Mengapa Tekanan Angin Ban Mobil Harus Pas?

27/10/2018| Arfian Alamsyah

Tampak Sebuah Ilustrasi Tekanan ban

Tekanan angin tiap mobil berbeda, paling mudah lihat saja stiker dibalik pintu atau di pilar B

Kondisi Tekanan Angin Ban Berlebihan

Tampak Kondisi Ban dalam mobil

Inilah alasan mengapa tekanan angin ban harus pas

Trik ini kerap dilakukan pengemudi taksi atau angkutan umum. Menaikkan tekanan ban akan mengurangi rolling resistance dari ban itu sendiri (konsumsi BBM jadi irit). Juga akan meningkatkan kemampuan mengangkut beban,namun padahal kenyamanan berkendara akan berkurang karena ban terlalu keras. Jangan pernah memberikan tekanan angin ban melebihi nilai tekanan maksimum yang tertera pada bagian samping ban, tekanan angin ban yang berlebihan akan memberikan tekanan yang berlebihan dan dapat membuat ban meledak.

>>> Baca juga: Tips Merawat Ban Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Kondisi Tekanan Angin Ban Kurang

Tampak ilustrasi tekanan angin ban

Masing-masing bagian dari ban, dari mulai tapak hingga dinding memiliki fungsi khusus

Menurunkan tekanan ban akan membuat mobil lebih nyaman untuk dikendarai karena ban menjadi lebih empuk dan daya cengkeram ban ke jalan menjadi lebih baik. "Namun jika tekanan ban terlalu kurang, kemampuan mengangkut beban menjadi berkurang dan gaya gesek ke jalan menjadi tinggi sehingga tarikan mobil menjadi berat dan konsumsi BBM juga akan meningkat," papar Henry Hutabarat, seorang trainer di perusahaan konsultan otomotif bernama Sewells.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaik hanya ada di Mobilmo.com

Tampak ilustrasi poin-poin ban

Perhatikan 5 cara merawat ban agar awet

Ban dengan tekanan yang rendah juga akan membuat ban lebih mudah mengalami keausan. Hal ini disebabkan karena gaya gesek yang lebih besar dan tapak ban yang sifatnya fleksibel akan membuat kembang ban mudah terkikis sehingga tapak ban menjadi aus dan menyentuh TWI dan ban harus lekas diganti. Tekanan angin ban yang rendah akan meningkatkan gesekan pada bagian tread dan sidewall ban sehingga temperatur ban menjadi panas. Semua ban dirancang untuk bekerja pada temperatur tertentu sesuai dengan tingkatan nya, yang dapat dilihat pada bagian samping ban (A,B atau C dimana A tingkat yang paling bagus).

Tampak Ban pecah

Tekanan angin ban yang kurang berpotensi memicu ban meletus

Saat ban dalam kondisi kurang angin, maka ban akan bekerja dalam temperatur yang lebih panas. Hal ini bisa saja menimbulkan potensi bahaya tergantung seberapa rendah tekanan angin, berat beban mobil, kecepatan mobil dan temperatur cuaca yang dapat membuat ban meledak. Ban meledak dapat mengakibatkan kecelakaan fatal karena mobil akan kehilangan kendali, apalagi jika ban meledak terjadi pada kendaraan seperti truk dan SUV yang mempunyai ground clearance tinggi dapat mengakibatkan kendaraan terguling.

>>> Baca juga: 6 Hal Ini Bisa Bikin Anda Bingung Saat Membeli Mobil

Maka Tekanan Angin Ban Harus Diperiksa Secara Berkala

Tampak All New Brio Sedang Slalom

Sering diajak manuver ekstrim, kondisi ban akan lebih cepat aus

Tekanan angin ban harus diperiksa secara berkala (setidaknya 2 minggu atau 1 bulan sekali) karena secara alamiah tekanan angin setiap ban akan berkurang dengan sendirinya walaupun tidak ada kebocoran. Angin di dalam ban dapat mengalir keluar melalui pori-pori ban yang sangat kecil, kebocoran pada bagian bead ban, bahkan angin dapat keluar melalui pori-pori pelek.

Tampak sebuah gambar yang menunjukkan All New Honda Brio

Kondisi jalan yang dilalui juga berpengaruh terhadap kesehatan ban

Beberapa ban dapat kempes lebih cepat dibandingkan ban lain dan jika pada ban terdapat kebocoran yang sangat kecil maka ban bisa kempes lebih cepat lagi. Tekanan angin ban harus diperiksa saat kondisi dingin karena saat mobil berjalan gesekan dan panas akan menyebabkan tekanan di dalam ban meningkat. Temperatur udara luar juga akan mempengaruhi tekanan angin ban.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Tampak ilustrasi pentingnya menjaga tekanan angin ban

Agar ban awet, jangan malas mengecek tekanan angin ban ya

Pemeriksaan tekanan angin ban harus dilakukan menggunakan alat tire gauge yang akurat, banyak dijual alat pengukur tekanan ban yang murah namun sayangnya akurasinya kurang baik, begitu pula kondisi alat pengisi angin ban yang biasa dipasang di pom bensin banyak alatnya tidak akurat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International