Tanda Pemulihan Makin Jelas, Diler VW Mulai Berjualan Lagi di China

13/04/2020| Fatchur Sag

Sebagai pemimpin pasar, munculnya wabah virus Corona (COVID-19) di China menjadi pukulan besar bagi Volkswagen (VW). Pabrikan mobil asal Jerman tersebut kehilangan banyak peluang penjualan dikarenakan sejumlah pabriknya tutup dan pemerintah mengeluarkan kebijakan lockdown.

Foto salah satu pabrik VW di China

Sejumlah pabrik otomotif terpaksa tutup karena virus Corona

Kini, China berhasil keluar dari masalah COVID-19. Data Woldometers mencatat dalam beberapa waktu terakhir tidak terjadi penambahan kasus baru dan kasus kematian baru mencapai titik terendahnya, yaitu 0. Pemerintah menyatakan lockdown yang telah dijalani puluhan hari resmi dicabut, tanpa mengurangi himbauan kepada warga untuk tetap berhati-hati dan waspada.

Pabrik VW satu demi satu kembali beraktivitas dan diler juga mulai buka untuk berjualan. “Harapan kembali ke pasar Tiongkok, karena kami mengalami normalisasi bisnis tertentu. Tahun ini produksi MEB bakal dimulai lagi dan Volkswagen ID. bakal menjalani debutnya di China.”." kata Stephan Wöllenstein, CEO Volkswagen Group China dalam pernyataan resminya, (9/4/2020).

>>> Corona Makin Merajalela, VW Hentikan Produksi di Eropa

Sebagai informasi operasional Grup Volkswagen Cina menunjukkan tanda-tanda pemulihan bisnis yang jelas. Sekitar 2.000 diler Volkswagen sekarang dibuka kembali, dengan jumlah pengunjung di akhir pekan terakhir bulan Maret sebanding dengan periode yang sama tahun lalu. Lebih dari 95% dealer merek lain yang memproduksi di China seperti Audi dan ŠKODA juga telah dibuka kembali. Pabrik patungan SAIC VOLKSWAGEN di Changsha juga kembali beroperasi minggu ini. Jumlah total fasilitas Grup yang telah memulai kembali operasi telah meningkat menjadi 32 dari 33 pabrik mobil dan pabrik komponen.

Foto menunjukkan Perakitan VW ID.3

Lockdown selesai, industri otomotif China kembali bergairah

>>> VW Kenalkan e-Bulli Concept, Mobil Listrik Mirip VW Kombi

Rencananya jika tak terjadi tragedi seperti yang sudah terlewati, pada paruh kedua tahun ini Grup Volkswagen Cina akan mencapai tonggak utama dalam strategi elektrifikasi untuk pasar Cina. Dua pabrik akan memulai produksi lokal semua model listrik berdasarkan pada modular drive drive tool (MEB) Volkswagen.

Pabrik VW di Anting dan Foshan akan memiliki kapasitas gabungan sebanyak 600.000 unit per tahun. Sebagai awal pabrik bakal memproduksi model Volkswagen ID, yaitu mobil keluarga yang full electric dan akan segera debut di Cina. Selain itu, produksi lokal mobil listrik Audi e-Tron juga akan dimulai di pabrik Changchun pada akhir tahun.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International