Tidak Naik, Ini Alasan Gaikindo Kembali Targetkan Penjualan Mobil 1,1 Juta Unit di 2019

26/01/2019 Fatchur Sag Pasar Mobil

Sukses memenuhi target di 2018, Gaikindo kembali menargetkan penjualan mobil di tahun 2019 ini sebesar 1,1 juta unit. Angka ini sama dengan target penjualan mobil pada tahun 2018 yang juga sebanyak 1,1 juta unit. Mengapa target tidak naik?

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sudah merilis data penjualan mobil di tahun 2018 dimana hasil akhir didapatkan sebanyak 1.151.291 unit. Angka ini cukup memuaskan sebab target penjualan mobil sebanyak 1,1 juta unit di 2018 tercapai dan bahkan meningkat sebesar 6,8% dibanding tahun sebelumnya.

Foto kemeriahan pameran otomotif IIMS 2017

Pameran otomotif masih jadi favorit para produsen otomotif memasarkan produknya

Masuk 2019 GAIKINDO kembali mencanangkan target penjualan mobil sebanyak 1,1 juta unit alias sama dengan tahun lalu. Disampaikan oleh Ketua I GAIKINDO Jongkie D Sugiarto. GAIKINDO sengaja tidak menaikkan target penjualan mobil setelah mempertimbangkan beberapa hal.

>>> Baca juga: Harga Wuling Almaz Masih Dirahasiakan, Wuling Motors Bikin Penasaran

"Tahun ini target kami moderat (targetnya sama seperti tahun lalu-Red) saja ah. Harapannya semua berjalan baik. Tahun kemarin juga targetnya 1,1 juta. Tapi ternyata bisa lebih dari target, dan pertumbuhannya 6,9 persen dari 2017," tutur Jongkie sebagaimana dikutip dari Detik, Kamis (24/1/2019).

Salah satu alasan mendasar GAIKINDO tidak menaikkan target penjualan menurut Jongkie adalah mengikuti target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan pemerintah di tahun 2019 sebesar 5,1 persen. Meski terkesan stagnan, tidak masalah sebab target masih di atas 1 juta unit. Jongkie menolak jika tidak adanya kenaikan target penjualan mobil di 2019 dianggap terpengaruh tahun politik.

"Pemerintah kan targetnya sekitar 5,1 persen. Jadi mau nggak mau ya kami harus ikuti itu. Tapi nggak apa-apa yang penting target kami masih di atas 1 juta," terang Jongkie. "Kami nggak melihat itu, Pilkada dan Pemilu nggak ada pengaruhnya terhadap penjualan mobil," lanjutnya.

Jadi, apakah target penjualan mobil di tahun anyar ini bisa tercapai. Layak untuk dinanti.

>>> Review Toyota Avanza Veloz 2019: Perubahan ‘Sang Raja’ Mengikuti Zaman

Foto New Veloz 1,5 di dealer Nasmoco Karangjati Ungaran

New Avanza Veloz 2019, siap bersaing kembali dengan kompetitor

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca