Soal Kemampuan Menyalip Avanza, Ada Yang Lebih Spektakuler Dibanding Xpander

18/05/2018| Fat

Belum lama diluncurkan di Indonesia, yaitu di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 BSD City Tangerang Banten, Xpander sukses menggusur tahta Avanza yang telah dikuasai sejak kali pertama diluncurkan 15 tahun silam, yaitu tahun 2003. 

Desain Mitsubishi Xpander unik, fresh, futuristik dan modern

Xpander yang begitu fenomenal sukses menggusur posisi Avanza sebagai pemimpin pasar Low MPV di awal 2018

>>> Februari 2018, Avanza Digusur Xpander Dari Singgasana

Tepat di bulan Februari 2018, penjualan Xpander sukses menyalip penjualan Avanza dan berlangsung hingga April 2018 seperti data wholesales yang dirilis Gaikindo. Luar biasa bukan, Mitsubishi Xpander?

Ada yang lebih hebat dari Xpander

Bicara soal salip menyalip Avanza, ada yang lebih hebat lagi dibanding Xpander. Bahkan bisa dikatakan lebih spektakuler, yaitu Calya, model Toyota yang bermain di segmen mobil murah LCGC.

Bila Xpander butuh waktu lima bulan untuk memastikan diri penjualannya menyalip Avanza sejak diluncurkan, Calya hanya butuh satu bulan saja. Bahkan unit yang terjual saat berhasil menyalip Avanza juga lebih besar dari Xpander.

Peristiwa itu terjadi tahun 2016. Satu bulan usai disahkannya Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, Toyota meluncurkan Toyota Calya sebagai model pertama segmen LCGC di pameran GIIAS Agustus 2016.

Toyota Calya Model pertama Toyota di segmen mobil murah LCGC

Toyota Calya diluncurkan di GIIAS 2016 usai disahkannya regulasi tentang mobil murah ramah lingkungan atau LCGC

>>> Tips Sederhana Merawat Toyota Calya Performa Tetap Terjaga

Bulan Agustus 2016 itu juga, Calya sukses merebut hati para pengunjung pameran serta masyarakat luas dan mencatatkan penjualan yang luar biasa hingga menyalip kakaknya sendiri, Avanza. Toyota Calya terjual sebanyak 9.241 unit. Sedangkan Toyota Avanza terjual sebanyak 9.123 unit.

Bulan September 2016, fenomena Calya belum berhenti. Di bulan ini Toyota Calya terjual sebanyak 8.832 unit. Sedangka Toyota Avanza terjual sebanyak 8.812 unit

Bulan Oktober 2016, penjualan Calya mencapai klimaks dengan tetap mengungguli Avanza. Toyota Calya terjual sebanyak 9.286 unit. Sedangkan Toyota Avanza terjual sebanyak 9.206 Unit.

Bulan November 2016, penjualan Calya lebih meningkat yaitu sebanyak 10.118 unit. Namun, di saat yang sama Avanza kembali ngegas dan mencapai penjualan hingga 12.453 unit. Ini adalah angka penjualan terbesar kedua Avanza di tahun 2016 setelah bulan April yang mencatatkan penjualan sebanyak 12.682 unit.

Gambar Toyota Avanza 2003 atau Avanza generasi pertama berwarna biru keren

Toyota Avanza generasi pertama lahir tahun 2003 dan langsung digemari masyarakat

>>>  Terus ikuti perkembangan berita mobil terupdate di Mobilmo.com

Toyota Avanza pun kembali ke tahta tertingginya lagi hingga Xpander kembali memaksa Avanza turun tahta di bulan Februari 2018.

Tiga bulan berturut-turut Avanza menatap Xpander menguasai kursi kejayannya selama bertahun-tahun. Tidak hanya unggul bulan perbulan, peringkat wholesales juga ikut diambil. Empat bulan pertama tahun 2018 Xpander laku sebanyak 29.069 unit. Sementara Avanza hanya maksimal di angka 28.330 unit.

Apakah kemampuan Xpander menyalip Avanza bakal bertahan lama seperti lamanya Avanza menguasai pasar puluhan tahun? Atau Avanza bakal merebut kembali tahta kejayaannya seperti yang pernah dilakukan pada adiknya sendiri, Toyota Calya?

Menarik untuk terus diikuti kelanjutannya.

Satu unit Grand New Avanza 2018 baru berada di sebuah dealer

Toyota Avanza tahun 2018 berlabel Grand New Avanza dan mengalami penyegaran di beberapa bagian, jadi lebih fresh, menarik, dan makin nyaman digunakan

>>> Bosan dengan mobil kamu? Jual saja di situs jual beli mobil harga bagus cintamobil.com

Berita sama topik

International