Review Toyota Avanza Veloz 2019: Perubahan ‘Sang Raja’ Mengikuti Zaman

18/01/2019 Padli Nurdin Review Toyota

Tak bisa dipungkiri jika Toyota Avanza merupakan salah satu raja dalam segmen Low MPV di pasar otomotif Indonesia. Dengan banyaknya pesaing baru dan perubahan teknologi, ‘Sang Raja’ akhirnya mendapatkan perubahan yang baru ketika pabrikan Jepang tersebut memperkenalkan Toyota Avanza Veloz beberapa waktu lalu.

1. PENGANTAR TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 Dilihat dari sejarahnya, Toyota Avanza Veloz 2019 merupakan mobil Low MPV yang dirancang oleh tim Research and Development (R&D) Daihatsu dengan pengembangan dilakukan bersama dengan tim R&D Toyota. Diproduksi di Indonesia, Avanza sempat dirakit pula di Malaysia, dibawah Perodua untuk model generasi pertama. Diproduksi oleh Daihatsu, mobil ini dijual oleh Daihatsu dengan nama Daihatsu Xenia serta Toyota dengan nama Toyota Avanza.

generasi pertama Toyota Avanza berwarna hijau

Generasi pertama Toyota Avanza

Mungkin banyak yang belum tahu, tetapi nama Avanza sendiri diambil dari kata Spanyol “avanza” yang berarti “bergerak” dan kata Italia “avanzato” yang berarti “maju”. Sedangkan nama Xenia diambil dari kata Yunani “Xenos”, yang berarti “tamu” atau “orang asing”. Nama yang cukup aneh mengingat Daihatsu yang menjadi pengembang mobil ini.

Tetapi dibalik semua itu, Toyota Avanza menjadi salah satu varian LMPV paling sukses di pasaran Tanah Air saat ini. Selain di Indonesia, Avanza juga dijual di Filipina, Brunei, Pakistan, Sri Lanka, Timur Tengah, Kolombia, Peru, hingga Brasil dan Bolivia. Ekspor Avana juga tidak bisa dilihat sebelah mata, dengan menjadi pesaing serius pada segmen MPV di negara yang dikunjunginya.

Meskipun menjadi varian pertama yang berada di segmen ini bersama dengan Xenia pada 2004 lalu, Avanza masih menjadi predator dalam segmen yang sudah dipenuhi dengan lebih dari 5 merek lainnya. Salah satunya gempuran Mitsubishi Xpander yang mulai mengusik dominasi Avanza-Xenia dalam beberapa bulan belakangan.

beberapa pejabat Toyota berbaju batik dalam peluncuran Toyota Veloz 2019

Desain baru Toyota Avanza Veloz 2019 yang baru diperkenalkan

Karena itu, tak perlu dipungkiri lagi bagaimana Toyota mulai memberikan perubahan (meskipun minor) terhadap Toyota Avanza. Dan lahirlah perubahan yang cukup signifikan dari tampilan luar, diikuti beberapa perubahan lainnya oleh Toyota. Ingin tahu bagaimana peningkatan yang diberikan? Simak review Toyota Avanza Veloz 2019 dari tim Mobilmo.com berikut ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Meskipun disebut sebagai perubahan minor, ada banyak hal yang diperbarui pada eksterior Toyota Avanza Veloz 2019. Mendapatkan penyegaran yang lebih elegan, apa saja yang berubah dari tampilan luar Veloz dibandingkan model sebelumnya?

Review Toyota Avanza Veloz 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Tampilan depan Toyota Avanza Veloz 2019

Terinspirasi dari desain Vellfire, Veloz yang baru mendapatkan dua bilah layer body strap mengikuti desain gril berwarna black chrome di bagian depan. Membuat tampilan semakin berkelas dan sporty, Anda akan disuguhkan dengan lampu depan LED yang baru dengan desain dua tingkat pada eksterior depan Toyota Avanza Veloz 2019. Lampu kabut yang berada di bagian samping bawah memberikan desain baru nan menawan untuk Veloz.

Review Toyota Avanza Veloz 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Tampilan samping Toyota Avanza Veloz 2019

Perubahan untuk tampilan sisi memang tidak begitu kentara. Jika dilihat dari eksterior samping Toyota Avanza Veloz 2019, Anda sudah mendapatkan smart entry pada semua varian. Selain itu, tambahan Alloy Wheel design untuk tipe tertinggi membuat tampilan mobil ini semakin sporty. Sedangkan dibandingkan model sebelumnya, Toyota memberikan side body molding untuk semua tipe, serta desain side skirt terbaru dengan aksen krom untuk tipe 1.5. Anda juga sudah mendapatkan spion samping yang sudah dilengkapi dengan lampu sein.

Review Toyota Avanza Veloz 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Tampilan belakang Toyota Avanza Veloz 2019

Sama seperti tampak depan, bagian belakang juga mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan. desain pintu belakang serta ornament pelat nomor baru yang mendapatkan aksen krom pada tipe 1.5. Sedangkan desain belakang mendapatkan desain baru, dilengkapi dengan shark fin antenna yang memberikan kesan sporty pada mobil ini. Eksterior belakang Toyota Avanza Veloz 2019 juga mendapatkan desain lampu belakang dua baris, sejalan dengan perubahan yang didapatkan pada tampilan depan mobil ini.

>>> Ingin lihat review terbaru Toyota lainnya? Dapatkan di sini:

3. INTERIOR TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Tidak hanya pada tampilan luar, desain interior Toyota Avanza Veloz 2019 juga dibuat lebih segar dengan beberapa perubahan baru. Tampilan elegan dengan aksen warna hitam memberikan kesan yang lebih elegan dibandingkan tampilan dalam generasi kedua sebelumnya. Lalu perubahan apa saja yang bisa Anda dapatkan pada mobil ini?

Review Toyota Avanza Veloz 2019: Dasbor

dasbor Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna beige dan hitam

Dasbor Toyota Avanza Veloz 2019

Ketika memasuki kabin, pandangan langsung tertuju pada dasbor dengan tampilan elegan. Disebut dengan All Black Spirited Ambience Dashboard Design, peningkatan pada dasbor Toyota Avanza Veloz 2019 termasuk layar center kluster dengan A/C display yang dipamerkan Toyota. Touch screen head unit premium juga dibagikan pada semua tipe untuk mempermudah Anda mengakses berbagai fitur yang diberikan mobil selama berkendara.  

Review Toyota Avanza Veloz 2019: Kemudi

kemudi Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Kemudi Toyota Avanza Veloz 2019

Aksen krom kembali hadir untuk setir tiga palang Veloz, tidak begitu berbeda jika dibandingkan dengan tampilan pada generasi kedua. Jika melihat saudara kembarnya yang masih belum mendapatkan beberapa fitur khusus, Veloz sudah mendapatkan sistem Smart Start/Stop Engine Button untuk semua tipe. Dan meskipun tidak begitu banyak, ada beberapa tombol pengaturan, khususnya volume audio pada kemudi Toyota Avanza Veloz 2019 yang sudah dilengkapi Steering Switch.

Review Toyota Avanza Veloz 2019: Kursi

kursi Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Kursi Toyota Avanza Veloz 2019

Menilik pada tempat duduk, kenyamanan menjadi lebih terasa setelah Toyota mengubah tampilan kursi menjadi lebih berwarna. Toyota mengubah desain yang polos menjadi cover penuh corak pada kursi Toyota Avanza Veloz 2019. Seperti biasa, ruang kepala dan ruang kaki yang lapang menjadi keunggulan Avanza. Ditambah dengan layar entertainment bagi penumpang di kursi belakang, meskipun baru diberikan pada varian 1.5.

>>> Lihat di sini untuk melihat berita Toyota lainnya:

4. FITUR TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu fitur Toyota Avanza Veloz 2019 yang sudah diberikan pada semua tipe adalah start-stop button serta keyless entry yang membuat pengendaraan menjadi lebih efisien. Selain itu, ada beberapa peningkatan dan penambahan yang diberikan Toyota untuk LMPV andalannya, termasuk premium touch screen yang baru, center cluster serta optimalisasi pada body structure yang serta sound insulation materials untuk kabin yang lebih senyap dan nyaman.

fitur start/stop Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Fitur Start/Stop yang diberikan pada Toyota Avanza Veloz 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, beberapa peningkatan juga diberikan untuk sistem keamanan. Meskipun tidak ada hal baru dari fitur keselamatan aktif Toyota Avanza Veloz 2019, semua fitur keselamatan diberikan untuk semua tipe. Jadi Anda tidak perlu membeli tipe tertinggi untuk sistem keselamatan yang lebih baik.

Beberapa sistem yang ditanamkan untuk keselamatan Anda beserta penumpang lainnya termasuk dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS, Seatbelt with pretensioner & force limiter dan 3 –points Seatbelt, serta Front Passenger Seatbelt Warning. Dibuat untuk keluarkan Indonesia, Toyota juga memberikan fitur ISOFIX untuk memberikan kemudahan bagi Anda memasang kursi anak bagi seluruh anggota keluarga.

5. OPERASI TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Memang, perubahan yang dilakukan oleh Toyota lebih pada peningkatan desain eksterior serta penambahan teknologi. Namun melihat dapur pacu mobil ini, tidak ada perubahan yang diberikan pada sistem operasi Toyota Avanza Veloz 2019. Masih menggunakan mesin 1.5 liter dan 1.3 liter 2NR-VE DOHC 4-silinder segaris Dual VVT-I, Anda bisa mendapatkan tenaga maksimum 104 daya kuda pada perputaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm pada 4.200 rpm.

mesin Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Mesin Toyota Avanza Veloz 2019

Meskipun tidak mendapatkan perubahan mesin, pengendaraan terlihat meningkat dibandingkan sebelumnya. Dengan menggunakan transmisi 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis, Veloz dibuat lebih nyaman ketika dibawa berkendara. Tak lupa dengan sistem VVT-I menjadikan mobil ini mendapatkan efisiensi mesin yang mumpuni.

>>> Ini Dia 9 Gejala Kerusakan Transmisi Matik Pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

6. SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Toyota memang memperkenalkan desain serta teknologi baru Veloz di awal 2019 ini. Sebelum membeli mobil ini, mari kita lihat lagi spesifikasi Toyota Avanza Veloz 2019 yang ditawarkan oleh Toyota.

Dimensi Toyota Avanza Veloz 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.200 x 1.660 mm x 1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Kapasitas Tangki

45 Liter

Mesin Toyota Avanza Veloz 2019

Tipe Mesin

1.5 Liter 2NR-VE DOHC 4-silinder segaris Dual VVT-I

Isi Silinder

1.496 cc

Tenaga Maksimum

104 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

136 Nm @ 4.200 rpm

Transmisi

5 Percepatan Manual dan 4 Percepatan Otomatis

Kaki-Kaki Toyota Avanza Veloz 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

4-Link Lateral Rod

Rem Depan

Disc / Drum

Ban

Bridgestone Ecopia 185/65R15

Velg

Alloy Wheel R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Lalu bagaimana hasil perubahan Avanza Veloz terbaru? Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza Veloz 2019 dari Mobilmo.com berikut ini.

Kelebihan Kekurangan

SPesifikasi tertinggi Avanza dengan semua teknologi dan fitur Avanza

Material untuk dasbor terkesan biasa

Perbaikan kaki-kaki dan suspensi yang lebih tangguh serta pengendaraan lebih kaku

Dibandingkan kendaraan modern lainnya, fitur yang diberikan masih relatif biasa

Harga yang tidak terlalu berbeda dibandingkan Avanza lainnya

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Untuk saat ini, Veloz menjadi varian tertinggi dengan tampilan yang lebih mewah dan premium dibandingkan varian Avanza lainnya. Dengan semua kelebihan eksterior dan kenyamanan interior, perbedaan harga Toyota Avanza Veloz 2019 dengan varian Avanza yang lain hanya sekitar Rp 18 jutaan. Tapi untuk lebih jelasnya, berikut beberapa harga tipe Avanza Veloz 2019 dengan harga on the road Jabodetabek.

Tipe Mobil Daftar Harga

Toyota Avanza Veloz 2019 1.5 Liter M/T

Rp 227.650.000

Toyota Avanza Veloz 2019 1.5 Liter A/T

Rp 239.450.000

Toyota Avanza Veloz 2019 1.3 Liter M/T

Rp 215.650.000

Toyota Avanza Veloz 2019 1.3 Liter A/T

Rp 227.450.000

9. VIDEO TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Toyota sudah memperkenalkan perubahan tampilan tersebut pada Selasa, (15/1) lalu bersamaan dengan Daihatsu yang juga memperkenalkan perubahan Daihatsu Xenia yang (sedikit di bawah) Avanza. Lihat lagi apa saja yang diubah oleh Toyota dalam video Toyota Avanza Veloz 2019 di bawah ini.

10. KESIMPULAN TOYOTA AVANZA VELOZ 2019

Memang, tidak semua puas dengan perubahan yang dilakukan Toyota untuk Toyota Avanza Veloz 2019. Namun mengingat banyaknya pesaing baru yang menghadirkan berbagai teknologi serta desain yang lebih menawan, tak salah jika Toyota memberikan penyegaran bagi mobil andalan LMPV-nya. Dan untuk hal ini, perubahan desain luar menjadi salah satu yang patut diperhitungkan dari Veloz.

mobil baru Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Desian baru yang lebih tampan dari Toyota Avanza Veloz 2019

Mendapatkan desain baru, terlebih fasia depan yang diambil dari mobil premium Vellfire, memberikan penyegaran yang dibutuhkan Veloz selama beberapa tahun terakhir. Namun perubahan yang paling besar adalah bagaimana Toyota meningkatkan kenyamanan mengemudi dengan suspensi dan kaki-kaki yang lebih kaku, menghilangkan masalah masa lalu yang dimiliki Avanza. Namun jika hanya mengandalkan perubahan minor, apakah Avanza masih bisa menjadi pemegang tahta Raja LMPV di Indonesia? Kita lihat saja.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!