BPKB Asli atau Palsu, Begini Cara Mengetahuinya

29/08/2018| Fat

Gambar BPKB untuk kendaraan bermotor

Kepemilikan kendaraan bermotor dikatakan sah bila ada bukti berupa BPKB

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau populer dengan nama BPKB adalah surat berharga bagi pemilik kendaraan bermotor karena jadi satu-satunya bukti kepemilikan yang sah. Tanpa BPKB kendaraan bisa dikatakan bodong, ilegal, hasil kejahatan dan lain sebagainya. Selain itu, tanpa adanya BPKB mobil jadi tidak bernilai meski dibelinya dengan harga sangat mahal.

Sebagai surat berharga, BPKB rawan pemalsuan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang ingin meraup keuntungan. Seperti kasus yang pernah terjadi di akhir tahun 2017 silam dimana polisi berhasil membongkar sindikat pemalsuan BPKB kendaraan bermotor yang telah berhasil meraup ratusan juta rupiah hasil menipu di sejumlah kantor pegadaian.

Bagi kebanyakan orang asli tidaknya BPKB tidak begitu diperhatikan. Hal ini disebabkan mereka tidak tahu bagaimana cara mengetahui asli tidaknya BPKB.

Melalui situs resmi ntmcpolri, Korlantas Polri mengulas kembali cara mengetahui BPKB asli atau palsu seperti yang pernah disampaikan akhir tahun lalu pasca terbongkarnya kasus pemalsuan BPKB dan dokumen kendaraan yang lain.

>>> Kabar Gembira Perpanjangan SIM Online Bisa Di Lakukan Di Seluruh Indonesia

Gambar dokumen kendaraan palsu untuk kejahatan

Polisi sering membongkar sindikat pemalsuan dokumen kendaraan seperti BPKB dan STNK

Kasubdit Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Priyanto menjelaskan ada lima cara untuk mengetahui BPKB asli atau palsu:

  1. Bahan cover yang digunakan BPKB asli lebih mengkilap dibandingkan yang palsu (agak buram).
  2. Hologram di halaman paling depan atau pertama akan berubah warna jadi kuning saat diterawang bila itu BPKB palsu. Sedangkan BPKB asli, warnanya abu-abu dan tidak akan berubah jika diterawang.
  3. Nomor seri di bawah hologram dimaksudkan untuk membedakan domisili. Namun, untuk detailnya hanya ada di Korlantas dan tidak bisa dipublikasikan.
  4. Ada pada bagian identitas pemilik kendaraan. Di BPKB palsu hanya sekedar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak diubah.
  5. Ada pada halaman-14. Jika BPKB asli terlihat lambang Korlantas bila disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas akan terasa kasar karena logo Korlantas timbul. "Kalau asli di ultraviolet akan muncul angka dan huruf bermacam-macam, itu BPKB asli. Kalau BPKB yang palsu logonya rata," tutur Priyanto.

Tidak semua cara diatas bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan bermotor. Jadi, untuk lebih jelas mengetahui BPKB asli atau palsu bisa datang ke Korlantas Polri terdekat.

>>> STNK Mati, Supir Angkot Dihukum Push Up

Gambar Loket Samsat bersih dan lengang

Untuk mengetahui lebih lanjut BPKB asli atau palsu, pemilik bisa datang ke kantor Samsat terdekat

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.

  • Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    08/03/2021| Fatchur Sag

    Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    Anda yang melintas di Cikarang perlu tahu Polrestro Bekasi bakal menerapkan tilang elektronik mulai pertengahan Maret 2021 di Simpang Grosir Cikarang (SGC).

  • Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    24/11/2020| Abdul

    Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    Terdapat modal saat mengemudi mobil di jalan tol yang perlu diperhatikan. Apalagi jalan tol menjadi salah satu jalur favorit bagi para pengemudi mobil karena lebih cepat sampai tujuan.

International