Nissan Beberkan Strategi Bersaing di India, Luncurkan Banyak Model Hingga Digitalisasi

11/09/2018| Fatchur Sag

Foto Nissan Teranno Sport tampak samping depan

Nissan Terrano Sport, benar-benar tampil sport (foto: Nissan India)

Menghadapi persaingan pasar yang kian sengit di seluruh penjuru dunia, Nissan tak tinggal diam mempersiapkan diri agar tetap kompetitif. Melalui laman resmi Nissan Global, Nissan membeberkan strateginya untuk tetap kuat bersaing di pasar India

Luncurkan produk terbaik dari seluruh dunia

Nissan bakal membawa semua model terbaiknya di berbagai negara di dunia ke India untuk melengkapi line up yang sudah ada saat ini. Tidak hanya model-model mobil konvensional, Nissan juga bakal mengembangkan mobil berteknologi listrik serta berbagai sarana yang dibutuhkan.

Menguatkan merek Nissan dan Datsun

Sebagai dua merek satu naungan, Nissan dan Datsun dirancang agar tidak saling berbenturan. Masing-masing ditujukan buat pasar yang berbeda.

Nissan ditujukan sebagai merek utama dan berkelas premium. Daya tariknya lebih luas dan menyesuaikan kebutuhan pasar dunia, bukan hanya pasar lokal. Produk pertama yang segera meluncur adalah Nissan Kicks yang dipastikan meluncur Januari 2019. Model ini bakal bersaing dengan Hyundai Creta dan Renault Captur.

Sedangkan untuk merek Datsun menyasar konsumen yang memiliki mobilitas tinggi sehari-hari. Produk-produknya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau tanpa mengurangi berbagai teknologi yang dibutuhkan.

>>> Kunci Kontak Bisa On-Off Sendiri, 166 Ribu Mobil Nissan Direcall

Foto Nissan Kicks tampak depan samping

Nissan Kicks di pameran otomotif Los Angeles Auto Show 2017 (foto: kbb.com)

Memperbanyak jaringan diler dan sumber daya manusia

Hingga saat ini, September 2018 sudah ada 270 jaringan diler di seluruh India. Jumlah ini ditarget bertambah hingga dua kali lipat dalam waktu tiga tahun kedepan.

Jaringan diler penjualan dan layanan after sales bakal dihadirkan di seluruh kota di seluruh India dengan layanan touch point. Nissan juga bakal membangun pusat desain di Chennai guna memastikan mobil memenuhi ekspektasi pelanggan India.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Digitalisasi berbagai layanan dan produk

Untuk proyek ini, Nissan India bakal menambah 500 pegawai ahli di bidang digital pada tahun fiskal 2018. Untuk pertama kalinya proyek digitalisasi dilakukan di Global Digital Hub pertama Nissan di Kerala, dengan rencana ekspansi lebih lanjut.

Nissan Digital Hub akan fokus pada inovasi dalam mobilitas untuk meningkatkan produk Nissan di seluruh dunia dan di India, meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan, serta memperluas akses ke produk dan layanan Nissan melalui sistem digital dan dan e-Commerce.

"Nissan sangat berkomitmen untuk pasar India dan telah membangun fondasinya untuk mencapai kesuksesan," kata Peyman Kargar, Wakil Presiden Senior Nissan Motor Co. Ltd dan ketua Nissan di kawasan Afrika, Timur Tengah dan India (AMI).

Bagaimana dengan Indonesia, apakah keempat strategi di atas bakal diadopsi untuk pasar Indonesia?. Belum ada pernyataan resmi dari Nissan Motor Indonesia (NMI) terkait hal tersebut.

>>> Diterjang Topan Jebi, Ratusan Mobil Bertumpuk Seperti Rongsokan

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

  • Tahun Baru Mobil Baru, Beli Daihatsu Ayla Mulai Rp. 102 Juta

    11/01/2021| Abdul

    Tahun Baru Mobil Baru, Beli Daihatsu Ayla Mulai Rp. 102 Juta

    Mobil Daihatsu Ayla varian terendah dijual dengan harga Rp. 100 jutaan lebih sedikit. Tentunya hal ini menjadi salah satu kendaraan yang dapat dibeli bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan dengan harga terjangkau dan kondisi baru.

  • Terkait Larangan Mobil Konvensional Di Jepang, Toyota Minta Tidak Melarangnya

    21/12/2020| Abdul

    Terkait Larangan Mobil Konvensional Di Jepang, Toyota Minta Tidak Melarangnya

    Rencana Jepang untuk larangan kendaraan ICE akan dilakukan tahun 2035. Pihak Toyota mencoba untuk mendorong pihak Pemerintah Jepang supaya tidak melarang mobil konvensional terkait larangan mobil konvensional di Jepang. Selain itu belum ada kejelasan terkait perizinan untuk kendaraan hybrid dan plug-in hybrid apakah diizinkan atau tidak.

  • Bulan November 2020 Penjualan Honda Brio Mengalami Peningkatan

    14/12/2020| Abdul

    Bulan November 2020 Penjualan Honda Brio Mengalami Peningkatan

    Momen akhir tahun menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk membeli mobil. Hal tersebut karena terdapat penawaran menarik yang diberikan oleh pihak pabrikan. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penjualan Honda Brio di bulan November 2020.

International