Ini Yang Bikin Nissan Livina Sudah Heboh Sebelum Diluncurkan

16/02/2019| Fatchur Sag

Beberapa hari belakangan pemberitaan media-media otomotif nasional ramai oleh pemberitaan Nissan Livina. Bermula dari foto sosok mobil warna oranye yang diunggah salah satu akun Instagram yang kemudian menjadi viral. Foto tersebut memancing penasaran awak media untuk mengulik lebih dalam apa sosok mobil yang sedang melaju di jalanan tersebut.

Foto Nissan Livina tampak dari samping

Sosok mobil oranye yang diduga Nissan Livina

Meski belum ada kepastikan, prediksi sudah mengerucut pada merek Nissan. Dari samping dan belakang sosok mobil tersebut mirip dengan Mitsubishi Xpander, tapi dari arah depan terlihat grille V-Motion khas Nissan. Foto yang beredar juga mirip dengan beberapa gambar rendering Nissan Xpander buatan netizen yang beredar sebelum-sebelumnya.

Tidak seperti model baru SUV Nissan Terra yang 'adem ayem' sebelum diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018 lalu atau Datsun Cross yang diluncurkan awal tahun 2018, kemunculan Nissan Livina ternyata lebih ramai diperbincangkan. Sejak Chief Executive Office Mitsubishi Motors waktu itu, Osamu Masuko menuturkan Xpander bakal digunakan Nissan para awak media mulai mencari tahu lebih dalam terkait hal ini.

"Untuk Xpander disuplai ke Nissan itu awal tahun depan (2019) namun belum bisa dikonfirmasi berapa sales volume dari Nissan untuk small MPV ini.” kata Masuko pada Oktober 2018 lalu.

>>> Menyedihkan, Datsun Harus Terima Tak Pernah Naik Kelas

Foto Datsun Cross tampak dari depan samping

Hanya meriah saat diluncudkan, Datsun Cross gagal sukses

Seperti diketahui Nissan tengah mencari cara untuk lebih meningkat. Sebagai salah satu merek paling terkenal di dunia, penjualan Nissan di Indonesia tidak bisa dibilang bagus. Posisi Nissan bahkan keluar dari daftar 10 merek mobil paling laris di Indonesia. Nissan memang memiliki Grand Livina yang diklaim selapang MPV senyaman sedan, tapi penjualan Grand Livina berada di bawah para kompetitornya yang sama-sama mobil 7 penumpang. Dibanding dengan Mitsubishi Xpander penjualan Nissan Grand Livina jelas tidak ada apa-apanya. Menurut data GAIKINDO sepanjang 2018 Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 75.075 unit. Sementara Nissan Grand Livina hanya terjual sebanyak 2.437 unit. Namun Nissan punya keuntungan atas pencapaian besar Mitsubishi Xpander ini.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Sebagai satu aliansi Nissan memiliki hak untuk membuat model dengan platform dan desain yang sama dengan Mitsubishi Xpander sebagaimana yang dilakukan Toyota dan Daihatsu untuk beberapa modelnya. Ini yang sepertinya bakal segera terwujud lewat Nissan Livina. Meski demikian, Nissan tidak akan meniru mentah-mentah wujud Mitsubishi Xpander. Beberapa bagian tetap menggunakan khasnya Nissan seperti grille V-Motion di bagian depan.

Beberapa fitur juga diyakini berbeda dengan Mitsubishi Xpander sebab Nissan memiliki basis fitur yang terangkum dalam Nissan Intelligent Mobility seperti Intelligent Rear View Mirror, Intelligent Around View Monitor (monitor pintar memantau sekeliling) dengan Moving Object Detection (deteksi objek bergerak), Blind Spot Warning (peringatan titik buta) dan Lane Departure Warning (peringatan pindah jalur). Kabarnya Nissan Livina sudah dilengkapi fitur hiburan dengan layar sentuh untuk semua tipe, AC double blower, dan juga sudah dipasang steering switch.

>>> Nissan Intelligent Mobility Bikin Nissan Beda Dari Merek Lain

Foto Nissan Grand Livina SV tampak dari samping depan

Nissan Grand Livina Special Version juga tak membuat penjualan Nissan di Indonesia melejit

Bisa disimpulkan, gara-gara dibuat menggunakan platform Mitsubishi Xpander dan didesain mirip dengan Xpander, Nissan Livina jadi banyak dibahas di media. Tapi apakah Nissan Livina bisa meniru kesuksesan Mitsubishi Xpander? Layak untuk dinanti.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International