Penjualan Mei 2019 : Avanza Berjaya, Yang Ini 'Nelangsa'

02/07/2019| Fatchur Sag

Mobil keluarga low MPV (Multi Purpose Vechicle) masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain kapasitasnya besar dan bisa dipergunakan untuk keperluan keluarga maupun usaha, harga mobil ini juga tidak terlalu menguras kantong, dijual dengan harga Rp 200 jutaan - Rp 250 jutaan. Ada 7 model yang saat ini dipasarkan dan Toyota Avanza masih jadi yang terlaris. Lalu bagaimana dengan yang lain?

Foto Toyota Avanza 2019 yang tampil lebih segar dan kekinian

Belum ada yang mampu melengserkan posisi Toyota Avanza secara permanen

Seperti diketahui selain Toyota Avanza ada Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Wuling Confero, dan Suzuki Ertiga di segmen mobil keluarga ini. Namun, hanya Mitsubishi Xpander saja yang jadi pesaing kuat Avanza. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Toyota Avanza (wholesales) bulan Mei 2019 mencapai 7.361 unit dan Mitsubishi Xpander 5.101 unit. Selisih 2.260 unit antara kedua mobil tersebut menjadi yang terpendek. Dibanding dengan selain Xpander tentu saja selisih penjualan Toyota Avanza bakal jauh lebih banyak.

Toyota Avanza dan Mitsubishi memang menjalani persaingan cukup ketat semenjak awal 2018 silam. Meski pada akhir tahun Toyota Avanza keluar sebagai pemenang, perjalanan selama satu tahun tersebut adalah yang paling berat. Beberapa bulan Mitsubishi Xpander sempat berada di depan dengan penjualan paling banyak. Baru menjelang akhir tahun Toyota Avanza kembali ngegas dan sukses menutup tahun dengan gemilang.

>>> Berkah Facelift, Avanza Makin Menjauh Dari Xpander

Foto seremoni pencapaian Unit ke 100.000 Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander tetap diminati meski menyandang status Low MPV termahal

Pertanyaannya kalau Toyota Avanza jadi yang terlaris sampai saat ini (data Mei 2019) dan dibuntuti Mitsubishi Xpander, lalu siapa paling tidak laris?

Kembali ke data GAIKINDO, di bawah Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ada Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Nissan Livina dan Wuling Confero S. Sesuai urutannya, Wuling Confero S menempati urutan terbawah mobil keluarga low MPV di Indonesia. Tidak seperti model lain yang mampu terjual lebih dari 1.000 unit, mobil merek China ini hanya laku sebanyak 534 unit. Penjualan Confero S sukses disalip Nissan Livina yang mencatatkan penjualan sebanyak 1.056 unit pada bulan kelima 2019.

No

Model

Penjualan Mei 2019

1

Toyota Avanza

7.362 unit

2

Mitsubishi Xpander

5.101 unit

3

Suzuki Ertiga

2.386 unit

4

Honda Mobilio

1.888 unit

5

Daihatsu Xenia

1.585 unit

6

Nissan Livina

1.056 unit

7

Wuling Confero S

534 unit

Belum diketahui mengapa penjualan Confero S tahun sangat sulit menembus angka 1.000 unit, tidak seperti tahun 2018 lalu dimana Confero S terjual sebanyak 1.556 unit pada bulan Desember 2018. Padahal mobil ini punya fitur berlimpah dan harganya juga paling terjangkau. Dari semua mobil keluarga low MPV hanya Wuling Confero S yang harganya di bawah Rp 200 juta, bahkan untuk varian yang paling tinggi sekalipun.

>>> Silahkan cek harga dan Review Wuling Confero S 1.5 L Lux+ di sini!

Ternyata harga murah tidak menjamin mobil bakal laris manis bak kacang goreng di pasar malam.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International