Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

24/11/2020| Abdul

Jalan tol menjadi salah satu jalur favorit saat ini. Kemudahan dan kenyamanan ditawarkan, namun para pengemudi harus membayar saat melintasinya. Bahkan ketika menuju ke suatu tempat yang diinginkan bisa membuatnya sampai tujuan lebih cepat. Meskipun begitu, terdapat  yang perlu diperhatikan.

Meskipun tampak mudah, namun saat melaju di jalan tol bulan perkara yang mudah dilakukan. Apalagi melaju di jalan tol berbeda dengan jalur umum, karena kecepatan mobil terdapat batas minimal dan maksimal yang umumnya mobil akan melaju dengan kencang.

Berikut ini merupakan beberapa modal saat mengemudi mobil di jalan tol yang perlu dimiliki oleh para pengendara.

1. Keterampilan Dalam Mengendalikan Emosi

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi pria sedang emosi

Emosi tidak akan menyelesaikan masalah apapun

>>> Baca Juga, Kecelakaan di Jalan Tol, Antara Performa dan Pelanggaran Lalu Lintas

Hal pertama yang perlu dimiliki oleh pengemudi saat berada di jalan tol adalah keterampilan dalam mengendalikan emosinya. Jika dapat melakukannya dengan baik maka keputusan yang diambil akan bijak dan tujuan utama keputusannya adalah keselamatan dan kenyamanan semua pengguna jalan tol.

Pada saat mempunyai keterampilan untuk mengendalikan emosi maka dalam mengambil keputusan bisa dilakukan dengan renang. Salah satu misalnya adalah saat terdapat kendaraan lain yang memotong jalurnya maka tidak emosi yang biasanya buat pengemudi mengejarnya. Hal selanjutnya adalah pengemudi akan sadar terhadap pentingnya seat belt dan menjaga jarak antar kendaraan serta selalu waspada dengan kondisi sekitar jalan. Selain itu, aturan di jalan tol juga akan dipatuhi seperti melaju dengan kecepatan yang direkomendasikan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Keterampilan Dalam Mengemudikan Mobil

Gambar ini menunjukkan kaca mobil terlihat kendaraan lain sedang melaju

Untuk mendapatkan keterampilan bisa melalui kursus atau belajar dari orang yang berpengalaman

>>> Baca juga, Mengemudi Mobil Di Jalan Tol Saat Hujan Lebat, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Adapun modal saat mengemudi mobil di jalan tol selanjutnya adalah ketrampilan dari pengemudi itu sendiri. Berbeda dengan menjaga emosi, dalam hal ini hubungannya adalah dengan teknis dalam mengendalikan mobil. Pengemudi perlu untuk menguasai teknik dalam mengendalikan mobilnya dengan baik. Tujuannya adalah supaya bisa merespons dalam semua kondisi dan melakukan langkah yang tepat.

Adapun skill dasarnya bisa didapatkan pada saat melakukan kursus mengemudi yang telah disesuaikan dengan kualifikasi dari pihak pemerintah. Selain itu juga bisa mengambil pengalaman kepada pengendara lainnya yang mempunyai jam terbang tinggi dan memiliki kompetensi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Menjaga Kondisi Mobil Tetap Maksimal

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik sedang memeriksa mesin mobil

Lakukan servis berkala secara rutin sesuai rekomendasi pihak pabrikan

Saat emosi bisa dilakukan dengan baik dan mempunyai skill berkendara yang kompeten dan profesional, salah satu peranan penting dalam berkendara adalah kondisi kendaraan. Dengan kondisi kendaraan yang baik dan prima membuat perjalanan bisa aman. Adapun salah satu contohnya adalah sistem pengereman, jika kurang pakem maka dapat beresiko menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Begitupun saat plat kopling aus maka ketika menanjak akan sulit melakukan stop and go dan saat berjalan mundur akan sangat membahayakan bagi pengguna jalan lain.

Jadi dalam modal saat mengemudi mobil di jalan tol yang terakhir ini bisa dilakukan dengan melakukan perawatan berkala pada kendaraannya. Bila sudah ada yang mengalami keausan segera dilakukan penggantian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International