Semakin Canggih, Lampu Iluminasi Pada Sabuk Pengaman Bikin Pemasangan Mudah Saat Gelap

17/11/2020| Abdul

Salah satu komponen keselamatan di kendaraan yang dapat membantu pengemudi dan penumpang tetap nyaman dan merasa aman di mobil adalah sabuk pengaman. Dengan adanya komponen tersebut maka saat terjadi kecelakaan tubuh pengemudi dan penumpang akan tertahan sehingga tidak terlempar ke depan. Kali ini pembahasan mengenai lampu iluminasi pada sabuk pengaman.

Gambar ini menunjukkan pemakaian sabuk pengaman oleh seseorang

Seat belt jadi fitur keselamatan penting dalam berkendara

>>> Baca juga, Simpel, Ini 3 Alasan Mengapa Pengendara Harus Memakai Sabuk Pengaman

Pemakaian sabuk pengaman atau seat belt yang benar adalah dengan memposisikannya melintang dari bagian pundak menuju ke pinggang kemudian dilakukan penguncian. Jadi dengan memasangnya maka tubuh pengendara akan ditahan dengan maksimal supaya tidak terpental keluar kendaraan ketika menabrak atau mengalami kecelakaan.

Semakin kesini teknologi semakin berkembang, begitupun dalam dunia otomotif terutama seat belt. Pasalnya ketika sabuk pengaman sulit dilihat ketika malam hari dan kondisinya gelap. Untuk hal tersebut ternyata saat ini terdapat solusinya.

Berhubungan dengan hal tersebut akhirnya lampu iluminasi pada sabuk pengaman diberikan. Yang mana untuk perancangnya salah salah satu pabrikan mobil yang berasal dari Ceko yakni Skoda. Belum lama ini teknologi otomotif tersebut dipatenkan dengan memasangkan lampu LED pada bagian pengunci seat belt.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pengunci Seat Belt menyala merah dan putih

Teknologi lampu pada pengunci seat belt memudahkan saat memasangnya dalam gelap

>>> Jangan Sepelekan, Penumpang Di Kursi Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Dalam menciptakan teknologi otomotif tersebut, dari pihak Skoda melakukan riset terlebih dahulu. Seperti para pengguna kendaraan yang merasa kesulitan ketika memasang sabuk pengaman karena sulit dalam menemukan kunci pengaman pada saat kondisi gelap di dalam kabin mobil. Dengan begitu maka perjalanan jadi terhambat meskipun hanya sebentar. Berkat adanya teknologi tersebut maka pemasangan akan semakin mudah.

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari laman Carscoops pada 16/11/2020, yang mana lampu LED ditempatkan pada bagian lubang pengunci seat belt. Lampu tersebut dirancang sedemikian rupa dan mempunyai 3 warna yang tentunya berbeda ketika menyala, yang mana setiap warnanya disesuaikan dengan fungsinya.

Adapun berkaitan dengan warna lampu iluminasi di pengunci sabuk pengaman yaitu warna putih ketika jok mobil tidak terdapat beban di atasnya. Kemudian ketika ada yang mendudukinya maka lampu akan berubah warna menjadi menjadi merah dan berkedip karena belum memakai sabuk pengaman.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan lampu pengunci sabuk pengaman menyala merah

Lampu akan berubah warna sesuai dengan kondisinya

Pada saat pengemudi duduk dan telah menggunakan sabuk pengaman dengan baik dan benar maka warna lampu akan berubah menjadi hijau. Pada saat pengendara atau penumpang meninggalkan kursinya maka lampu iluminasi pada sabuk pengaman akan berubah warna jadi putih kembali.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International