Hati-Hati, Ini Masalah Di Jalan Tol Yang Bisa Saja Terjadi

14/12/2019| Abdul

Saat ini jalan tol bisa dikatakan menjadi jalan utama bagi kendaraan roda 4 dan lebih. Apalagi bagi seseorang yang sering bepergian ke luar kota, tentunya mengambil jalur yang lebih cepat yakni jalan tol. Namun bagi pengendara diharapkan untuk selalu waspada dengan masalah di jalan tol yang sering terjadi.

Daripada penasaran, berikut ini beberapa masalah yang kerap menghantui pengendara saat melintasi di jalan tol.

Masalah saat melintasi di jalan tol

1. Muncul Rasa Kantuk

Saat mengemudi mobil dan muncul rasa kantuk bisa sangat berbahaya jika dipaksakan terus berkendara. Akan tetapi seseorang yang mengemudi di jalan tol dengan jarak cukup jauh maka akan muncul rasa kantuk dengan mudah. Hal tersebut karena  jalan tol mempunyai jalur panjang dan juga dibuat lurus sehingga membuat pengemudi harus mengendalikan mobilnya secara monoton.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita mengemudi mobil sambil menguap

Saat mengemudi di jalan tol akan mudah timbul rasa kantuk

>>> Ini 3 Pelanggaran Lalu Lintas Paling Banyak Dilakukan Pengguna Jalan Tol

Adapun rasa kantuk yang menyerang saat berada di jalan tol merupakan microsleep. Yang mana maksudnya adalah seseorang tertidur dalam waktu sepersekian detik saja. Meskipun hanya sesaat saja, namun ketika menyerang pengemudi maka akibatnya bisa jadi fatal.

2. Ban Mobil Pecah

Ban mobil berhubungan langsung dengan permukaan jalan sehingga kinerjanya sangat keras. Masalah Di jalan tol yang bisa saja terjadi adalah ban mobil yang pecah. Hal tersebut dikarenakan ban mempunyai tekanan angin yang tidak tepat, hal tersebut bisa jadi karena tidak melakukan pemeriksaan sebelum mengemudikan mobil.

3. Mengemudi Mobil Dengan Ugal - Ugalan

Jalan tol memang disebut juga sebagai jalur tanpa hambatan. Alasannya bukan karena bisa digunakan untuk memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal, akan tetapi perjalanan yang ditempuh menjadi lebih cepat.

Namun tak jarang saat berkendara di jalan tol kita menemui pengemudi yang ugal-ugalan dan menjadikan jalan tol sebagai ajang balap. Pengemudi memacu mobilnya sampai kecepatan maksimum. Padahal hal tersebut tidak disarankan karena pengguna jalan tol sangat banyak, jadi patuhilah peraturan jalan tol seperti batas kecepatan berkendara.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan tol

Jalan tol menjadi salah satu jalur cepat untuk menuju tempat yang dituju

>>> Baca Juga, Belajar Dari Dua Kecelakaan Berturut-turut di Jalan Tol, Jangan Menyalip Melalui Bahu Jalan

Bahkan pengendara ugal - ugalan tersebut berpindah jalur dengan tenangnya tanpa menyalakan lampu sein. Tidak jarang pula mendahului kendaraan lain dengan menggunakan bahu jalan. Jika menemui pengendara model begini sebaiknya jangan terpancing emosi dan tetap berkendara dengan tertib dan patuh lalu lintas.

Tips berkendara di jalan tol

Selain informasi masalah di jalan tol yang kerap terjadi, kami berikan juga sedikit tips untuk berkendara dengan aman saat berada di jalan tol.

1. Menjaga Jarak Aman

Saat mengemudi mobil di jalan tol sebaiknya menjaga jarak dengan pengendara lain. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya tabrakan beruntun saat ada yang melakukan pengereman secara mendadak. Jarak yang direkomendasikan sekitar 10 sampai 20 meteran, namun bagi Sobat yang masih baru mengemudi mobil bisa menggunakan teknik jarak 3 detik dengan kendaraan depan.

2. Tetap Terjaga Dan Jangan Melamun Serta Usir Rasa Kantuk

Jalan tol yang lurus dan kondisinya yang mulus bisa membuat perjalanan jadi terlen. Hasilnya akan timbul rasa kantuk saat berkendara. Oleh sebab itulah konsentrasi diperlukan dan jangan melamun, untuk mengusir rasa kantuk bisa mengandalkan kopi atau hal lainnya yang dipercaya sangat efektif.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan jalan tol dan terdapat 2 mobil di depannya

Jika baru melewati jalan tol gunakan jalur lambat

3. Menggunakan Jalur Lambat

Apabila saat berada di jalan tol ada keraguan karena pengendara lain melaju dengan cepat, maka untuk menghindari masalah di jalan tol yang kerap terjadi bisa mengandalkan jalur lambat. Jalur lambat ini berada di sebelah kiri, karena untuk yang kanan adalah jalur cepat untuk menyalip.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.