Mitsubishi Xpander Jadi Low MPV Termahal, Ini Komentar Pabrikan

14/06/2019 Fatchur Sag Pasar Mobil

Dengan harga yang terus merangkak naik Mitsubishi Xpander kini menyandang status sebagai Low MPV termahal di Indonesia. Bagaimana komentar pihak Mitsubishi terkait hal ini?

Mitsubishi Xpander menjadi idola baru di kalangan masyarakat Indonesia sejak diluncurkan pertengahan 2017. Baik mereka yang telah memiliki mobil maupun para pemula, nama Xpander hampir selalu masuk dalam daftar mobil yang dipertimbangkan untuk dimiliki. Soal harga, ini yang sekarang jadi bahan perbincangan.

Foto seremoni pencapaian Unit ke 100.000 Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander telah terjual lebih dari 100.000 unit dalam waktu singkat

Dibandingkan dengan mobil-mobil lain di kelas Low MPV (Multi Purpose Vehicle) harga Mitsubishi Xpander adalah yang paling tinggi dikarenakan seringnya mengalami kenaikan. Tahun ini saja dari bulan Januari hingga Mei 2019 total kenaikan sudah mencapai Rp 9,2 juta. Rinciannya bulan Januari naik Rp 3 juta, Februari naik Rp 2 juta, dan Mei naik Rp 4,2 juta.

>>> Review Mitsubishi Xpander Sport M/T bisa di baca di sini

Kebanyakan konsumen memang tidak begitu memperhatikan soal ini. Namun bagi mereka yang telah merencanakan pembelian dan telah melakukan pengecekan harga sejak beberapa bulan lalu, kemudian baru bisa merealisasikannya bulan ini bakal merasa betapa harga Mitsubishi Xpander naik begitu cepat dan cukup besar.

Saat ini harga Mitsubishi Xpander yang paling murah seperti yang tercantum di situs resmi Mitsubishi Indonesia adalah Rp 210.300.000 yaitu untuk tipe GLX M/T dan yang paling mahal Rp 265.100.000 untuk tipe Ultimate A/T.

Bandingkan dengan model lain yang sama-sama mobil keluarga Low MPV. Toyota New Veloz 1.5 A/T yang merupakan varian tertinggi Toyota Avanza dijual dengan harga Rp 239.450.000. New Honda Mobilio RS CVT dijual dengan banderol Rp 248.000.000. Grand New Xenia 1.5 R Deluxe AT Rp 228,950,000. Suzuki All New Ertiga Sport A/T Rp 251.500.000.

Terlihat sangat jelas kalau harga Mitsubishi Xpander dibanding kompetitornya yang sama-sama merek Jepang adalah yang termahal dengan selisih cukup jauh. Apalagi jika dibandingkan dengan Wuling Confero S yang harganya belum ada yang tembus Rp 200 juta. Tipe tertingginya saja, yaitu Confero S 1.5L AC Lux+ MT dijual dengan harga Rp 191.800.000.

>>> Jamin Kepuasan Konsumen, Mitsubishi Lanjutkan Paket Smart

Foto deretan mobil Mitsubishi Xpander di parkir rapi

Mitsubishi Xpander terus berkembang untuk menjadi nomor satu di Indonesia

Menyandang status sebagai Low MPV termahal tak membuat MMKSI khawatir Mitsubishi Xpander bakal ditinggal konsumen. Head of PR and CSR Department Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Aditya Wardani menuturkan apa yang dilakukan perusahaan terkait dengan penentuan harga jual sudah sangat diperhitungkan. "Dengan adanya kenaikan harga beberapa kali, Mitsubishi tidak takut kehilangan konsumen. Kami memiliki strategi tersendiri," tutur Aditya seperti dikutip dari Detik, (13/6/2019).

Menurut Aditya ada banyak alasan mengapa harga Low MPV andalannya tersebut harus dinaikkan berkali-kali meski usianya belum genap dua tahun. "Penentuan harga itu dipengaruhi oleh berbagai faktor bukan hanya dengan adanya penguatan rupiah saja tetapi banyak faktor lainnya yang mempengaruhi penentuan harga jual produk kami," jelasnya.

Berikut harga Mitsubishi Xpander bulan Juni 2019 beserta harga bulan sebelumnya sebagai pembanding:

Tabel Harga Mitsubishi Xpander hingga Juni 2019

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca