Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun Bisa Ditanggung Asuransi, Asal...

17/04/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Semua kerugian yang ditimbulkan oleh kecelakaan lalu lintas termasuk tabrakan beruntun bisa ditanggung pihak asuransi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kecelakaan tabrakan beruntun yang terjadi di jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) di KM 9.400 Tol BSD arah Pondok Aren, Tangerang Selatan, Jumat (12/4/2019) sekitar pukul 11.50 WIB lalu selain mengakibatkan korban jiwa juga juga mengakibatkan empat mobil yang terlibat yaitu Mitsubishi Outlander, Toyota Kijang Innova, Suzuki Ertiga dan Toyota Rush mengalami kerusakan cukup berat yang diperkirakan butuh biaya besar untuk mengembalikan mobil-mobil tersebut ke kondisi semula.

Foto pasca Tabrakan beruntun di jalan tol jagorawi yang melibatkan empat unit mobil

Jalan raya menjadi salah satu tempat paling berbahaya di dunia

>>> Lakukan Hal Ini Saat Melihat Kecelakaan di Jalan

Kejadian di atas bukan satu-satunya kecelakaan tabrakan beruntun yang terjadi di jalan raya. Masih ada banyak kejadian lain yang tidak hanya melibatkan mobil saja tapi juga kendaraan roda dua. Dampaknya pun cukup beragam dari yang paling ringan hingga yang mengerikan sampai menimbulkan banyak korban jiwa.

Apakah pihak asuransi mau menanggung kerugian yang disebabkan kecelakaan tabrakan beruntun?

Jawabannya Bisa. Head of Communication and Event Asuransi Astra, Iwan Pranoto menjelaskan setiap kendaraan yang terlibat kecelakaan yang membuat rugi bisa ditanggung asuransi. Bahkan pertanggungan juga diberikan kepada pihak ketiga. Namun ada catatan yang perlu digaris bawahi kendaraan yang dimaksud atau pengemudinya tidak masuk dalam kategori pengecualian.

"Bisa, kata kuncinya ada kecelakaan yang bikin rugi. Lalu, pastikan mobil dan pengendara tidak masuk pengecualian," tutur Iwan seperti dikutip dari Liputan6.com, (15/4/2019). "Klaim asuransi juga termasuk skema tanggung jawab pihak ketiga," tambahnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Pengecualian yang dimaksud biasanya sudah tertera dalam polis asuransi secara lengkap seperti berbagai pelanggaran lalu lintas karena pengemudi tidak memiliki SIM, pengemudi melanggar batas kecepatan, kendaraan membawa muatan melebih kapasitas dan yang lain.

Foto sebuah peristiwa kecelakaan yang melibatkan puluhan kendaraan di luar negeri

Tidak ada yang berharap terlibat dalam kecelakaan di jalan raya

>>> Ini Dia Keuntungan Asuransi Mobil Bagi Pengendara

Dicontohkan saat ada kasus kecelakaan tabrakan beruntun, pengemudi di belakang jadi pihak yang salah menurut aturan yang berlaku. Pengemudi di anggap tidak mengindahkan batas jarak aman sehingga saat terjadi pengereman mendadak tidak memiliki waktu untuk merespon.

Dalam hal ini kerusakan kendaraan di depan atau yang ditabrak bisa ditanggung asuransi, namun untuk kendaraan yang berada di depan tidak ditanggung sebab kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan pengemudi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca