Antisipasi Agar Spion Mobil Tak Dipecah Pemotor

27/11/2019 | Fatchur Sag

Terlepas dari soal nasib, kejadian spion mobil dipecah pemotor saat di jalan raya bukan satu dua kali jadi pemberitaan. Entah apa motifnya, yang pasti bagi pengendara mobil atau si korban hal ini sangat merugikan karena harus keluar biaya untuk mengganti spion.

Tapi apa mau dikata, kejadian di jalan raya terkadang tidak diduga dan terjadi dalam waktu singkat. Mau tidak mau pengendara mobil lah yang harus melakukan langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak menimpa.

>>> Spion Retractable Dilipat Secara Manual, Ini Akibatnya

Foto spion mobil sebelah kanan

Spion, fitur keselamatan wajib untuk kendaraan bermotor

Berikut beberapa tips antisipasi agar spion mobil tak dipecah pemotor saat tengah melaju di jalan raya:

  1. Jangan pancing emosi. Misalnya jika mereka ingin menyalip beri spasi secukupnya untuk menyalip. Tak usah membunyikan klakson kencang kencang meski Anda kesal, atau menyalakan lampu tembak berkali-kali karena akan mengundang perhatian mereka.
  2. Mengalah. Jika terlibat konflik yang tidak terlalu urgent, lebih baik mengalah dan minta maaf. Lalu tinggalkan lokasi dengan tenang.
  3. Pasang dashcam. Persiapkan dashcam sebelum memulai perjalanan untuk membantu mengawasi perilaku pengguna jalan lain, termasuk oknum pemotor. Paling tidak, rekaman kamera bisa jadi alat bukti jika kemudian harus berurusan dengan hukum.
  4. Berdoa. Memohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa dari sebelum berangkat, saat di perjalanan, hingga tiba di tempat tujuan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto kamera dalam mobil

Dashcam penting untuk merekam beragam peristiwa di luar kendaraan

Kejadian tak mengenakkan seperti di atas pernah kami alami sendiri saat perjalanan dari Magelang menuju Ambarawa petang hari belum lama ini. Di tengah lalu lintas tak begitu padat, kami berpapasan dengan serombongan pemotor anak muda berseragam warna biru mirip suporter sepakbola, tanpa helm dengan berteriak yel-yel.

Tiba-tiba beberapa pengendara menyerobot jalur kanan untuk menyalip dan salah seorang pengendara menghantam spion kanan dengan keras hingga membuat seisi mobil terkejut. Tak ada yang berhenti dari rombongan pemotor tersebut. Mereka tetap melaju kencang sambil meneriakkan yel-yel.

Beberapa saat kemudian mobil kami pinggirkan dan kami cek. Kami beruntung karena spion hanya terlipat ke dalam, tidak pecah atau patah, sehingga bisa kami atur seperti sedia kala.

>>> Instant Karma: Pecahkan Spion Saksi Pencurian, Pencuri Motor ini Kena Batunya

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik