Beberapa Tips Aman Berlalu Lintas Di Jalan Raya Yang Perlu Diperhatikan

20/09/2018| Abdul Kosim

Baru-baru ini telah dilakukan operasi selama 3 hari yang berlokasi di kota Malang. Yang mana dalam operasi tersebut didapati 566 pelanggar. Tentunya hal tersebut terjadi karena kurang sadarnya pengendara tentang keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Dalam operasi tersebut, tindakan tegas dilakukan seperti memberi surat tilang yang nantinya harus mengikuti persidangan tilang.

Gambar ini menunjukkan cewek cantik sedang mengemudi Mobil sambil tersenyum

Berkendaralah dengan santun agar kenyamanan dapat didapatkan (Foto: livejapan)

Setelah melihat kondisi tersebut, dari pihak Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota AKP David T Prasojo menanggapinya dengan memberikan tips aman berlalu lintas di jalan raya yang dilansir dari suryamalang tribunnews. Tentunya ini bisa dijadikan tambahan informasi sehingga lebih tertib dan aman ketika mengemudikan kendaraan kesayangannya.

"Kota Malang ini, kota pendidikan. Banyak pendatang, dari berbagai macam daerah dan etnis. Banyaknya pendatang ini juga berdampak kepada banyaknya kendaraan di Kota Malang, sehingga tidak aneh lalu lintas di Kota Malang padat," ujar David.

Dalam operasi yang dilakukan dalam beberapa hari tersebut, ternyata ditemukan bahwa banyak pelanggar yang statusnya masih mahasiswa. Dari pihak David akan terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah diberikan.

>>> Ingin membeli mobil baru, silakan update daftar harga mobil terbaru dan terlengkap hanya ada di sini

Gambar ini menunjukkan 2 orang polisi sedang berdiri di depan beberapa pengendara Motor

Peraturan lalu lintas dibuat untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara (Foto: Malangtimes)

>>> Lihat juga, Ini Alasan Polisi Terapkan Tilang Dengan Bukti Rekaman CCTV

Berikut ini merupakan beberapa tips aman berlalu lintas di jalan raya yang diberikan oleh pihak David T Prasojo selaku Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota.

1. Ketika berkendara diharapkan untuk menggunakan kendaraan yang lengkap dan juga baik. Yang dimaksudkan adalah sesuai standar yang telah diberikan oleh pihak pabrikan. Mengingat dari pihak perusahaan telah mendesain sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada para konsumennya.

2. Memperhatikan kondisi fisik juga penting, jangan berkendara saat dalam kondisi kurang baik. Oleh sebab itu saat berkendara pastikan tubuh dalam keadaan yang fit.

3. "Ketiga, berkendaralah dengan rasa empati. Berkendara dengan empati itu antara lain tidak ugal-ugalan, dan tidak mudah emosi. Kalau melihat ada orang lain ugal-ugalan, janganlah kita ikut ugal-ugalan," imbuh David.

Selain hal tersebut, pihak david juga memberikan himbauan supaya saat berkendara di jalan raya harus tetap santun. Apalagi kota Malang adalah miniatur Indonesia. Banyak orang dengan berbagai etnis yang menelusuri jalanan di kota Malang. Perbedaan etnis tersebut tentunya mempunyai karakter yang berbeda pula. Jadi dengan berkendara santun dan saling menghormati akan menambah kenyamanan serta keamanan di jalan raya.

>>> Baca juga: Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga​

Gambar ini menunjukkan seorang polisi berdiri di depan pengendara motor disamping Mobil Box

Bawa kelengkapan surat saat berkendara untuk menghindari tilang saat ada razia polisi (Foto: Malangvoice)

"Meski berbeda suku, tetapi kalau sama-sama santun dalam berkendara, memakai etika, saya kira bisa mendorong minimnya angka pelanggaran lalu lintas, ataupun kecelakaan," tegasnya.

Pihaknya juga menegaskan untuk tidak hanya mengenali rambu lalu lintas saja, akan tetapi mematuhinya juga sangat diharuskan. Banyak orang yang sudah tahu dan paham akan rambu-rambu lalu lintas. Namun tidak sedikit pula yang melanggarnya sehingga dapat beresiko bahaya.

Dalam hal tersebut bisa dicontohkan, banyak pengendara yang tahu akan fungsi lampu lalu lintas di pertigaan atau perempatan. Yang mana bahwa merah menunjukkan berhenti dan hijau berjalan. Namun masih ada pula yang pada saat lampu merah tetap memacu kendaraannya dengan alasan kendaraan lain tidak melintas.

Demikianlah informasi tentang tips aman berlalu lintas di jalan raya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

    17/10/2020| Fatchur Sag

    Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

    Ditlantas Polda Jawa Timur berencana menerapkan tilang elektronik di seluruh wilayah provinsi yang saat ini berlaku di Surabaya dan dipersiapkan di kota lain.

  • Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    21/09/2020| Abdul

    Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    Power window merupakan salah satu fitur pada mobil yang memberikan kemudahan kepada pengemudi saat ingin membuka dan menutup jendela. Sistem yang digunakan sudah elektrik sehingga tidak perlu repot memutarnya tapi cukup menekan tombol saja. Terdapat komponen utama pada power window yang membantu kinerjanya.

  • Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    05/09/2020| Abdul

    Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    Menyalakan lampu mobil saat turun hujan diperlukan untuk membuat visibilitas berkendara mengalami peningkatan. Namun kadang beberapa orang berpikir, lampu mana yang dinyalakan, apakah lampu senja atau lampu utama?

International