Berkah Facelift, Avanza Makin Menjauh Dari Xpander

29/06/2019 | Fatchur Sag

Seperti bulan-bulan sebelumnya dimana persaingan segmen low MPV didominasi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, di bulan kelima pun demikian. Kedua 'musuh bebuyutan' tersebut masih bersaing satu sama lain. Hanya saja Avanza sedikit lebih tenang karena posisinya makin jauh di depan Xpander.

Foto Toyota Avanza 2019 tampak dari samping depan

Penyegaran Toyota Avanza terinspirasi Voxy dan Vellfire

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat, penjualan Toyota Avanza (wholesales) pada bulan Mei 2019 mencapai 7.362 unit. Sementara Xpander hanya terjual sebanyak 5.101 unit. Toyota Avanza pun kembali berada di depan Xpander sama seperti tiga bulan sebelumnya secara berturut-turut.

Jika diakumulasi total penjualan Toyota Avanza dari Januari hingga Mei 2019 sudah mencapai 36.672 unit dan Mitsubishi Xpander mencapai 27.362 unit. Artinya, Toyota Avanza yang usianya menginjak 16 tahun dan terus digempur sana sini masih sanggup untuk bertahan dan bersaing.

Toyota sepertinya mulai 'panen' dengan keputusannya melakukan penyegaran minor atau facelift pada Avanza di awal tahun, meski awalnya banyak dicibir karena perubahan yang dianggap tak seberapa. Ibarat anjing menggonggong kafilah tetap berlalu, Toyota tak menggubris berbagai suara miring dan memilih fokus memperkenalkan New Avanza kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan.

>>> Mitsubishi Xpander Jadi Low MPV Termahal, Ini Komentar Pabrikan

Foto seremoni unit ke 100,000 MItsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander belum mampu menyalip Avanza secara absolut

Kini Toyota Avanza sedang bersiap menghadapi pendatang baru dari Perancis, Renault Triber yang kabarnya bakal diluncurkan saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di BSD City Tangerang Banten 18 Juli mendatang. Jika ini terealisasi, sudah pasti Toyota juga harus berupaya agar mobil yang katanya dijual dengan harga LCGC tak terlalu mengganggu pasar Avanza. So, ditunggu saja bareng-bareng!

>>> Renault Triber Dipastikan Meluncur di Indonesia, Ancaman Buat Avanza?

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik