Antisipasi Kemacetan, Pemerintah Bakal Memperlebar Jalan Tol Cipali

26/12/2019 | Fatchur Sag

Dioperasikannya jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated membuat antusias masyarakat meningkat. Berbondong-bondong mereka mencoba rasa berkendara melalui jalan tol terpanjang di Indonesia itu untuk menghilangkan rasa penasaran. Walhasil terjadi kepadatan hingga akhirnya macet. Jalan layang yang diharapkan jadi solusi kemacetan membuat pengendara yang terjebak merasa kecewa. Tidak hanya sekali, kemacetan terjadi berulang kali sampai harus dilakukan penutupan sementara dan dilakukan contraflow.

Foto menunjukkan suasana kemacetan di salah satu ruas jalan ibu kota

Macet, pemandangan harian di ibu kota

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Ada rencana baru dari pemerintah guna mengurangi penumpukan kendaraan di jalan tol Trans Jawa akibat pertemuan jalan tol layang Jakarta Cikampek dengan jalan tol Jakarta Cikampek bawah di Karawang Barat. Pemerintah bakal memperlebar ruas jalan Tol Cipali (Cikopo Palimanan) sepanjang 116,5 km dari sebelumnya jalur A (arah Cirebon) dan jalur B (arah Jakarta) masing-masing 2 lajur menjadi 4 lajur. Pelebaran bakal dilakukan mulai tahun 2020.

Informasi disampaikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. "Ini akan kita tempuh, karena setelah beroperasinya Tol Layang Jakarta-Cikampek, kemacetan bergeser ke Karawang Barat sebagai titik pertemuan antara lalu lintas layang dan eksisting," tutur Menteri Basuki usai pengumuman pemenang sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara, di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (23/12/2019).

>>> Sudah Diresmikan, Ini Fakta-fakta Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated

Foto ruas Tol Cipali (Cikopo - Palimanan), ruas terpanjang Tol Trans Jawa

Jalan Tol Cipali, ruas terpanjang Tol Trans Jawa

Tol Cipali adalah ruas tol terpanjang di jalan tol Trans Jawa. Panjangnya mencapai sepanjang 116,5 km yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Tol ini mulai dibangun tahun 2011 dan diresmikan tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Secara nasional, ruas jalan Tol Cipali menjadi ruas tol terpanjang ketiga setelah Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Palembang) sepanjang 189 km dan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Lampung) sepanjang 141 km.

>>> Waspadalah, Jalan tol Cipali Bisa Bikin Pengemudi Terlena dan Mengantuk

Sedangkan Tol Jakarta Cikampek II Elevated adalah tol terbaru yang diresmikan 12 Desember 2019. Tol layang dengan panjang mencapai 36,4 km adalah jalan tol non stop, didesain tanpa pintu exit di tengah dan rest area tempat istirahat atau SPBU. Kendaraan golongan I yang diperkenankan melewati tol ini harus benar-benar siap dengan bahan bakar mencukupi dan kondisinya prima untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang terjadi pada 21 Desember 2019 lalu, gara-gara ada mobil mengalami gangguan mesin di Km 22-23, terjadi kemacetan total selama kurang lebih 3 jam.

Foto mobil-mobil mulai melintas di Jalan Tol Jakarta Cikampek II elevated

Jalan tol layang Jakarta Cikampek, usaha mengurangi kemacetan ibu kota

>>> Beragam Berita Informatif Dunia Otomotif Hanya Di Mobilmo

Berita sama topik