrikan penerangan jadi tidak maksimal sehingga mengganggu visibilitas. Atau jika terlalu terang bisa membahayakan pengguna jalan lain dari arah depan.

Sedangkan Foglamp yang diganti dengan warna lain atau ditutup dengan stiker transparan bisa menurunan pencahayaan saat cuaca berkabut. Pastinya jika demikian akan sangat berbahaya bagi pengendara maupun pengguna jalan lain dari arah berlawanan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Smoke Lamp / menghitamkan lampu utama

Foto mobil dengan modifikasi lampu berwarna hitam / smoke lamp

Modifikasi smoke lamp bikin mobil tampak seram

Satu tren modifikasi pada bagian lampu adalah mengganti reflektor pabrikan dengan smoke lamp atau reflektor bernuansa hitam. Gaya sih gaya, tapi jika pemilihan aksesoris mobil ini asal justru bisa membayakan. Seperti warna hitam yang menutup seluruh bagian reflektor sehingga menurunkan pencahayaan lampu.

>>> Ingat! Jangan Asal Dalam Memilih Aksesori Mobil

4. Pemutar video

Foto menunjukkan mobil dengan layar hiburan roof monitor aftermarket

Jangan sampai kenyamanan mengorbankan keselamatan

Unit infotainment memang tak bisa dipisahkan dari mobil. Keberadaannya meningkatkan kenyamanan penumpang dan tentu saja meningkatkan harga jual mobil itu sendiri. Dan perlu diketahui untuk pemasangan perangkat infotainment produsen sangat mempertimbangkan sisi-sisi yang lain terutama keselamatan.

Lain halnya dengan pemutar video after market. Saat pengemudi menambahkan aksesoris mobil yang satu ini di kabin atau di dashboard, berarti ada keinginan si pengemudi untuk menikmati tayangan saat mengemudi di tengah perjalanan. Bahayanya, pengemudi bisa kehilangan konsentrasi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

5. Steering Knob/Tuas Kontrol Kemudi

Foto kemudi mobil dengan tuas pengotro / steering knob

Harus dipastikan knop pemutar kemudi berkualitas dan terpasang dengan kencang

Steering Knob mambantu pengemudi memutar kemudi dengan mudah, bahkan bisa dengan satu tangan. Hanya saja jika pengemudi salah memilih aksesoris mobil ini dengan produk 'murahan', knob bisa saja patah saat digunakan atau jika tuasnya longgar pengemudi bisa kehilangan kontrol kemudi.

>>> Dapatkan tips and trick menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

International