Tips Sederhana Merawat Toyota Calya Performa Tetap Terjaga

23/04/2018| Mobilmo.com

Mobil murah LCGC bisa menjadi salah satu tunggangan masyarakat Indonesia. Kendaraan ini diklaim memiliki kenyamanan yang lebih dan sangat hemat BBM. Tidak hanya itu saja, Mobil ini juga ramah lingkungan. Salah satu kendaraan jenis ini adalah Toyota Calya yang memiliki harga terjangkau. Namun merawat Toyota Calya sendiri juga diperlukan supaya Mobil tetap prima dan nyaman saat digunakan dalam perjalanan.

Menjaga kondisi Mobil tetap awet serta memiliki performa tetap terjaga adalah tugas dari pemilik Mobil. Pihak bengkel resmi ataupun bengkel juga hanya membantu saja, karena jika pemilik tidak membawanya untuk servis juga tidak akan memaksa. Nah bagi pemilik Mobil LCGC Toyota tersebut, Anda bisa membaca di bawah ini tips merawat Toyota Calya supaya memiliki performa yang terjaga dan tetap prima.

  1. Mengganti oli secara berkala

Melakukan pergantian oli adalah hal yang paling dibutuhkan mesin Mobil supaya performanya tetap terjaga. Pada umumnya hal ini dibarengi dengan servis rutin, untuk Mobil baru pertama dilakukan pergantian adalah setelah kilometer mencapai 1.000 km atau bisa juga 1 bulan setelah pembelian. Setelah pergantian pertama selanjutnya dilakukan setelah menempuh jarak 3.000 km sampai 5.000 km.

Pergantian oli secara berkala sangat penting untuk menjaga performa mesin Mobil

  1. Melakukan pengecekan pada air radiator

Radiator memiliki fungsi untuk menjaga suhu mesin Mobil tetap stabil. Apabila mesin terlalu panas maka dapat menjadikannya cepat mengalami kerusakan. Oleh sebab itu jangan lupa mengecek air radiator. Selain itu disarankan untuk menggunakan air khusus radiator bukan air keran.

Gunakan cairan khusus radiator untuk mengisi air radiator   

>>> Baca juga, Toyota Calya Sebagai Alternatif Mobil Keluarga Yang Fungsional
  1. Membersihkan filter udara

Tips merawat Toyota Calya selanjutnya adalah  membersihkan filter udara. Karena salah satu hal yang terjadi ketika filter udara kotor adalah mesin Mobil susah dihidupkan. Untuk cara membersihkannya juga terbilang mudah, yakni dengan membuka kap mesin dan lepaskan filter dari tabung filter. Dalam pembersihan Anda bisa menggunakan sikat untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Perlu diketahui, dalam proses ini jangan menggunakan angin bertekanan terlalu tinggi, karena bisa merusak filter udara Mobil.

Membersihkan filter udara Toyota Calya untuk menjaga mesin Mobil tetap prima

  1. Memperhatikan tekanan angin pada ban Mobil

Tekanan angin pada ban Mobil juga dapat mempengaruhi keawetannya. Ukuran yang tepat pada ban milik Calya dapat diketahui pada bagian panel pintu yang berada di depan sisi pengemudi. Apabila tekanan angin terlalu berlebihan ataupun kurang bisa menjadikan ban Mobil mudah rusak atau sobek.

Pastikan tekanan ban Mobil sesuai yang telah direkomendasikan pihak pabrikan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Untuk tekanan angin standar Toyota calya adalah 35 psi yang ditujukan ke semua rodanya. Apabila Anda ingin mengubahnya, sebaiknya bertanya dahulu kepada mekanik bengkel ahli supaya tidak terjadi masalah dalam perjalanan.

  1. Mencuci Mobil bagian bawah

Cara merawat Toyota Calya selanjutnya adalah dengan mencuci bagian kolong Mobil. Memang pemilik Mobil jarang memperhatikan bagian ini karena posisinya di bawah. Jika ingin melihat keadaannya harus masuk ke kolong Mobil terlebih dahulu.

Kolong Mobil merupakan bagian yang mudah terkena kotoran

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

Mengingat posisinya di bawah jadi bagian tersebut mudah sekali kotor. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mencuci bagian kolong Mobil calya supaya kondisinya tetap terjaga. Seperti yang dikatakan oleh Dhani Ma’aruf yang merupakan Ketua Calsic Chapter Tangerang.

“Bagian bawah mobil Calya-Sigra kalau sudah terlalu lama tidak di bersihkan, biasanya cat akan berubah warna jadi kuning, sering-sering dibersihkan saja,” Ucapnya.

Jika melihat hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa saat melakukan pencucian di salon Mobil sebaiknya memilih yang terdapat peralatan hidroliknya. Tujuannya adalah supaya Mobil dapat diangkat dan bagian kolong bisa dibersihkan.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai cara merawat Toyota Calya dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

International