Mengemudi Mobil Di Jalan Tol Saat Hujan Lebat, Ini Yang Perlu Diperhatikan

05/11/2020| Abdul

Jalan tol menjadi salah satu rute yang paling banyak diminati oleh pengguna mobil. Hal tersebut karena perjalanan lebih cepat dan lebih nyaman. Meskipun begitu, para pengendara tidak boleh mengemudi dengan seenaknya di jalan tol. Jadi ada hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil di jalan tol terutama ketika turun hujan lebat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Kelengkapan Pada Kendaraan

Ketika melaju di jalan tol dengan kondisi turun hujan maka membutuhkan kinerja yang baik pada beberapa komponen. Jadi pengemudi harus memastikan semuanya berfungsi dengan baik seperti wiper, lampu utama, lampu sein dan fog lamp.

Begitupun dengan aki mobil, mengingat saat hujan cukup banyak perangkat di dalam mobil yang bekerja seperti audio, AC dan lainnya. Bila dirasa ada kelengkapan kendaraan yang kinerjanya kurang baik, saat hujan turun dengan deras lebih baik untuk menepi di rest area untuk beristirahat.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan tol dalam  kondisi hujan

Saat hujan deras perangkan dan fitur diharapkan bekerja dengan baik

>>> Baca Juga, Kecelakaan di Jalan Tol, Antara Performa dan Pelanggaran Lalu Lintas

2. Drainase Jalan Tol

Selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil di jalan tol adalah sistem drainase ketika melintasi genangan air. Yang dibutuhkan oleh pengendara adalah untuk tetap waspada selama perjalanan. Oleh sebab itu ketika turun hujan kecepatan mobil perlu diturunkan untuk membuat resiko ban mobil kehilangan grip dapat berkurang.

Adapun contohnya adalah saat melaku di 100 km/jam maka bisa menurunkannya sampai 80 km/jam atau disesuaikan dengan kondisi jalanan. Tujuan menurunkan laju kendaraan adalah supaya ban lebih banyak waktu dalam menghilangkan lapisan air yang menjadi penghalang bagi ban mobil dalam menapak yang bisa membuat traksi hilang.

Selain itu, dengan laju mobil yang  lebih pelan dapat mempunyai banyak waktu dan lebih leluasa dalam memantau kondisi jalanan. Sehingga saat  ada genangan air bisa mengambil tindakan dan menghindar dengan aman.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil yang melaju di genangan air

Kurangi laju kendaraan saat menemui genangan air atau saat hujan deras

>>> Ini 3 Pelanggaran Lalu Lintas Paling Banyak Dilakukan Pengguna Jalan Tol

3. Ban Kurang Layak

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya saat mengemudi mobil di jalan tol dalam kondisi hujan deras adalah ban mobil. Ban mobil juga memiliki batas dalam membuang air. Kondisi tersebut ada kaitannya dengan tekanan angin dan keausan dari ban mobil. Apabila tingkat keausan ban tidak merata, maka bisa membuat salah satu ban mobil daya cengkramnya mempunyai perbedaan dengan ban lain pada mobil.

4. Perilaku Dalam Berkendara

Selain beberapa faktor di atas, perilaku berkendara juga perlu diperhatikan. Selama mengoperasikan kendaraan pengemudi harus tetap fokus terhadap jalanan dan tidak boleh mengerjakan sesuatu yang bisa mengganggunya seperti bermain ponsel. Jangan melakukan manuver secara mendadak apalagi menggunakan sudut belok yang tajam. Jika melakukannya beresiko membuat traksi pada ban hilang sehingga mobil akan seperti meluncur di atas es.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pengemudi mobil memegang ponsel

Jaga konsentrasi terhadap jalan dan jangan teralihkan oleh hal lain

Saat turun hujan mobil juga perlu diperlakukan dengan halus. Dalam menginjak pedal juga dilakukan dengan bertahap dan tidak mengerem dengan keras atau mendadak. Dengan melihat hal tersebut, diharapkan pengemudi dapat mengemudi mobil di jalan tol dengan lebih waspada dan hati-hati terutama saat turun hujan yang lebat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?

International