Toyota Pertahankan Sienta Lawas Meski Jualan Menurun

24/06/2019| Fatchur Sag

Hingga saat ini Toyota masih menjadi merek paling favorit di Indonesia dengan penjualan paling tinggi dari tahun ke tahun. Selain digemari karena produknya yang berkualitas dan beragam, Toyota juga dipilih karena layanan purna jualnya yang mudah serta harga jual mobil bekasnya yang tetap tinggi. Meski demikian, tidak semua produknya meraih kesuksesan sebagaimana yang diraih Toyota Kijang series atau Avanza.

Seperti Toyota Sienta misalnya, mobil berdesain boxy unik ini dari sejak diluncurkan di Indonesia di pameran IIMS 2016 nyaris tidak pernah memenuhi ekspektasi. Sepanjang perjalanannya hingga saat ini, medium MPV yang ditargetkan laku 3.500 unit tiap bulan ini hanya dua kali sukses mencapainya, yaitu Agustus 2016 sebanyak 4.917 unit dan September 2016 sebanyak 4.093 unit. Selebihnya selalu berada di bawah target.

Foto Toyota Sienta, mobil boxy berdesain dinamis dan modern, namun unik

Toyota Sienta tidak pernah memenuhi ekspektasi

Tahun 2019, penjualan Toyota Sienta tidak juga membaik, malah semakin menurun dibanding tahun sebelumnya. Sepanjang Januari hingga Mei 2019 total penjualan Toyota Sienta tercatat hanya sebanyak 371 unit. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) angka ini lebih buruk dibanding pencapaian tahun 2018 pada periode yang sama dimana Toyota Sienta terjual sebanyak 1.818 unit.

Bahkan dibanding dengan Toyota Voxy yang diluncurkan di GIIAS 2017 dan dijual dengan harga hampir setengah miliar rupiah, penjualan Toyota Sienta juga lebih rendah. Selama lima bulan pertama tahun 2019 ini Voxy sudah terjual sebanyak 1.234 unit.

Dalam situasi yang demikian pabrikan biasanya melakukan update atau facelift agar minat masyarakat tetap terjaga seperti yang dilakukan pada Toyota Avanza. Meski hanya berubah di bagian wajah, buritan, dan beberapa bagian interior, Avanza kini makin menarik dan makin digemari dengan bukti penjualan makin meningkat. Namun tidak demikian dengan Sienta, TAM masih memilih menjual model lama ketimbang menghadirkan model baru.

>>> Ada Varian Baru Sienta 5 Seater, Apa Istimewanya?

Foto Toyota Sienta tampak dari samping depan

Wajah baru Toyota Sienta Jepang yang lebih menarik

"Secara produk baru saya belum bisa katakan untuk Sienta karena kita sedang persiapan untuk produk lain salah satu contohnya adalah Supra, itu produk yang kita lagi fokus untuk launching," tutur Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. "Pada saat ini kami masih menjual Sienta versi current yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia," tambahnya.

Seperti diketahui Toyota Sienta memiliki desain boxy yang dinamis dan modern. Pintu geser memberi kemudahan akses keluar masuk melalui sebelah kiri maupun kanan, interiornya juga mewah dan lapang Mobil ini dibekali mesin 1.500 cc Dual VVT-i serta tersedia transmisi manual 6-speed dan otomatis 7-speed.

Di jajaran line up Toyota, Sienta bukan satu-satunya model berbentuk boxy. Masih ada Voxy, Vellfire dan juga Alphard. Namun entah mengapa nasib Sienta tak sebagus saudara-saudaranya tersebut.

>>> Toyota Sienta Kurang Laris Di Indonesia, Tapi Untuk Ekspor Masuk 10 Besar

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    22/02/2021| Abdul

    Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    Mobil listrik Honda belum ada yang masuk ke Indonesia. Bahkan yang hadir baru-baru ini ada 3 model yang bukan menggunakan tenaga listrik. Mobil tersebut adalah New Honda Odyssey, Honda CR-V facelift dan New Honda Brio RS Urbanit. Padahal banyak yang memberikan spekulasi bahwa mobil baru yang akan hadir di Tanah Air adalah CR-V PHEV yang sebelumnya telah dihadirkan di China.

  • Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    19/02/2021| Abdul

    Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    Semakin kesini zaman semakin bertambah modern. Salah satunya ponsel, hampir semua orang saat ini punya ponsel dan selalu dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu hal tersebut dimanfaatkan dengan memberikan sebuah aplikasi untuk mengakses sebuah layanan dan hal lainnya. Salah satunya adalah aplikasi My Suzuki yang ditujukan untuk para konsumennya.

  • Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    17/02/2021| Abdul

    Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    Mobil Isuzu Panther berhenti diproduksi, kiprahnya mencapai 3 dekade. Pihak Isuzu memberikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada pelanggan setia yang mempercayakan kendaraan produknya untuk menemani kegiatan sehari-hari. Selain itu, meskipun telah dihentikan produksinya namun soal sparepart dijamin selama 8 tahun.

International