Tidak Banyak Yang Tahu Apa Fungsi Ban Sebenarnya, Ini Dia Fungsinya

05/12/2018 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Ban adalah peranti yang sangat vital yang ada di mobil, namun sayangnya enggak banyak yang tahu apa fugsi ban yang sebenarnya. Nah, kini Mobilmo.com paparkan fungsinya untuk Anda.

Agak aneh memang, karena didunia yang sudah serba modern ini masih ada juga yang tidak mengetahui apa sesungguhnya fungsi dari ban pada mobil, juga tidak banyak yang tahu apa sebenarnya fungsi utama dari ban mobil. Banyak yang bilang, ban mobil ya harus ada agar mobil dapat berjalan. Dan juga, ada yang bilang ban mobil harus ada karena bentuknya bulat. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari ban mobil?

>>> Baca juga: Bukan Hanya Sekadar Tampil Cantik, Inilah Fungsi Alur Ban Mobil

Tampak Ban yang botak menyebabkan grip berkurang

Ban yang sudah botak seperti ini akan menyebabkan cengkraman berkurang

Ternyata, fungsi ban pada mobil itu sangat vital, karena hampir semua yang berhubungan dengan performa, efisiensi, maupun pengendalian bergantung pada karet bundar yang satu itu. "Fungsi ban pada mobil itu sangat banyak, mulai dari menerima beban saat pengereman, menyalurkan tenaga mobil saat akselerasi, hingga menahan ketika mobil diisi dengan beban penuh atau saat sedang melakukan manuver," papar Andri Heryadi, selaku Chief Training and Product Evaluation PT. Bridgestone Tire Indonesia kepada Mobilmo.

>>> Dapatkan tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

Tampak Ban Run Flat Tire keluaran Bridgestone

Ban juga harus memiliki dinding yang kuat agar mampu menahan bobot mobil ketika bermanuver

Pria yang tinggal di daerah Bekasi, Jawa Barat ini juga menyampaikan, bahwa luas kontak ban mobil itu nyatanya tidak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. "Anda bisa bayangkan, seluruh kegiatan pada kendaraan itu bertumpu pada tidak lebih satu jengkal tangan orang dewasa. karena ban menepel pada aspal hanya sejengkal itu, makanya jika ingin memilih ban ada baiknya yang benar-benar sudah teruji, dan terpercaya," tukas pria yang akrab disapa Andri ini.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

Sebuah Honda City melewati permukaan jalan licin

Saat jalan licin seperti ini, peran ban sangat krusial dalam menyelamatkan nyawa Anda

Ban yang baik, memiliki grip atau cengkaraman baik terhadap segala permukaan jalan, jadi kalau ban mobil Anda sudah menipis kembangannya atau botak, sebaiknya segera lah diganti. Jangan pertaruhkan nyawa Anda dengan alasan ingin berhemat, namun Anda sekeluarga mendapatkan potensi celaka. 

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca