Hati - Hati! Beberapa Modus Kejahatan di Jalan Ini Bisa Terjadi

31/07/2018 Abdul Pengemudian mobil

Berkendara menggunakan Mobil pribadi memang merupakan sesuatu yang menyenangkan. Apalagi ditemani oleh keluarga tercinta untuk pergi liburan atau hanya sekedar jalan-jalan. Namun perlu diketahui, bukan berarti dengan menggunakan kendaraan pribadi terjamin aman 100%. Selain faktor dari kendaraan dan pengemudi, faktor lain yang perlu menjadi perhatian adalah kriminalitas di jalan. Terdapat modus kejahatan di jalan yang dilakukan penjahat untuk mengambil barang berharga milik pengendara.

Modus kejahatan di jalan memang perlu diwaspadai, karena kadang ada pula para penjahat yang tidak segan melukai bahkan membunuh korbannya. Oleh sebab itu perlu meningkatkan rasa hati-hati selama perjalanan terutama di jalan yang terlihat sepi.

Berikut ini merupakan modus kejahatan di jalan yang kerap dilakukan untuk mengambil barang berharga milik pengendara.

1. Melempar tepung atau telur di kaca depan

Salah satu teknik yang dilakukan penjahat adalah melempar tepung atau telur yang diarahkan menuju kaca depan Mobil. Tentunya hal ini sangatlah berbahaya karena dapat mempengaruhi daya pandang pengemudi terhadap jalan. Apabila ada yang mengalaminya sebaiknya jangan langsung menyalakan wiper.

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil warna biru yang sedang terparkir dengan kaca depan terdapat kotoran gandum

Jangan aktifkan wiper saat kaca depan dilempar tepung atau telur

Pada saat terdapat tepung atau telur di kaca depan sebaiknya jangan terburu-buru menyalakan wiper. Hal tersebut dikarenakan saat dilakukan penyekaan menggunakan wiper malah akan mengental seperti susu dan menempel pada kaca. Dengan begitu pandangan malah tertutupi secara menyeluruh dan sangat berbahaya.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya membuka jendela pengemudi untuk mengintip dan melihat jalan jika pandangan tertutupi. Setelah itu carilah tempat yang aman untuk menepi seperti restoran atau tempat ramai yang terang dan tidak mencurigakan untuk melakukan pembersihan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru dan terlengkap yang diulas oleh Cintamobil.com

2. Menebar paku di jalan

Modus kejahatan di jalan yang satu ini paling kerap terjadi di jalanan. Bahkan dalam menebar paku tidak hanya dilakukan di tempat sepi saja, kadang di tempat ramai juga berani melakukannya. Mungkin bagi pemakai ban tubeless merasa lebih aman, namun ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Para penjahat memiliki cara tersendiri untuk membuat ban tubeless segera mengempis.

Gambar ini menunjukkan sebuah ban yang bagian tengahnya terkena paku

Cari tempat pemberhentian yang aman saat ban Mobil kempes

Untuk mengatasi masalah ini dan bisa sebagai langkah waspada adalah dengan memantau area sekitar. Carilah tempat yang dirasa aman seperti kantor polisi, pos roda dan tempat yang ramai untuk menepikan kendaraan dan dilakukan pergantian ban. Selain itu, jangan lupa untuk mengunci pintu Mobil saat akan keluar untuk mengganti ban.

Akan tetapi jika dirasa tidak ada tempat yang aman, maka jalan satu-satunya adalah mengajaknya berjalan meskipun dalam keadaan ban kempes. Karena dinding pada ban Mobil biasanya mempunyai kekuatan untuk diajak berjalan sampai menemukan tempat aman meskipun tanpa angin.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

3. Menabrakkan kendaraan

Modus kejahatan yang terakhir adalah menabrakkan kendaraan. Memang untuk jaman sekarang sudah jarang dilakukan, namun tidak ada salahnya untuk berhati-hati. Apalagi jiwa sosial masyarakat Indonesia semakin kesini semakin meningkat, maka cara ini sudah jarang dilakukan. Untuk modus ini biasanya para penjahat mencari target dan menabraknya dengan harapan pengendara keluar untuk melakukan pengecekan pada mobilnya.

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil warna hitam penyeok bekas ditabrak dari samping

Modus tabrakan dari samping bertujuan merampas barang berharga pengendara saat keluar Mobil

>>> Mungkin tertarik, Waspada, Ketahui Titik Bahaya Di Jalan bagi kendaraan Untuk Keselamatan Berkendara

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa keadaan sekitar, jika dirasa aman dan ramai Anda bisa keluar untuk melihat kerusakan. Selain itu jangan sampai terbawa emosi dan segera keluar memarahi hingga sampai bertindak kasar, karena mengutamakan nyawa lebih penting. Apabila terpaksa harus keluar jangan lupa mengunci pintu untuk menghindari teman penjahat masuk mengambil barang berharga di dalam Mobil. Apabila ternyata pelaku melarikan diri, Anda bisa beristirahat sebentar dan mengingat kendaraan yang dibawa dan juga plat nomor kendaraan yang digunakan pelaku.

Sebaiknya lebih berhati-hati saat berkendara sendiri di jalanan yang terlihat sepi agar terhindar dari modus kejahatan di jalan. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di Cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • 5 Poin Penting Buat Pengemudi Mobil Transmisi Otomatis
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    5 Poin Penting Buat Pengemudi Mobil Transmisi Otomatis

    16/10/2018

    Beda karakter transmisi otomatis dengan manual, beda juga cara mengoperasikan. Secara garis besar mengemudi mobil transmisi otomatis memang lebih mudah karena tangan tak perlu melakukan perpindahan gigi. Meski demikian ada hal penting dan mendasar yang wajib diketahui pengemudi agar pengemudian menjadi enak dan tak berpotensi kecelakaan.

  • Smart Intersection dari Honda Siap Kurangi Kecelakaan di Persimpangan
    Pengemudian mobil Padli Nurdin

    Smart Intersection dari Honda Siap Kurangi Kecelakaan di Persimpangan

    14/10/2018

    Banyaknya kecelakaan yang terjadi di persimpangan membuat Honda mulai mengembangkan teknologi keselamatan baru, yaitu Smart Intersection untuk menghindari kejadian buruk selama melintas di persimpangan.

  • Ingat, Di 6 Kondisi Ini Anda Harus Memperlambat Kendaraan!
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Ingat, Di 6 Kondisi Ini Anda Harus Memperlambat Kendaraan!

    12/10/2018

    Jalanan lebar dengan lalu lintas lengang memang menyenangkan buat memacu kendaraan, tapi itu bukan keputusan yang bagus. Selain berpotensi melanggar batas kecepatan, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi menghadapkan diri pada risiko yang sangat fatal manakala terjadi kecelakaan. Yang terbaik buat pengemudi adalah melaju dengan kecepatan yang dianjurkan dan memperlambat kendaraan pada kondisi-kondisi tertentu.