Lakukan Hal Ini Saat Melihat Kecelakaan di Jalan

01/04/2019 Mahmudi Restyanto Pengemudian mobil

Saat Anda sedang mengemudi, bisa saja mobil di depan secara tiba-tiba mengalami kecelakaan. Lantas bagaimana seharusnya sikap kita sebagai orang awam ketika melihat kecelakaan di jalan? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, berikut tipsnya.

1. Aman Diri

Gunakan sarung tangan atau kantung plastik untuk melindungi tangan Anda dari infeksi

Sebelum menolong korban kecelakaan, bila sempat gunakan sarung tangan untuk mengamankan diri Anda sebagai penolong

Sebelum melakukan pertolongan ketika melihat kecelakaan di jalan, Anda juga harus memproteksi diri dari hal-hal yang dapat membuat terluka atau terinfeksi. Paling utama adalah bagian telapak tangan yang mernjadi titik kontak utama antara penolong dengan korban. Gunakan material apapun yang tidak menyerap atau menghantarkan cairan dari korban ke penolong. Anda bisa menggunakan kantong plastik misalnya yang mudah ditemui dimanapun yang difungsikan sebagai sarung tangan. Sebagai penolong, Anda harus tetap tenang dan jangan panik agar dapat melakukan pertolongan dengan maksimal.

>>> Baca juga : Pengemudi Pemula, Haruskah Menunggu Sampai Mahir Untuk Turun Ke Jalan Raya?

2. Aman Lingkungan

Pasang segitiga darurat agar proses pertolongan tetap aman

Amankan lingkungan sekitar salah satu caranya dengan pasang segitiga darurat

Setelah penolong memproteksi dirinya saat melihat kecelakaan di jalan, saatnya penolong mengobservasi lingkungan kecelakaan. Pastikan lokasi di sekitar korban tidak ada api, bensin, listrik ataupun kemungkinan bahaya lain yang dapat memperparah kondisi korban. Kabel listrik, api dan bensin dapat dilihat dan dicium baunya. Jika kondisi korban berada di dalam mobil di tengah jalan, maka Anda bisa membuat perimeter di sekeliling lokasi kecelakaan atau meminta bantuan orang lain untuk mengamankan lokasi korban.

>>> Beberapa Tempat Parkir Berbahaya bagi Kendaraan

3. Aman Penderita / Korban

Pindahkan korban ke tempat aman untuk proses pertolongan selanjutnya

Bila ada bensin tumpah atau kabel listrik, jauhkan korban ke tempat lebih aman untuk proses pertolongan

Setelah lokasi korban memungkinkan untuk melakukan pertolongan, maka ketika melihat kecelakaan di jalan saatnya penolong memastikan kondisi korban juga telah aman untuk diberikan pertolongan. Tujuannya adalah agar ketika penolong memberikan pertolongan hasilnya akan efektif dan tidak memperburuk kondisi korban. Pindahkan korban dari lokasi kecelakaan jika memang lokasinya membahayakan nyawanya dan jangan ragu untuk memindahkan meski separah apapun kondisi korban.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Cek Kesaradan

Cek kesadaran korban dan pastikan bagian tubuh mana yang sakit

Pastikan korban masih sadar dan cari tahu bagian tubuh mana yang sakit dengan bertanya

Ini menjadi kontak pertama Anda sebagai penolong dengan korban saat melihat kecelakaan di jalan. Tujuan dari pengecekan kesaradan adalah sebagai observasi kondisi korban. Dengan ini Anda akan dapat memutuskan pertolongan selanjutnya yang dapat dilakukan. Langkah awal bisa panggil korban dengan menepuh bahunya, dan lihat jika ada respon dari korban. Tanyakan nama dan bagian mana yang dirasa sakit untuk mengidentifikasi korban sekaligus mempertahankan kesadarannya.

>>> Tetap Aman di Jalan, Berikut Tips Mengemudi di Musim Hujan Ala Adira Insurance

5. Proteksi Kepala

Lindungi kepala korban dengan memberi bantalan saat direbahkan

Posisi kepala yang agak tinggi saat korban direbahkan agar pernafasan lebih baik

Ketika korban sudah bernapas, proteksi kepala Anda dengan tujuan untuk mempertahankan jalan napas agar korban tetap dalam keadaan sadarkan diri hingga paramedis memberikan pertolongan lebih lanjut. Jika korban tidak memungkinkan untuk dipindahkan, maka lakukan tindakan ini yakni memproteksi kepalanya menyesuaikan posisi korban. Sudah cukup jelas bukan tips apa yang harus Anda lakukan sebagai penolong ketika melihat kecelakaan di jalan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca