Bikin Mobil Anti Maling, Berikut 9 Alat Pengaman Terbaik Yang Bisa Dipilih

20/11/2018| Fatchur Sag

Foto penjahat mobil sedang beraksi

Tindak kejahatan bisa datang kapan pun dan dimana pun

Harga yang relatif mahal hingga ratusan juta rupiah membuat mobil identik dengan kekayaan. Orang punya mobil hampir selalu dianggap berkecukupan bahkan dibilang kaya. Meski tidak selalu benar, anggapan tersebut tak bisa lepas begitu saja. Makin mahal mobil yang dimiliki, makin dianggap kaya pula pemiliknya. Hal ini yang kemudian 'mengundang' hasrat orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kriminal.

Kasus pencurian mobil atau pencurian barang-barang yang tertinggal dalam mobil selalu menghiasi media. Pencurian juga tak pandang tempat dan waktu, dimana dan kapanpun bisa terjadi. Meski pemilik merasa sudah mengunci mobil, nyatanya pencurian tetap terjadi.

Terlepas dari nasib apes atau sedang tidak 'bejo', upaya untuk meminimalisir tindak kejahatan mutlak diperlukan. Meski pabrikan sudah memberikan fitur pengamanan yang lebih baik untuk mobil-mobil saat ini, tak ada salahnya mencari cara lain untuk meningkatkan keamanan dengan memberikan alat tambahan. Ada berbagai alat pengaman tambahan yang bisa dipilih baik yang biasa hingga yang dilengkapi teknologi canggih.

Berikut 9 alat pengaman mobil terbaik yang bisa dipilih untuk meminimalisir tindak kejahatan seperti pencurian dan yang lain.

1. Kunci setir

Foto setir terkunci dengan tongkat pengunci

Kunci setir mencegah pergerakan kemudi

Inti dari kunci pengaman mobil anti maling adalah mencegah pergerakan kemudi. Ada banyak model kunci stir mobil di pasaran seperti mencengkeram setir, diganjal pada dashboard, dikaitkan dengan pedal kopling atau pedal gas dan yang lain. Semuanya berfungsi agar stir kemudi tidak bisa digerakkan sehingga pencuri harus berpikir ulang untuk membawa kabur mobil.

>>> Peringati Ulang Tahun ke-50 Hot Wheels, MOMO Perkenalkan Setir Spesial Edisi Terbatas

2. Kunci Roda

Foto roda mobil dikunci saat parkir

Bagaimana roda bisa berputar kalau terkunci

Kunci Roda atau Lock Theft Lock dipasang dengan cara dikaitkan pada velg mobil sehingga roda mobil lumpuh tidak bisa berputar. Material terbuat dari baja keras sehingga tidak mudah dihancurkan atau dibengkokkan. Cocok digunakan saat parkir di tempat umum yang terlihat banyak orang sehingga pelaku kejahatan yang sudah mengincar bakal merasa sungkan.

3. Alarm Mobil

Foto seorang gunakan alarm mobil

Bunyi alarm bikin penjahat tidak tenang dalam beraksi

Bunyian keras pada mobil cukup jadi isyarat bahwa mobil sedang diganggu. Tanda peringatan ini biasanya diserta lampu-lampu yang menyala berkedip-kedip, bunyi klakson tak henti-henti atau sinyal pada smartphone. Ada baiknya untuk alarm dihubungkan dengan speaker mobil, antisipasi manakala kabel klakson diputus alart tetap berbunyi.

4. Immobilizer

Immobilizer system pada mobil

Immobilizer pengaman mobil yang mengandalkan teknologi

Khusus untuk mobil yang sudah dilengkapi sistem kontrol elektronik, Immobilizer bisa jadi pilihan utama pengaman mobil terbaik. Karena kinerjanya dilakukan dengan mencocokkan kode kunci mobil dengan perangkat pada mobil, maka mobil tidak bisa dihidupkan kalah kode yang dimasukkan salah.

>>> Mengetahui Perbedaan Smart Entry Key dan Immobilizer Pada Mobil

5. Chip

Foto chip sensor alat pengaman mobil

Chip pengaman mengandalkan sistem sensor

Alat pengaman mobil yang lain adalah chip yang mengandalkan sistem sensor. Bisa dipasang dikontak mobil sehingga kalau ada yang mencoba mengotak atik, alarm bakal berbunyi keras. Chip sensor juga bisa dipasang di kap sehingga kalau ada yang jail membuka paksa kap mobil alarm bakal berbunyi keras. Salah satu jenis chip sensor paling disuka adalah sensor getar. Manakala terjadi getaran, alarm akan berbunyi dan menjadi peringatan kalau mobil sedang diganggu.

6. Sling

Foto tali sling terbuat dari baja kuat

Butuh perjuangan besar untuk memutus tali baja

Sling atau tali baja bisa jadi alternatif alat pengaman mobil yang bisa dipilih karena sifatnya yang kuat dan tidak mudah diputus. Alat ini biasanya dilengkapi dengan pengait pendek dan dikombinasi dengan gembok besar seperti yang digunakan pada mobil-mobil boks.

7. Pemutus listrik

Foto saklar pemutus arus listrik

Putuskan sistem listrik, mobil tak bakal bisa dinyalakan

Pasang saklar rahasia pemutus aliran listrik mobil. Saat sudah parkir, aktifkan saklar rahasia ini. Maka listrik yang bersumber dari aki bakal putus dan tentu saja mobil tidak bisa dihidupkan. Alat ini bisa dibilang cukup efektif membuat pencuri membatalkan aksinya sebab tak ingin terlalu lama dalam mobil hanya untuk mencari cara menghidupkan mesin.

8. Sekring

Foto saklar mobil on off arus listrik

Kotak sekring terletak di sebelah kanan mobil

Sekring punya peranan penting dalam sistem kelistrikan mobil sekaligus bisa jadi cara alternatif mengamankan mobil dari tindakan pencurian. Cari yang warna biru dan cabut maka mobil tidak bisa dihidupkan.

>>> Mengetahui Cara Membaca Kode Aki Mobil Dengan Mudah

9. Global Positioning System (GPS)

Foto GPS mobil menggunakan perangkat smartphone

GPS untuk mengetahui lokasi mobil berada

Sesuai dengan namanya, GPS atau Global Positioning System berfungsi melacak keberadaan mobil dengan memanfaatkan sistem satelit. Dimanapun mobil berada satelit bakal mengirimkan data koordinat sehingga mobil bisa diketemukan.

Secara 9 alat pengaman di atas memang tidak seratus persen menjamin mobil seratus persen aman dari maling. Tapi paling tidak alat-alat tersebut bakal bikin pencuri berpikir dua kali untuk meneruskan aksinya dan mobil lebih aman.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.