Kunci Kontak Bisa On-Off Sendiri, 166 Ribu Mobil Nissan Direcall

07/09/2018| Fat

Gambar Nissan Ignition Switch yang terkena masalah

Ada masalah pada saklar on-off, ratusan ribu unit mobil Nissan terpaksa direcall (foto: carcomplaints.com)

Nissan bakal melakukan penarikan untuk perbaikan atau recall terhadap 166 ribu mobil Nissan yang beredar di Amerika dan Kanada dikarenakan adanya potensi kerusakan pada sistem pengapian (ignition switch).

Recall kali ini dikhususkan pada mobil-mobil Nissan yang diproduksi tahun 2017 hingga 2018 seperti Frontier, Sentra, Versa Note, Evalia, Micra dan yang lain. Termasuk di dalamnya model-model yang telah dihentikan seperti Nissan Juke 2017 dan Nissan NV yang dipakai untuk armada taksi.

Seperti dikuti dari cnet.com (6/9/2018) recall hanya berlaku pada mobil yang masih menggunakan sistem pengapian kunci kontak, bukan versi tekan tombol atau Intelligent Key. Penggunaan terus menerus telah membuat daya tahan saklar berkurang. Getaran dan benturan saat mobil sedang melaju membuat saklar berpindah sendiri dari posisi on ke posisi off.

Hal ini mungkin tidak akan disadari oleh pemilik mobil, namun bisa bisa berpotensi kecelakaan manakala mesin tiba-tiba mati saat melaju kencang di jalanan.

>>> BMW Recall 323.000 Kendaraan Diesel Akibat Kesalahan Mesin

Gambar Nissan Frontier tampak dari samping depan

Nissan Frontier, salah satu model yang terkena dampak recall (foto: Nissan USA)

Sebelum-sebelumnya, Alpha Technology Corp yang merupakan perusahaan pemasok komponen ignition switch pernah memberitahu Nissan akan adanya cacat produksi pada saklar yang diproduksi tahun 2017 dimana saklar bisa on-off sendiri.

Kampanye recall kali ini Nissan bakal melakukan pemberitahuan kepada konsumen melalui berbagai cara agar mereka membawa kendaraannya di diler-diler terdekat untuk dilakukan penggantian saklar secara gratis mulai Oktober 2018.

Untuk Indonesia sendiri belum belum ada kabar dari Nissan Motor Indonesia apakah mobil Nissan di Indonesia ada yang terdampak recall komponen pengapian ini. Semoga saja tidak ada masalah!

>>> Harga Nissan Elgrand 2018 Meski Kalah Pamor Kualitas Jangan Dianggap Remeh

Foto NIssan Versa Note tampak dari belakang

Nissan Versa Note S Xtronic CVT dibekali mesin 1.600 cc 4 silinder, dijual di AS mulai $15,600 (foto: Nissan USA)

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International