Hati-hati, Barang Berharga Di Mobil Bisa Memancing Tindak Kejahatan

27/12/2018 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Memakai perhiasan berlebih, membawa handphone, laptop atau uang dalam jumlah besar di dalam mobil bukanlah keputusan bijak. Penampakan barang berharga tersebut sering kali memancing tindak kejahatan orang tak bertanggung jawab. Lalu, bagaimana cara untuk menghindari jikalau piranti-piranti tersebut memang benar-benar dibutuhkan?

Keselamatan berkendara tidak melulu terhindar dari kecelakaan. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah terhindar dari tindak kejahatan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab. Salah satunya dilarang keras bagi pengedara memancing-mancing tindak kejahatan mereka. Seperti kita tahu dan sering kita dengar, kejahatan terjadi terkadang tidak diniati sejak awal, tapi karena ada kesempatan.

Foto kaca mobil dipecah penjahat

Kejahatan pecah kaca, hanya untuk mengambil barang berharga dalam mobil

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk liburan, mudik atau menengok saudara dan harus menempuh perjalanan cukup jauh dengan mobil, sebaiknya Anda perhitungkan pula hal ini. Tak perlu membawa barang-barang berharga yang bisa menarik perhatian penjahat seperti perhiasan yang berlebihan, handphone, laptop atau barang berharga lain yang tidak benar-benar dibutuhkan.

"Kita memang tak bisa memperkirakan kapan tindak kriminal terjadi, tapi bisa menghindarinya. Maka ketika berpergian jauh atau mudik di libur natal dan tahun baru 2019 hindari perilaku yang dapat menarik perhatian pelaku tindak kriminal," tutur Jusri Pulubuhu, Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) sebagaimana dikutip dari detikOto, Rabu (26/12/2019). "Seperti, membawa barang berlebih sampai pakai roof rack, pakai perhiasan mencolok (berlaku untuk pengemudi dan penumpang), dan lain sebagainya. Sebab kita tidak tahu, kan bisa saja mereka mengikuti saat kita mulai keluar jalur utama," lanjutnya.

>>> Hati - Hati! Beberapa Modus Kejahatan di Jalan Ini Bisa Terjadi

Foto artis India pakai perhiasan berlebihan dan mencolok

Pakai perhiasan mencolok berlebihan, sama saja bersiap jadi korban kejahatan

Kalau terpaksa harus dibawa sebab sangat dibutuhkan seperti laptop, kamera, smartphone untuk keperluan kerja, usahakan agar barang-barang tersebut tidak menarik perhatian. Persiapkan sejak akan berangkat untuk menyimpannya tanpa mencolok seperti dibungkus kain, dus makanan dan letakkan di bagian dalam mobil yang agak sulit terlihat. Jangan meninggalkan begitu saja di kursi depan maupun belakang saat Anda meninggalkan mobil. Meski hanya dalam waktu sebentar, barang berharga bawaan Anda bisa saja disasar para penjahat.

"Lebih baik dipaketkan, ketimbang kita bawa sendiri karena ada risiko keselamatan lain," kata Jusri menyarankan.

Bahkan bisa jadi lebih berisiko jika barang berharga yang Anda bawa adalah uang tunai dalam jumlah besar. Tidak hanya uangnya diincar penjahat, Anda juga bisa saja jadi korban seperti disandera, disekap, dilukai hingga mungkin kehilangan nyawa demi memuluskan tindak kejahatan mereka. Lebih baik bawa uang cash secukupnya, sedangkan sisanya Anda masukkan ke rekening tabungan yang bisa diambil pada saat dibutuhkan melalui ATM terdekat di daerah tujuan.

Sekali lagi hati-hati, barang berharga di mobil bisa memancing tindak kejahatan orang lain.

>>> Bikin Mobil Anti Maling, Berikut 9 Alat Pengaman Terbaik Yang Bisa Dipilih

Foto petugas bank sedang menghitung uang

Simpan di bank dan bawa uang secukupnya biar lebih aman

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca