Cegah Penyebaran COVID-19, Kemenhub Batalkan Program Mudik Gratis

24/03/2020 | Fatchur Sag

Mempertimbangkan Status Keadaan Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat virus corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari–29 Mei 2020, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat secara resmi meniadakan program mudik gratis untuk musim lebaran 2020.

Gambar Ilustrasi Mudik Gratis musim lebaran

Tidak ada mudik gratis dari Kemenhub untuk musim lebaran 2020

Tidak tertentu yang diadakan Kemenhub, peniadaan program mudik gratis juga ditiadakan untuk seluruh BUMN hingga swasta serta berlaku untuk moda transportasi darat menggunakan bus dan laut menggunakan kapal.
 
“Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif belakangan ini, saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan. Oleh karena itu saya harap masyarakat pun dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah. Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisasi mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam siaran pers, Senin (23/3/2020).

Kemenhub mengkhawatirkan program mudik gratis justru berdampak pada penyebaran virus Corona yang lebih parah. Banyak orang melakukan perjalanan secara bersamaan menyebabkan banyaknya kontak fisik dalam jarak yang sangat dekat. Selain itu juga dikhawatirkan virus Corona bisa terbawa ke kampung halaman dan makin menyebar.

>>> Tips Memilih Jenis Mobil Buat Mudik

Foto menunjukkan beberapa penumpang tengah bersiap melakukan perjalanan mudik gratis 2017 yang diselenggarakan Kemenhub

Program mudik gratis sudah dilaksanakan Kemenhub sejak lama

“Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan berisiko tinggi jika tetap dilakukan,” kata Budi.

Secara khusus Dirjen Hubdat meminta maaf dan maklum kepada para calon pemudik yang telah mendaftarkan diri mengikuti mudik gratis.

“Oleh karena itu kami sampaikan kepada masyarakat yang sudah mendaftar mudik gratis, kami mohon maaf atas pembatalan ini,” kata Budi.

>>> Waspada Virus Corona, Berikut Tips Saat Ingin Bepergian Jauh

Foto menunjukkan para pemudik menggunakan kapal untuk menyeberang ke pulau lain

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik