Terus Merugi, General Motors Tutup Penjualan Chevrolet Di Indonesia

29/10/2019| Fatchur Sag

Perusahaan otomotif paling populer di Amerika Serikat, General Motors (GM) mengumumkan bakal mengakhiri kiprahnya di pasar otomotif Indonesia mulai akhir Maret 2020 mendatang. Meski demikian bagi konsumen pemilik mobil Chevrolet tetap bisa mendapatkan pelayanan lain seperti garansi dan purna jual akan tetap dilayani.

Gambar Logo General Motors

General Motors memutuskan berhenti berjualan di Indonesia

>>> 5 Terobosan Yang Bikin Chevrolet Jadi Merek Paling Terkenal Di Dunia

Dalam rilis resmi yang diterbitkan General Motors (GM) Asia Tenggara dan GM Indonesia disebutkan minat konsumen Indonesia terhadap merek GM, dalam hal ini Chevrolet sangat minim. Selain itu juga dipengaruhi pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang Rupiah terhadap Dollar AS. Karenanya demi meminimalisir potensi kerugian keputusan bulat ini diambil.

“Secara global, GM telah mengambil langkah-langkah yang sulit untuk memfokuskan aset dan sumber daya yang dimilikinya. Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan,” tutur Hector Villarreal, President GM Asia Tenggara. “Di Indonesia, kami tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan berkesinambungan. Faktor-faktor ini juga membuat kegiatan-kegiatan operasional kami menjadi semakin terpengaruh oleh faktor-faktor yang lebih luas di Indonesia, seperti pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing.” lanjutnya.

“Dengan berat hati, perlu kami sampaikan bahwa keputusan ini akan memiliki dampak pada beberapa karyawan kami. Dalam hal ini, GM akan memberikan pesangon yang sesuai dalam proses peralihan ini. Kami juga berkomitmen untuk membantu para pihak dalam proses peralihan ini." “Para pemilik Chevrolet juga dapat memastikan bahwa kami akan tetap mengakui keberlakuan seluruh jaminan kendaraan dan memberikan layanan purna jual. Kami akan tetap melayani setiap pelanggan untuk perawatan dan perbaikan kendaraan Chevrolet mereka di outlet resmi kami di seluruh Indonesia,” kata Villareal.

>>> Chevrolet Captiva, Mobil Kembaran Wuling Almaz Hadir Di Thailand

Foto Chevrolet Trax tampak dari samping depan

Meski dihentikan, konsumen Chevrolet tetap mendapatkan layanan purna jual

Sebagai informasi, di Indonesia saat ini General Motors (GM) hanya menjual mobil dengan merek Chevrolet dan hanya ada 4 model saja yang dipasarkan, yaitu Chevrolet Spark, Chevrolet Trax, Chevrolet Trailblazer, dan Chevrolet Colorado. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat, penjualan Chevrolet terus mengalami penurunan. Tahun 2017 Chevrolet terjual sebanyak 3.617 unit, tahun 2018 terjual sebanyak 2509 unit, dan tahun 2019 (Januari-September) terjual sebanyak 970 unit.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Rapid Test Mobil Juga Dilakukan Selama Pandemi Oleh Daihatsu

    17/09/2020| Abdul

    Rapid Test Mobil Juga Dilakukan Selama Pandemi Oleh Daihatsu

    Rapid test mobil juga dilakukan dalam masa pandemi Covid-19 saat ini. Jadi hal tersebut tidak hanya dilakukan pada manusia saja, kendaraan pun juga di rapid test untuk meminimalisir penyebarannya virusnya.

  • Pertama Di Dunia, Mengenal Mobil Rolls-Royce Phantom Electric

    28/08/2020| Abdul

    Pertama Di Dunia, Mengenal Mobil Rolls-Royce Phantom Electric

    Lunaz berhasil menciptakan mobil Rolls-Royce Phantom electric. Yang mana mobil tersebut merupakan yang pertama di dunia. Sebelumnya mobil tersebut merupakan sebuah kendaraan sedan yang berkelas kerajaan Inggris, kemudian diubahnya jadi sebuah mobil dengan tenaga listrik.

  • KTB Targetkan Pemesanan Capai 1.000 Mobil Mitsubishi Fuso Via Online

    26/08/2020| Abdul

    KTB Targetkan Pemesanan Capai 1.000 Mobil Mitsubishi Fuso Via Online

    Pandemi Covid-19 membuat sektor ekonomi mengalami penurunan secara tajam. Namun setelah itu, dalam fase transisi new normal semuanya kembali pulih sedikit demi sedikit. Kali ini mobil truk Mitsubishi Fuso menargetkan 1000 pemesanan oleh pihak KTB dalam pertemuan konsumen virtual.

International