Visibilitas Terganggu, Ini Penyebab Headlamp Berembun

05/03/2019 Mahmudi Restyanto Perawatan mobil

Titik-titik air yang bersarang di lampu utama selain membuat tampilan tidak enak dipandang juga menganggu visibilitas. Inilah penyebab headlamp berembun pada mobil.

Embun di pagi hari membuat udara jadi segar, tapi tidak demikian dengan embun di headlamp mobil. Selain membuat tampilan kusam, titik-titik air ini juga menganggu visibilitas. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab, pertama adalah bocornya sealer antara mika lampu dan reflektor. Kasus ini kerap terjadi pada beberapa mobil, antara lain Honda Jazz.

Seal yang mengelilingi headlamp bisa jadi penyebab masuknya air dan embun

Periksa karet yang mengelilingi headlamp apakah sudah rusak atau getas, karena menjadi penyebab embun

>>> Baca juga: Langkah Mudah Menghilangkan Embun Pada Spion Mobil Yang Bisa dilakukan

Jika hal ini terjadi dan menjadi penyebab headlamp berembun ini harus dibuka dan direkatkan kembali dengan sealer yang baru. Kendati langkahnya cukup rumit, Anda bisa melakukannya sendiri. Selain itu, embun juga bisa menyusup lewat soket lampu senja yang berada dalam satu batok dengan headlamp. Ada beberapa lampu senja yang silnya mudah getas. Untuk penyebab headlamp berembun dengan kasus tersebut, ganti sil untuk mencegah air menyusup ke dalam batok lampu.

Lantas bagaimana jika dua kasus diatas tidak terjadi tetapi lampu utama tetap berembun? Ternyata ada satu bagian dari lampu yang sering terlupakan. Mobil-mobil yang menggunakan lampu halogen mempunyai lubang untuk mengeluarkan hawa panas yang ketika lampu dinyalakan. Lubang tersebut biasanya ada di belakang lampu.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Lampu halogen umumnya ada lubang yang menjadi penyebab embun

Hawa panas pada lampu halogen dikeluarkan melalui lubang di belakang headlamp

Jika tidak diperhatikan secara seksama, keberadaannya sering terlewatkan karena ukurannya yang kecil atau tersamarkan oleh soket dan pengatur arah sorotan lampu. Tetapi jangan berpikir untuk menutup lubang hawa tersebut. Karena jika hal itu dilakukan untuk mengatasi penyebab headlamp bermebun, panas yang ditimbulkan oleh lampu tidak bisa dilepas keluar dan menyebabkan mika lampu meleleh atau reflektornya mengelupas.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca