Jangan Undang Petaka, Pastikan Pintu Mobil Terkunci Saat Ditinggal Tanpa Penumpang

24/12/2018 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Kasus bocah terkunci dalam mobil hingga meninggal jadi pelajaran berharga. Dimanapun dan kapanpun mobil diparkir, harus selalu diingat dan diperhatikan pengemudi untuk selalu mengunci pintu mobil saat ditinggal tanpa penumpang.

Petaka kembali terulang, seorang bocah terkunci dalam mobil hingga meninggal dunia. Nasib nahas yang menimpa bocah asal Karawaci, Tangerang, Banten, ini terjadi pada Kamis (20/12/2018) lalu. Bocah bernama Muhamad Hafiz usia 5 tahun ini meninggal dunia kehabisan oksigen setelah terkunci selama berjam-jam dalam sebuah mobil milik tetangganya, RF. Sementara temannya, Bayu Timur Firmansyah yang turut terkunci dalam mobil hanya pingsan dan berhasil diselamatkan. Di hadapan penyidik RF mengakui kalau Ford Fiesta miliknya tersebut sengaja diparkir karena kondisinya rusak.

>>> Ford Fiesta 2014 EcoBoost, Mobil Mini Dengan Tenaga Maksimal

Foto Ford Fiesta hitam tampak depan

Mobil diparkir tak dikunci bisa mendatangkan petaka

Kejadian semacam ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya seorang balita 3,5 tahun juga meninggal dunia terkunci dalam mobil yang diparkir di tempat parkir Apartemen Pluit Sea View, Penjaringan, Jakarta Utara pada Oktober 2018 lalu.

Terlepas dari proses hukum yang berlaku, kejadian-kejadian semacam ini seharusnya jadi pelajaran berharga buat para pengemudi untuk selalu mengunci pintu mobil saat ditinggal tanpa penumpang tak peduli dimanapun tempatnya mobil diparkir meski di rumah sendiri. Meski mesin tidak menyala, mobil yang ditinggal dalam keadaan tak terkunci masih berpotensi mengundang petaka. Bisa saja mobil disatroni orang tak bertanggung jawab, atau yang lebih menyesakkan kalau dimasuki anak-anak yang belum mengerti bahaya seperti kasus di atas. Mereka bisa masuk, tapi tidak tahu bagaimana cara keluar karena belum mengerti bagaimana mengoperasikan pembuka pintu yang ada di doortrim.

>>> Pentingnya Fitur Pengaman Pintu Mobil Untuk Keselamatan

Foto Ford Fiesta hitam tampak belakang

Anak-anak belum mengerti kalau main di dalam mobil bisa berbahaya

"Harusnya tetap dikunci, alasannya paling masuk akal yah untuk faktor keamanan. Jangankan di parkiran umum, di garasi sendiri saja baiknya mobil tetap dalam kondisi terkunci, karena dengan begitu mencegah sembarang orang untuk keluar masuk, dalam kasus kejadian seperti itu kan sangat berbahaya, khususnya anak-anak yang belum mengerti," tutur Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagaimana dikutip dari Kompas, Jumat (21/12/2018).

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.