Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

02/07/2020| Fatchur Sag

Dulu lampu utama mobil dikenal hanya untuk penerangan. Seiring berjalannya waktu lampu mobil tak sebatas penerangan, tapi juga berperan penting terhadap penampilan kendaraan dan keselamatan berkendara. Desain lampu yang keren dengan teknologi canggih membuat mobil terlihat modern.

Foto menunjukkan Mobil dengan lampu bersinar

Lampu mobil berpengaruh terhadap keselamatan

Nah, mari kita kenali beragam jenis lampu utama mobil yang kini banyak diterapkan pabrikan maupun yang banyak beredar di pasaran. Dan perlu diketahui, jenis lampu yang berbeda menghasilkan intensitas cahaya yang berbeda pula.

1. Halogen

Jenis lampu ini paling populer dan banyak digunakan pada mobil. Selain harganya paling terjangkau, lampu halogen mudah diaplikasikan pada mobil-mobil zaman dulu dan mobil keluaran terbaru. Kelebihan lain, lampu halogen lebih bersahabat terhadap visibilitas di kondisi hujan dan berkabut.

>>> Visibilitas Terganggu, Ini Penyebab Headlamp Berembun

Kekuatan yang dihasilkan oleh lampu halogen ini berkisar antara 35-55 watt dengan intensitas cahaya rendah berwarna kuning (3.000 Kelvin) hingga intensitas cahaya tinggi berwarna putih (5.000 Kelvin).

Lampu halogen memiliki cara kerja dengan mengoperasikan filamen pada suhu tinggi. Karena  lampu halogen ini menggunakan filamen seperti lampu pijar pada umumnya, dalam pengoperasian filamen ini dapat menghasilkan cahaya atau pijar yang lebih terang.

Foto menunjukkan mobil dengan lampu halogen

2. HID (High Intensity Discharge)

Sesuai dengan namanya HID (High Intensity Discharge) memiliki intensitas cahaya lebih terang. Lampu ini berada satu tingkat di atas Halogen. Berbeda dengan Halogen yang mengoperasikan filamen pada suhu tinggi, lampu HID tidak memiliki filamen. Cahaya yang ada dihasilkan dari pengapian gas Xenon yang berada di dalam tabung. Meski demikian cahaya yang dihasilkan lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen.

3. LED (High Emitting Diodes)

Berikutnya adalah lampu LED (High Emitting Diodes) yang sudah sangat populer dipakai sebagai penerangan ruangan rumah, untuk aksesoris audio, hingga digunakan pada rem dan pelat nomor kendaraan bermotor.

Sekarang, lampu LED sudah diadopsi dan diterapkan pada lampu utama mobil. Beberapa keunggulan yang dimiliki antara lain intensitas cahaya yang dihasilkan lebih terang dari lampu HID dengan daya yang lebih kecil. Selain lampu LED memiliki daya tahan yang sangat baik sehingga bisa dipakai hingga waktu lama.

>>> Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan

Foto Lampu utama BMW menggunaan LED

Lampu LED semakin umum dipakai pada mobil

Saat ini ada bermacam-macam lampu LED, seperti

  • LED Limited, biasa digunakan sebagai lampu utama karena memiliki daya yang tinggi.
  • LED Cree, merupakan lampu tambahan yang biasa digunakan pada rem dan juga sebagai sein.
  • LED COB (chip and board), lampu ini merupakan susunan deretan chips dalam satu papan, dan biasa digunakan sebagai lampu kabin platform.

Dari ketiga jenis lampu utama mobil di atas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun satu yang pasti, semakin canggih jenis lampu semakin rumit teknologinya. Bagi kita yang tidak mengetahui seluk belum perlampuan dan sistem kelistrikan mobil secara detail, sebaiknya jangan coba-coba mengotak-atik sendiri.

Serahkan kepada ahlinya saat terjadi masalah, yaitu bengkel spesialis atau bengkel resmi untuk mendapat penanganan yang baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    05/08/2020| Abdul

    Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    Bumper mobil memiliki beragam fungsi dan terdapat beberapa jenis dengan bahan berbeda. Bumper mobil merupakan salah satu komponen mobil yang kerap kali rusak karena tersenggol batu atau aspal saat melewati jalan yang rusak. Jika begitu maka memperbaiki bumper mobil rusak perlu dilakukan.

  • Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    29/07/2020| Fatchur Sag

    Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment masih berlaku di seluruh diler Suzuki untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan yang berkunjung.

  • Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    14/07/2020| Abdul

    Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    Asuransi merupakan lembaga yang menjaga dan melindungi nilai suatu kendaraan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini asuransi seperti menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi resiko mobil terbakar karena kejahatan bisa saja terjadi.

International