Toyota Sienta Kurang Laris Di Indonesia, Tapi Untuk Ekspor Masuk 10 Besar

08/02/2019 Abdul Pasar Mobil

Penjualan sebuah kendaraan diinginkan semua produsen mobil terus mengalami kenaikan. Akan tetapi apa daya, persaingan semakin ketat sehingga beberapa mobil mengalami penurunan. Pada tahun 2018 lalu menjadi tahun yang tidak menguntungkan Toyota Sienta. Pasalnya untuk penjualannya terbilang turun secara drastis.

Debut Toyota Sienta pertama kali dilakukan pada tahun 2016 dan masuk dalam kelas MPV. Jadi semakin hari mobil ini jarang ada yang melirik. Entah apa  alasannya mobil MPV Toyota satu ini sepi peminat di Indonesia. Perlu diketahui bahwa Sienta merupakan produk dari Toyota namun produksinya berada di pabrik karawang. Selain itu, Sienta juga dikirim ke luar negeri.

Gambar ini menunjukkan Toyota Siewnta warna merah tampak depan

Toyota Sienta mobil keluarga dalam segmen MPV

>>> Lihat Juga, Ada Varian Baru Sienta 5 Seater, Apa Istimewanya?

Dalam masalah ekspor juga tercatat pada data Gaikindo, untuk beberapa Negara yang mendapatkan Toyota Sienta adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Timor Timur dan Brunei Darussalam. Jadi Sienta ini merupakan Made In Indonesia. Bahkan mobil buatan pabrik Karawang ini juga menjadi salah satu yang masuk dalam 10 besar banyak dikirim ke luar negeri. Untuk urutannya berada di nomor 9.

Jada pada tahun 2018 Toyota Sienta rakitan Karawang telah di ekspor ke Negara yang telah disebutkan di atas sebanyak 8.267. Meskipun jika dibandingkan dengan  produk Toyota lainnya seperti Avanza, Fortuner, Agya, Rush dan lainnya masih kalah. Akan tetapi hal tersebut terbilang cukup lumayan.

Bahkan dari pihak Toyota sendiri juga mengakui masalah penjualan Sienta yang mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan mobil ini bukan menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang baru pertama ingin membeli mobil keluarga idaman untuk segala aktivitasnya.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Sienta warna merah dan terdapat mobil lain warna hitam

Meski di Indonesia sepi peminat tapi masuk dala, 10 besar ekspor ke luar negeri

"Ternyata pembeli mobil pertama prefer ke Avanza. Jadi sekarang kita harus me-review positioning-nya. Tapi itu tidak ada masalah toh Toyota Toyota juga. Jadi Sienta nanti diarahkan untuk mobil tambahan atau mobil pengganti," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy ketika peluncuran Avanza beberapa waktu lalu.

Sebenarnya untuk masalah Toyota Avanza yang lebih laris daripada Toyota Sienta tidak masalah. Karena dari segi pabrikan sama-sama Toyota, begitu juga pada segi segmen sama-sama masuk dalam kelas MPV yang ditujukan sebagai kendaraan keluarga.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca