Dukung Kemenhub, Jasa Marga Menghimbau Perantau Tidak Mudik

28/03/2020| Fatchur Sag

Musim mudik makin dekat seiring bulan puasa dan Lebaran 2020 yang kurang dari 2 bulan. Di sisi lain wabah virus Corona tengah menjadi perhatian Pemerintah dan berbagai kalangan mengingat sampai saat ini belum bisa dikendalikan. Kasus positif Corona masyarakat terus bertambah setiap hari dengan beragam status.

Gambaran virus Corona

Wabah virus Corona di Indonesia belum bisa dikenalikan

Kondisi ini menjadi dilema tersendiri. Mereka yang di peratauan inginnya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta di hari bahagia itu. Di sisi lain, mereka harus membatasi kontak dengan orang lain untuk mengurangi kemungkinan penularan virus.

Ada wacana mudik Lebaran tahun ini benar-benar dilarang dan itu masih menunggu keputusan resmi dari Presiden. Meski demikian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mengawalinya dengan meniadakan program mudik gratis seperti yang pernah dilakukan musim-musim sebelumnya. Keputusan Kemenhub mendapat dukungan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Demi melindungi keluarga dari kemungkinan terpapar virus Corona Polisi menyarankan warga yang berada di perantauan tidak mudik ke kempung halaman.

>>> Cegah Penyebaran COVID-19, Kemenhub Batalkan Program Mudik Gratis

Jasa Marga

Gambar himbauan untuk tidak mudik dari Jasa Marga

Lebaran Tahun ini sebaiknya tidak mudik

Senada dengan Kemenhub dan Polri, Jasa Marga sangat menghimbau warga yang saat ini masih di perantauan untuk tidak mudik. Tetap tinggal di sana, beraktivitas di rumah, menghindari kerumuman seperti piknik atau menghadiri kegiatan yang dihadiri banyak massa.

Menurut Jasa Marga, ada yang harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan mudik pada situasi seperti ini. Pertama ada kemungkinan membawa virus Corona, kedua ada kemungkinan terpapar virus Corona di tengah perjalanan.

Karenanya Jasa Marga mengajak warga untuk bersama-sama menahan keinginan, untuk tidak menyebabkan kerawanan di kampung halaman masing-masing serta melindungi keluarga dan orang-orang tercinta.

>>> Waspada Virus Corona, Berikut Tips Saat Ingin Bepergian Jauh

Gambar ilustrasi tidak mudik

Mudik penuh risiko, sebaiknya tidak dilakukan

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International