Spion Retractable Dilipat Secara Manual, Ini Akibatnya

02/07/2019| Fatchur Sag

Makin canggih teknologi makin canggih pula fitur kendaraan. Bahkan untuk hal-hal kecil seperti melipat spion bisa dilakukan secara otomatis. Nah, kalau Anda punya mobil dengan spion retractable atau lipat otomatis semacam ini sebaiknya perhatikan kalau spion jenis ini bukannya tanpa risiko. Selain rawan dimaling untuk mobil-mobil mewah, spion retractable juga rawan rusak jika diberlakukan tidak sebagaimana mestinya.

Foto menunjukkan spion retractable pada mobil

Teknologi makin canggih, membuka dan melipat spion bisa dilakukan secara otomatis

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Salah satu yang harus dihindari adalah melipat secara manual alias didorong menggunakan tangan. Karena rancangan awalnya sudah dibuat otomatis, bagian dalam spion retractable telah dilengkapi dengan sistem elektrik dan sistem mekanisme lipat otomatis. Bila dilipat secara manual justru bisa berakibat pada kerusakan seperti kerusakan gear di dalam spion. Dampak yang lebih buruk, sistem lipat otomatis tidak akan bekerja dengan sempurna hingga tidak bekerja sama sekali.

Mengapa spion retractable masih dilipat secara manual? Bisa saja perilaku melipat spion secara manual masih dilakukan oleh pengendara dikarenakan kurangnya pengetahuan soal fitur mobil. Dianggapnya meski sudah otomatis, spion masih bebas ditekak tekuk menggunakan tangan seperti halnya spion manual.

Yang kedua bisa saja spion terlipat tanpa disengaja seperti membentur sesuatu atau berbenturan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan. Atau yang ketiga karena 'kesalahan' orang lain seperti tukang parkir yang tidak mengerti kalau spion mobil sudah retractable dan tak perlu dilipat secara manual. Dengan alasan mengamankan atau menyelamatkan spion dari terserempet sesuatu mereka melipatnya begitu saja tanpa mengerti risiko yang harus ditanggung pemilik mobil.

>>> Mobil Pribadi Punya Kamera Belakang dan Sensor Parkir, Begini Merawatnya!

Foto sejumlah mobil sedang diparkir di tempat parkir sebuah gedung

Hati-hati di tempat parkir, petugas parkir terkadang asal melipat karena tidak tahu kalau mobil punya spion retractable

"Spion sekarang ada yang memiliki pengaman dan ada yang tidak. Ada spion yang jika terkena benturan, gir mekanismenya patah. Tapi, ada juga yang bisa menekuk saat terkena benturan atau ditekuk manual," tutur Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) seperti dikutip dari Kompas, (1/7/2019).

Untuk mengantisipasi agar spion retractable tidak dilipat orang lain, sebaiknya biasakan pengendara melipat sendiri dari dalam sebelum meninggalkan mobil di parkiran yang padat, atau saat parkir di tempat sempit.

>>> Sudah Jarang Dipakai, Ini Kelebihan Spion Fender Dibanding Spion Pintu

>>> Temukan tips dan trik serta pengetahuan teknik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

International