Ada ISOFIX Tapi Child Car Seat Dijual Terpisah, Ini Alasannya

05/05/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

ISOFIX dan Child Car Seat memiliki hubungan yang kuat satu sama lain sebab keduanya sama-sama fitur keselamatan penumpang anak-anak. Yang membedakan, fitur ISOFIX sudah langsung ada dari pabrikannya. Sedangkan Child Car Seat diijual terpisah. Mengapa demikian?

Saat ini, hampir seluruh pabrikan yang merilis mobil baru di tanah air pasti menyematkan fitur keselamatan baru di kursi penumpang, namanya ISOFIX. Fitur ini punya hubungan kuat dengan Child Car Seat, dan memang tanpa piranti yang satu ini ISOFIX seakan tidak berguna.

Foto Fitur ISOFIX pada mobil Land Rover Discovery

ISOFIX, fitur keselamatan yang sering terabaikan

Sekelumit tentang ISOFIX dan Child Car Seat. ISOFIX, berasal dari akronim International Standards Organization FIX, adalah sebuah fitur keselamatan yang disematkan pabrik pada mobil-mobil keluaran baru. Manfaat fitur ini adalah mengaitkan Child Car Seat atau jok khusus untuk balita atau anak kecil.

Sebelum fitur ini dihadirkan oleh produsen mobil, fitur untuk mengaitkan child seat adalah safety belt di tiga titik. Namun, pihak produsen menganggap fitur tersebut dirasa masih kurang aman. Itulah kenapa ISOFIX hadir untuk memberi keselamatan lebih terhadap jok balita / anak-anak. Fitur ISOFIX terletak di bagian bawah sandaran jok. Bahkan beberapa produsen telah meletakkan fitur ini di bagian atas untuk mengaitkan juga bagian atas kursi bayi.

>>> Goodyear: 49 Persen Pengemudi Usia Muda Tak Memahami Fitur TPMS

Pentingnya Child Car Seat untuk Balita atau Anak Kecil

Kenapa balita atau anak kecil memerlukan jok khusus? Hal ini demi memberi perlindungan tambahan bagi balita atau anak kecil. Sebab tubuh mereka belum cocok dipasangkan safety belt (sabuk pengaman) yang menjadi fitur keselamatan standar semua mobil.

Foto Child Cars Seat pada mobil BMW

Perlu adanya Child Car Seat agar fitur ISOFIX bisa benar-benar bermanfaat

Sayangnya, masyarakat Indonesia belum memfungsikan fitur ini secara optimal masyarakat Indonesia. Pertama, belum tersedianya aturan resmi terkait pentingnya menempatkan balita / anak kecil di jok khusus. Padahal penggunaan child seat dan ISOFIX sudah mulai berlaku sejak 2007 lalu.

Kedua, jok khusus buat balita atau anak kecil ini tidak sepaket dengan mobil, melainkan dijual secara terpisah. Sehingga para pemilik mobil merasa sayang merogoh kocek lagi hanya untuk membeli child car seat ini.

Sayang? Ya bisa jadi. Sebab child seat ini dibanderol dengan harga yang bervariatif mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

>>> Jangan Pernah Dilakukan, Ini Bahaya Besar Mengemudi Sambil Memangku Anak

Tips Memilih Child Car Seat yang Tepat

Bagi Anda yang ingin memberikan perlindungan lebih pada buah hati, maka ada empat tips praktis yang bisa Anda gunakan saat memilih Child Car Seat yang tepat.

Foto seorang ibu sedang memilih-milih Child Car Seat di sebuah toko

Pemilihan Child Car Seat perlu disesuaikan dengan usia dan ukuran anak

Pertama, Anda harus tahu lebih dulu model Child Car Seat yang ingin dibeli digunakan untuk anak usia berapa? Untuk itu, Anda perlu mengetahui tiga model child seat, yaitu carrier, infant carseat, dan booster.

  • Jok carrier digunakan untuk bayi usia 0-24 bulan.
  • Jok infant carseat digunakan oleh balita usia 2-4 tahun. Model jok khusus anak ini bagian sandarannya bisa menyesuaikan tinggi anak. Anda disarankan membeli model jok anak yang menghadap belakang jika memiliki balita usia 2 tahun.
  • Jok booster digunakan oleh anak usia 4 tahun sampai memiliki tinggi badan yang belum cukup menggunakan sabuk pengaman.

Setelah mengetahui model child seat yang ada di pasaran, maka Anda akan lebih mudah memutuskan untuk membeli model yang sesuai kebutuhan.

Kedua, pastikan Child Car Seat kompatibel dengan fitur ISOFIX yang ada di mobil Anda. Jangan sampai, sudah beli mahal-mahal ternyata barang yang Anda beli tidak cocok dipasang di mobil.

Ketiga, Anda boleh mempertimbangkan faktor bahan maupun harga. Namun, faktor paling penting adalah faktor keamanannya dari sisi kemampuan sabuk pengaman dari child car seat itu sendiri. Biasanya, jok khusus anak ini memiliki tiga sampai lima titik sabuk pengaman, itu diluar sabuk pengaman yang ada di mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto dua orang anak naik mobil duduk di kursi khusus

Anak akan lebih aman duduk di tempat yang sesuai ukuran tubuh dan usianya

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca