Keren, Jalan Tol Ngawi Kertosono Punya Nada Dering

30/12/2019| Fatchur Sag

Meningkatnya infrastruktur jalan seperti jalan tol di berbagai daerah memberi manfaat besar bagi mobilitas masyarakat. Kegiatan ekonomi juga makin meningkat karena jarak tempuh pengantaran makin singkat. Di sisi lain, keberadaan jalan bebas hambatan itu turut memperbesar potensi kecelakaan lalu lintas. Selain faktor 'terlalu nyaman', faktor pengemudi yang tidak beretika dan tidak patuh aturan jadi penyebab lebih besar banyak insiden di jalan raya.

Foto menunjukkan Tol Ngawi Kertosono masih lengang

Ruas Tol Ngawi Kertosono, penghubung langsung ke kota Surabaya

Beragam cara dan inovasi dilakukan pemerintah demi meningkatkan keselamatan pengendara. Nah, yang terbaru dan jadi perbincangan yaitu singing road atau jalan bernada di ruas Tol Ngawi Kertosono. Saat pengendara melintas dengan kecepatan 80 km sampai 100 km seketika akan terdengar nada lagu seperti Happy Birthday.

Menurut PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), pemasangan 'nada dering' ini bertujuan mengingatkan pengendara agar benar-benar konsentrasi karena kecepatan kendaraan sudah sampai batas maksimum. Adapun pemilihan nada lagu Happy Birthday lebih karena lagunya yang populer di masyarakat.

"Pada dasarnya terkait singing road ini, dibangun untuk mengurangi adanya kemungkinan kecelakaan lalu lintas dikarenakan pengendara yang tidak fokus, bisa karena mengantuk ataupun hal lainnya," tutur Direktur Utama PT JNK, Dwi Winarsa, seperti dikutip dari DetikFinance, (28/12/2019). "Nada lagu ini sengaja dipilih karena sudah familiar didengar di telinga masyarakat," sambungnya.

>>> Antisipasi Kemacetan, Pemerintah Bakal Memperlebar Jalan Tol Cipali

Bikin pengendara kaget?

Foto menunjukkan petugas sedang mempersiapkan perangkat singing road

Singing Road di Tol Ngawi Kertosono, ada nada lagu saat kendaraan berjalan didekatnya

Meski bertujuan positif, inovasi ini dipertanyakan. Terutama karena nada dering yang terdengar tiba-tiba dianggap membahayakan pengendara karena kaget. Menurut pihak Jasa Marga JNK, hal tersebut sudah diantisipasi dengan menyiapkan rambu-rambu sebelum sampai di lokasi singing road.

"Untuk masalah kaget, sebenarnya sudah diantisipasi dengan rambu pemberitahuan sebelum lokasi singing road ini berada," kata Dwi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Seperti diketahui, jelang akhir tahun 2019 banyak sekali peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Seperti di Tol Cipularang Km 113,200 di jalur B pada 1 Desember 2019. Sebuah Toyota Avanza yang melaju dengan kecepatan tinggi di jalur lambat menabrak bagian belakang truk fuso hingga hancur. 6 orang meninggal dunia dalam kecelakaan ini, dua diantaranya masih anak-anak.

Sebelumnya kecelakaan terjadi di Tol Cikopo Palimanan (Cipali) Km 117 pada 14 November 2019, yaitu tabrakan antara bus Sinar Jaya dari arah Jakarta dengan bus Arimbi yang menuju Jakarta. 8 penumpang meninggal dunia dan banyak penumpang lain luka-luka dan harus dirawat.

Diharapkan dengan inovasi 'nada dering' ini angka kecelakaan bisa ditekan hingga seminimal mungkin.

>>> Belajar Dari Dua Kecelakaan Berturut-turut di Jalan Tol, Jangan Menyalip Melalui Bahu Jalan

Foto bus menabrak truk tangki penyiram tanaman karena sopir mengantuk

Pengemudi mengantuk, banyak nyawa jadi taruhan

>>> Beragam berita informasi dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International