Goodyear: 49 Persen Pengemudi Usia Muda Tak Memahami Fitur TPMS

09/02/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Sebuah survei mengungkap pengemudi usia muda yang didominasi Gen Z dan kaum milenial kurang memahami fitur TPMS atau Tire Pressure Monitoring Sistem. Mereka lebih mudah memahami bahasa-bahasa alay dan emoji populer dari pada memperhatikan fitur keselamatan tersebut.

Foto Fitur TPMS pada Wuling Cortez

Fitur TPMS untuk memantau tekanan angin ban

Salah satu dari banyak hal memprihatinkan terkait perilaku pengemudi usia muda adalah kurangnya memahami fungsi dan makna fitur pemantau tekanan ban TPMS (Tire Pressure Monitoring Sistem) di dashboard mobil. Hal ini menjadi salah satu pemicu sejumlah kasus kecelakaan yang disebabkan masalah ban.

Sebuah survei* dilakukan produsen Goodyear Auto Service dan Just Tires bersama Just Tyres terkait masalah ini. Dari 1.000 pengemudi asal Amerika yang dilibatkan dalam penelitian ini. Hasilnya, 49 persen pengemudi usia muda dan 39 persen pengemudi keseluruhan kurang memahami dan memperhatikan fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring Sistem). Mereka tidak mengerti apa makna simbol tersebut ketika menyala dan apa yang harus dilakukan. Walhasil, mereka memilih tidak menggubris meski itu adalah peringatan terhadap keselamatan.

>>> Mengapa Tekanan Angin Ban Mobil Harus Pas? Baca di sini ulasannya!

Info grafis hasil survei seputar fitur TPMS

Survei menunjukkan pengemudi usia muda kurang mengerti fitur TPMS

Goodyear Auto Service dan Just Tires memberikan sedikit gambaran lampu indikator fitur TPMS biasanya menyala saat ada masalah pada ban seperti ban tertusuk, ban bocor karena kerusakan velg, dan suhu yang berfluktuasi seiring perubahan musim. Tekanan ban yang tidak tepat dapat menyebabkan treadwear tidak merata, jarak tempuh pemakaian berkurang alias ban tidak awet.

"Tidak ada yang tahu ban seperti Goodyear, dan jika lampu TPMS menyala atau Anda ingin tahu apakah sudah waktunya mengganti ban Anda, Goodyear Auto Service dan Just Tyres memiliki pengetahuan dan keahlian untuk membantu menjaga mobil Anda tampil optimal musim dingin ini dan seterusnya, “ tutur Fred Thomas, Vice President and General Manager Goodyear Retail.

So, Goodyear Auto Service dan Just Tires menyarankan agar semua pengemudi termasuk pengemudi usia muda memperhatikan indikator TPMS, melakukan pemeriksaan ban secara berkala setiap bulan atau bersamaan saat servis.

>>> Tidak Banyak Yang Tahu Apa Fungsi Ban Sebenarnya, Ini Dia Fungsinya

Foto mobil dengan Ban Goodyear

Ban harus dipastikan dalam keadaan terbaiknya

*) Survey dilakukan Zeno Research & Insights melibatkan 1.075 orang dewasa AS berusia 18+ yang memiliki SIM dan akses ke kendaraan. Survei dilakukan pada 24-25 Oktober 2018 dan memiliki margin kesalahan +/- 3 poin persentase.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Menempel Stiker Di Kaca Depan, Pengemudi Bisa Kena Denda Rp 17 Jutaan
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Menempel Stiker Di Kaca Depan, Pengemudi Bisa Kena Denda Rp 17 Jutaan

    22/08/2019

    Menempel stiker di kaca depan mobil bukan hal aneh bagi para pengendara. Tapi di Inggris hal tersebut bisa jadi masalah. Alih-alih tambah keren, pemilik mobil yang ketahuan pasang stiker di kaca depan bisa didenda hingga 1.000 Poundsterling atau setara Rp 17,2 juta.

  • Beda Fungsi Fog Lamp dan DRL, Penting Mana?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Beda Fungsi Fog Lamp dan DRL, Penting Mana?

    21/08/2019

    Ada banyak jenis lampu pada mobil dari yang wajib seperti head lamp, sein, dan lampu rem, hingga yang tidak wajib seperti fog lamp (lampu kabut), Daytime Running Light (DRL), high mount stop lamp hingga Mirror Turn Signal Lights atau lampu sein pada spion. Masing-masing memiliki fungsi dan manfaat sendiri. Fog lamp dan DRL tidak perlu dinyalakan bebarengan karena keduanya beda fungsi. Lalu mana yang lebih penting menyalakan fog lamp atau DRL?

  • Ini Kendaraan Yang Tidak Terpengaruh Aturan Ganjil Genap
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Ini Kendaraan Yang Tidak Terpengaruh Aturan Ganjil Genap

    09/08/2019

    Selain membatasi usia mobil yang boleh beredar di Jakarta, Instruksi Gubernur (InGub) DKI, Anies Baswedan soal pengendalian kualitas udara juga mengatur volume kendaraan yang melintas dengan sistem ganjil genap. Hanya saja tidak semua kendaraan terkena aturan ini, ada beberapa kendaraan yang tidak terpengaruh aturan ganjil genap sehingga bebas melintas di kawasan manapun.