Mitsubishi Motors Targetkan 50% Mobil Listrik di 2030

09/11/2020| Fatchur Sag

Dibanding rekan aliansinya si Nissan, Mitsubishi Motors sedikit tertinggal dalam urusan elektrifikasi. Mitsubishi i-MiEV yang lebih dulu meluncur harus berakhir, sementara Nissan LEAF yang diluncurkan belakangan kini menjadi salah satu mobil listrik terlaris di dunia.

Siapkan +5 model

Hal itu pula telah mendorong Mitsubishi untuk terus mengembangkan elektrifikasinya. Mengutip pemberitaan Nikkei Asia, Senin (2/11/2020), bahwa Mitsubishi Motors berencana menghadirkan 5 model mobil listrik atau bahkan lebih yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Diantaranya, Mitsubishi Eclipse Cross Plug In Hybrid EV yang sudah diperkenalkan akhir 2019 lalu untuk dipasarkan di Jepang. Lalu Mitsubishi Outlander Hybrid yang bakal diluncurkan tahun fiskal April 2022 dan Mitsubishi Xpander Hybrid pada awal tahun fiskal 2023.

>>> Teknologi Suspensi Mitsubishi Xpander Seempuk Sedan, Ini Rahasianya

Foto menunjukkan Mitsubishi Eclipse Cross PHEV

Mitsubishi Eclipse Cross hadir dengan pilihan hybrid

Model lainnya bakal dikembangkan Mitsubishi memanfaatkan kemitraannya dengan Nissan dan Renault. Belum dijelaskan apa nama dan modelnya, yang pasti semua tengah dipersiapkan. Di China Mitsubishi Motors bersama dengan mitranya, Guangzhou Automobile Group berencana mengembangkan mobil listrik baru yang mulai tahun fiskal 2021. Sementara bersama Nissan Mitsubishi siap mengembangkan mobil listrik berdimensi kompak / mini.

Targetkan 50 persen

Elektrifikasi memang tengah menjadi tren di industri otomotif dunia seiring tuntutan pengurangan emisi yang menjadi salah satu sumber polusi. Selain masih mengembangkan mobil konvensional, produsen memulai transisi mobil listrik. Beberapa model sudah diluncurkan dan dijual di pasaran, sementara yang lain masih tahap pengembangan.

Mitsubishi Motors sendiri menargetkan pada 2030 mendatang 50 persen dari total penjualan global adalah model mobil listrik.

Mau tidak mau, Mitsubishi harus memperbanyak model karena saat ini hanya ada 3 model mobil listrik, yaitu Outlander PHEV, Eclipse Cross PHEV, dan Minicab MiEV. sedangkan i-MiEV yang menjadi model EV pertama Mitsubishi sejak 2009 resmi dihentikan produksi dan penjualannya pada akhir fiskal 2020.

Berdasarkan Rencana Lingkungan terbaru yang dirilis Senin, (2/11/2020) Mitsubishi Motors Corp lebih fokus pada pengembangan teknologi mesin hybrid untuk mencapai tujuan efisiensi, juga untuk menekan emisi karbon hingga 40 persen dari setiap model yang diproduksi.

>>> Sematkan Mesin Hybrid Pada Xpander, Mitsubishi Punya Banyak Model Baru

Foto menunjukkan Mitsubishi Outlander PHEV Black Edition tampak dari samping depan

Mitsubishi Outlander, salah satu SUV terlaris di dunia

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International