Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

05/09/2020 | Abdul

Saat sudah duduk dibalik kemudi dan menjalankannya di jalan maka situasi apapun perlu dilalui. Baik dalam kondisi macet, naik, turun, terik di siang hari, malam hari ataupun saat turun hujan. Untuk kali ini kami akan membahas mengenai menyalakan lampu mobil saat turun hujan.

Ketika turun hujan yang deras masalah yang kadang mengganggu pengemudi mobil adalah visibilitas jadi berkurang. Bahkan kadangkala titik air dibarengi dengan awan gelap bahkan kabut yang membuat sekitar jadi gelap dan pandangan ke bagian depan, samping dan belakang terganggu.

Gambar ini menunjukkan beberap mobil melewati jalanan berkabut

Fog lamp juga memiliki peran ketika menembus kabut atau hujan lebat

>>> Baca Juga, Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

Dalam hal inilah lampu kendaraan menjalankan perannya. Jadi nyalakanlah lampu mobil supaya visibilitas pengendara jadi meningkat. Namun yang jadi pertanyaan adalah, lampu apa yang dinyalakan? Mengingat mobil ada lampu utama dan senja, hazard bahkan lampu kabut.

1. Lampu Yang Dinyalakan Saat hujan

Menyalakan lampu mobil saat turun hujan sangat diperlukan. Seperti dilansir dari laman Hyundai Indonesia, yang mana saat mengemudi mobil dalam kondisi turun hujan lebat serta visualitas dibutuhkan maka lampu mobil wajib dinyalakan. Untuk masalah lampu utama atau senja bisa disesuaikan dengan kondisi saat itu.

Jika hujan turun tanpa disertai kabut maka lampu yang dinyalakan adalah lampu senja. Selain penerangan juga bisa berguna untuk memberikan informasi pada kendaraan lain di depan maupun belakang mobil yang sedang ditunggangi. Akan tetapi saat disertai dengan kabut maka lampu utama dinyalakan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil menyalakan lampu dalam kondisi hujan deras

Saat hujan penggunaan lampu sangat diperlukan

>>> Visibilitas Terganggu, Ini Penyebab Headlamp Berembun

Dalam hal ini Sobat juga bisa mengkombinasikan antara lampu senja dengan fog lamp. Apalagi fog lamp sendiri mempunyai fungsi untuk membantu dalam menyinari jalanan saat turun hujan lebat disertai dengan kabut sehingga perlu optimal dalam hal penerangan.

2. Lampu Yang Tidak Boleh Dinyalakan Saat Hujan Lebat

Setelah melihat penjelasan yang telah disebutkan di atas, maka sudah diketahui bahwa saat turun hujan boleh menyalakan lampu utama atau lampu senja. Adapun yang tidak boleh dinyalakan ketika sedang berkendara dan turun hujan lebat yaitu menyalakan lampu hazard.

Lampu hazard yang dinyalakan dapat membuat pengendara lain kebingungan, apakah akan berbelok ke kanan atau ke kiri. Penggunaan lampu ini digunakan ketika terdapat kondisi darurat seperti mobil mogok, terlibat kecelakaan atau menepi di bahu jalan. Begitu juga saat jalanan di depan sedang dibangun dan menjadi satu arah, maka menyalakan lampu hazard dapat dilakukan supaya kendaraan di belakang tidak menyalip.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil dan ada yang menyalakan lampu Hazard

Lampu hazard hanya dinyalakan dalam kondisi darurat

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai menyalakan lampu mobil saat turun hujan. Semoga bisa membantu Sobat terutama ketika turun hujan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 13/09/2021 | Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • 03/05/2021 | Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • 15/03/2021 | Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.